Apakah Moms pernah mengalami mata ikan? Bulatan kecil yang sering muncul di bagian atas telapak kaki ini terbentuk dari permukaan kulit yang menebal dan mengeras. Umumnya, mata ikan muncul akibat gesekan dan tekanan yang terjadi secara berulang pada kaki.

Mata ikan sebenarnya bukan kondisi yang berbahaya, namun dapat mengganggu kenyamanan Moms saat berjalan. Oleh sebab itu, mata ikan tetap perlu diobati. Bagaimana mengobati mata ikan dengan mudah? Apa saja penyebab mata ikan? Simak penjelasan berikut.

Penyebab Mata Ikan

Penyebab mata ikan yaitu tekanan dan gesekan di area kulit yang sama berulang kali. Berikut hal yang dapat menyebabkan terjadinya tekanan dan gesekan pada kaki:

  • Menggunakan sepatu yang tidak nyaman, misalnya terlalu sempit, terlalu longgar, maupun penggunaan sepatu berhak tinggi yang terlalu sering.
  • Apakah Moms malas menggunakan kaus kaki? Mengenakan sepatu tanpa kaus kaki bisa menyebabkan terjadinya gesekan antara kaki dengan sepatu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Bahan Alami

Mengobati Mata Ikan

Pada dasarnya, mengobati mata ikan dapat dilakukan tanpa harus dioperasi. Dokter hanya akan merekomendasi operasi jika posisi tulang kurang baik, sehingga menyebabkan terjadinya gesekan yang berujung pada munculnya mata ikan. Berikut cara mengobati mata ikan tanpa operasi:

Batu Apung

Untuk mengobati mata ikan dengan batu apung, Moms perlu merendam kaki terlebih dahulu di dalam air hangat agar kulit kaki menjadi lebih lunak. Selanjutnya, gosok mata ikan di telapak kaki dengan menggunakan batu apung secara perlahan kulit yang menumpuk dapat terkikis. Jika telah selesai, oleskan pelembap pada area kulit yang dikikis agar kulit tetap lembap dan halus. Ini merupakan cara yang paling ampuh untuk mengobati mata ikan

Menipiskan Kulit dengan Pisau

Prosedur yang umumnya dilakukan oleh dokter ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri akibat mata ikan yang sudah menebal. 

Menggunakan Obat Penghilang Mata Ikan

Beberapa obat-obatan yang memiliki kandungan asam salisilat juga berkhasiat untuk melunakkan dan mengangkat kulit mati, sehingga dapat mengobati mata ikan. Obat dengan asam salisilat sudah bisa Moms temukan di apotek atau toko obat yang tersedia dalam bentuk krim maupun salep. Akan tetapi, orang yang mengidap penyakit arteri perifer, diabetes, dan neuropati perifer sebaiknya jangan menggunakan asam salisilat, hal ini karena dapat mengakibatkan kulit bahkan saraf menjadi rusak.

Menggunakan Bantalan Sepatu yang Sesuai dengan Bentuk Kaki

Untuk mencegah area yang terkena mata ikan bergesekkan dengan sepatu, Moms dapat menggunakan bantalan atau pads yang sudah disesuaikan dengan bentuk telapak kaki.

Perlu diingat bahwa, jangan mencoba memotong sendiri mata ikan di telapak kaki Moms, karena hal ini bisa mengakibatkan infeksi yang berpotensi membahayakan jaringan di sekitarnya. Memotong mata ikan hanya boleh dilakukan oleh dokter.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like