Area vagina adalah salah satu bagian tubuh yang selalu mendapat perhatian lebih dari wanita. Jika ada yang salah sedikit pasti bisa bikin Moms jadi waswas, salah satunya adalah apabila tiba-tiba muncul benjolan. Untuk mengurangi rasa panik, baiknya Moms mengenali jenis benjolan dan cara ampuh mengobati benjolan di vagina berikut ini.

Jenis benjolan di vagina

Benjolan pada vagina yang disebut juga sebagai kista, umumnya berisi zat, cairan, dan udara. Terkadang benjolan memiliki bentuk yang sangat kecil hingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Pada umumnya kondisi seperti ini tidak berbahaya ataupun menyakitkan. Namun, mengobati benjolan di vagina harus dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak menimbulkan resiko lain.

Untuk mengetahui perawatan dan cara mengobati benjolan di vagina yang tepat, Moms harus lebih dahulu mengetahui jenisnya. Berikut adalah berbagai jenis benjolan atau kista vagina, yaitu:

1. Kista kelenjar bartholin

Kista yang satu ini berisi cairan, dan biasanya terbentuk pada kelenjar bartholin yang berada di kedua sisi vagina. Kelenjar bartholis bertugas untuk melumasi bibir vagina. Penyebab benjolan adalah terhambatnya bukaan kelenjar, hingga aliran cairan yang seharusnya keluar kembali lagi ke dalam kelenjar.

Karena adanya cairan yang kembali tadi, maka terjadi penumpukan cairan yang mengakibatkan pembengkakan. Biasanya kondisi tersebut tidak menghasilkan rasa nyeri. Namun, jika cairan terinfeksi dan meradang bisa terbentuk kumpulan nanah di dalamnya yang mengakibatkan rasa nyeri.

2. Kista inklusi (Kista Vagina)

Termasuk ke dalam jenis kista vagina yang paling umum, benjolan seringkali berbentuk sangat kecil dan terletak di bagian belakang vagina, tepatnya bawah dinding vagina.

3. Kista mullerian

Kista ini terbentuk dari struktur yang ditinggalkan ketika bayi berkembang. Kista bisa tumbuh di semua bagian dinding vagina dan biasanya mengandung lendir.

4. Kista duktus gartner

Kista ini berkembang di daerah duktus gartner atau dinding vagina. Duktus biasanya aktif saat Moms hamil dan janin sedang berkembang. Seringkali akan menghilang setelah kelahiran, tapi pada beberapa kasus sebagian duktus terisi cairan yang berkembang menjadi kista.

Baca juga: Bagaimana Bentuk Vagina yang Normal dan Sehat?

Cara mengobatinya

Pahami cara-cara untuk mengobati benjolan di vagina

Seringkali benjolan atau kista vagina tidak membutuhkan pengobatan dan akan menghilang sendiri. Namun jika dibutuhkan pengobatan, maka perlu dicatat bahwa obat dan perawatan untuk benjolan di vagina harus disesuaikan dengan jenis dan penyebab kista.

Berikut beberapa jenis obat dan perawatan yang bisa digunakan untuk mengobati benjolan di vagina, yaitu:

1. Antibiotik

Antibiotik biasanya disarankan oleh dokter jika kista di vagina sudah mengalami infeksi. Selain itu, antibiotik juga akan diberikan jika Moms terdeteksi memiliki infeksi menular seksual.

2. Berendam dalam air hangat

Moms bisa menghilangkan benjolan di vagina dengan cara berendam di air hangat. Lakukan sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari selama empat hari berturut-turut. Kista akan mengecil dan cairan yang terdapat di dalamnya akan pecah sendiri.

3. Prosedur pembedahan drainase

Pembedahan akan dilakukan dengan tujuan untuk untuk mengeringkan kista jika sudah terinfeksi dan berukuran sangat besar. Dokter akan membuat sayatan kecil di kista yang memungkinkan cairan di dalamnya untuk keluar.

Lalu tabung karet kecil atau kateter akan ditempatkan pada sayatan tersebut selama enam minggu, untuk menjaga agar sayatan tetap terbuka sampai kista mengering sepenuhnya.

Untuk memaksimalkan usaha penyembuhan, sebaiknya hindari menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat. Pilih juga celana dalam yang terbuat dari bahan katun untuk menjaga vagina agar tetap sejuk dan kering.

Baca juga: Bibir Labia Vagina Membesar, Apakah Normal?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like