Biang keringat merupakan masalah kulit yang umumnya diawali dengan adanya bintik-bintik merah halus yang muncul di sekitar kulit wajah, leher, punggung, dada dan paha. Biang keringat akan terasa sangat gatal jika terkena sinar matahari langsung. Mengusir biang keringat juga umumnya menggunakan lotion khusus. Bagaimana cara mengusir biang keringat menggunakan bahan alami? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Biang Keringat?

Biang keringat atau miliaria merupakan ruam kecil berwarna merah yang menonjol, terasa gatal, serta mengakibatkan sensasi menyengat atau perih di kulit. Kelainan yang juga dikenal dengan nama ruam panas ini tidak hanya terjadi pada bayi, akan tetapi juga pada orang dewasa.

Biang keringat umumnya lebih mudah terjadi pada bayi. Hal ini karena pengaturan suhu pada bayi belum sempurna dan kelenjar keringat bayi belum berkembang sepenuhnya sehingga belum mampu mengeluarkan keringat dengan baik. Biang keringat pada bayi paling sering muncul pada bagian wajah, leher, dan selangkangan.

Penyebab Biang Keringat

Miliaria atau biang keringat terjadi ketika Moms berkeringat lebih banyak dari biasanya, akan tetapi kelenjar keringat tersumbat, sehingga keringat terhambat dan tidak bisa dikeluarkan. Terhambatnya keringat ini kemudian menyebabkan iritasi pada kulit dan ruam akan muncul.

Gejalanya akan menjadi lebih buruk pada bagian-bagian tubuh yang tertutupi pakaian. Risiko terkena penyakit ini akan meningkat, jika:

  • Iklim tropis. Perlu Moms ketahui bahwa, iklim dan cuaca yang panas serta lembab merupakan pemicu utama dari munculnya biang keringat.
  • Sakit dalam waktu yang cukup lama dan Moms hanya berada diatas tempat tidur dalam waktu yang lama. Hal tersebut berpotensi untuk berkeringat lebih banyak, khususnya jika selama itu Moms hanya menghabiskan waktu di dalam selimut tebal.
  • Terlalu banyak mengenakan pakaian pada saat cuaca dingin.
  • Pengidap obesitas (kegemukan), karena tubuh yang lebih besar memproduksi keringat yang lebih banyak.
  • Bayi dan anak-anak memiliki risiko tinggi terpapar penyakit ini, diakibatkan kelenjar keringat pada usia tersebut belum berkembang secara sempurna.
  • Aktivitas fisik tertentu, seperti olahraga yang mengakibatkan tubuh mengeluarkan banyak keringat, dapat memicu terjadinya biang keringat.

Mengusir biang keringat biasanya hanya dalam beberapa hari. Akan tetapi jika gejala bertambah buruk sampai menyebabkan demam, menggigil, dan nyeri, segerakan untuk konsultasikan kepada dokter.

Gejala Biang Keringat

Biang keringat adalah sebuah kondisi yang tidak berbahaya dan tidak menular. Kondisi ini biasanya terjadi pada saat seseorang berada di cuaca sedang panas atau lingkungan yang bersuhu lembap. Biang keringat sering ditandai dengan gejala berupa bintil-bintil kecil yang memiliki warna merah, khususnya di area menumpuknya keringat dan rasa gatal maupun rasa perih dan tajam pada ruam.

Gejala-gejala tersebut bisa muncul di seluruh bagian tubuh dan dapat terjadi pada semua rentang usia, akan tetapi paling sering terjadi pada bayi dan anak. Tak jarang biang keringat juga dapat tampak mirip dengan jerawat pasir.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Outdoor Untuk Mempercantik Rumah

Cara Mengusir Biang Keringat dengan Bahan Alami

Berbagai obat-obatan seperti lotion calamine, anhydrous lanolin, dan steroid topikal dapat menghilangkan biang keringat. Menggunakan pakaian longgar dan berbahan sejuk, mandi, serta tidak menggunakan krim atau salep yang dapat menyumbat saluran keringat, juga dapat menjadi sebuah solusi untuk mengusirnya.

Akan tetapi, terdapat berbagai bahan alami yang dapat mengusir biang keringat. Apa saja?

Cendana

Tumbuhan yang biasa disebut dengan sandalwood ini sejak masa pengobatan tradisional India kuno, dipercaya dapat mengusir biang keringat pada tubuh. Caranya yaitu dengan mencampurkan bubuk cendana dengan air mawar, lalu diaplikasikan pada bagian-bagian tubuh yang mengeluarkan keringat secara berlebihan.

Lidah buaya untuk mengusir biang keringat

Tumbuhan yang umumnya dikenal dengan aloe vera ini, dipercaya dapat memberikan sensasi dingin dan dapat mengusir biang keringat, caranya dengan mencampurkan gel bagian dalam lidah buaya dengan air mawar dan dipercaya untuk mengatasi biang keringat. 

Lemon

Lemon terbukti memiliki khasiat yaitu mampu mengontrol minyak yang dihasilkan dari pengeluaran keringat sehingga mampu mengusir biang keringat, asam yang terkandung pada lemon mampu mengontrol minyak.dan mengurangi keberadaan bakteri.

Moms dapat membilas tubuh dengan air campuran perasan lemon untuk pengaplikasiannya. Beberapa literatur merekomendasikan untuk tidak melakukan teknik ini, apabila Moms masih beraktivitas dengan terpapar cahaya matahari langsung.

Baca Juga: Manjurkah Air Lemon untuk Mengatasi Maag, Atau Justru Berbahaya?

Bagaimana Cara Mencegah Biang Keringat?

Cara terbaik untuk mencegah biang keringat yaitu dengan menghindari faktor risiko yang dapat memicu terjadinya penyumbatan pada kelenjar keringat. Berikut beberapa langkah yang dapat Moms lakukan untuk mencegah penyumbatan tersebut, antara lain:

  • Menjaga kulit tubuh untuk tetap dingin dan sejuk.
  • Menggunakan sabun yang berbahan dasar lembut dan tidak memiliki kandungan parfum.
  • Menghindari mengenakan pakaian ketat dan terlalu tebal ketika cuaca sedang panas.
  • Selalu menyeka keringat yang menumpuk setelah olahraga atau melakukan aktivitas lainnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai biang keringat. Apakah Moms tertarik mencoba bahan alami untuk mengusir biang keringat? Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Bahan Alami Obat Jamur Kuku yang Dapat Ditemukan di Rumah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like