Moms tidak nafsu makan dan sulit untuk meningkatkan nya? masalah ini memang menjengkelkan bagi orang-orang yang kekurangan berat badan, atau terus-menerus kehilangan berat badan yang tidak diinginkan.

Moms pasti tahu betapa pentingnya makan berbagai macam makanan agar kesehatan tetap terjaga, entah itu untuk mendapatkan kembali berat badan ideal atau minimal menjaga agar berat badan tidak semakin turun.

Tidak nafsu makan bisa menjadi efek samping dari obat yang Moms gunakan, karena Moms sedang tertekan atau sedang stres, atau Moms baru saja sembuh dari sakit. Malas makan juga bisa berasal dari makanan yang memang tidak enak. bisa juga karena malas memasak atau mencari makanan untuk dikonsumsi.

Apapun alasannya, apabila Moms kekurangan berat badan, meningkatkan nafsu makan pada akhirnya akan memberikan efek pada kesehatan yang lebih baik.

Cara meningkatkan nafsu makan jika Moms malas makan

Apabila Moms merasa stres ketika tidak nafsu makan, mungkin cara ini dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Berikut penjelasannya.

Jadikan waktu makan sebagai waktu berkumpul bersama

Moms akan merasa kesepian jika makan sendirian, atau makan di meja kerja. Moms dapat mengajak teman kantor untuk makan siang diluar atau menerima ajakan teman untuk makan siang bersama lho.

Moms juga dapat melakukan eksperimen dengan resep-resep baru bersama keluarga dirumah. Sempatkan makan bersama keluarga apabila memungkinkan, atau Moms dapat bergabung dengan grup arisan untuk memberikan kesan waktu makan sebagai momen yang selalu dinantikan.

Makan lebih sering dalam porsi kecil

Moms mungkin akan merasa kesulitan dalam menghabiskan sepiring besar nasi beserta lauk pauk. Akan tetapi, Moms bisa “ngemil” sebanyak 6-7 porsi makanan ringan selama satu hari sebagai gantinya. Makanan dalam porsi yang lebih kecil juga memudahkan untuk dipersiapkan.

Pilih makanan yang memiliki kalori tinggi dan padat nutrisi, contohnya selai kacang alami, buah-buahan kering, kacang-kacangan, smoothie buatan sendiri dari buah segar, yoghurt dan susu, keju, alpukat, dan legume. Moms juga dapat menambahkan saus favorit, dressing, keju parut atau lelehan keju, mentega, atau kuah untuk topping mashed potato, nasi atau pasta, untuk meningkatkan asupan kalori.

Kalori yang Moms makan melalui ngemil dengan cara ini akan bertambah, akan tetapi tidak akan diikuti oleh rasa “begah” dan mengantuk yang seringkali muncul setiap selesai makan besar.

Pastikan stok makanan favorit selalu ada

Moms akan lebih mudah untuk meningkatkan nafsu makan apabila terdapat makanan yang benar-benar Moms sukai, pastikan Moms menyimpan stok cemilan favorit dalam jangkauan.

Isi kulkas dan dapur Moms dengan bahan-bahan makanan favorit sehingga Moms selalu mempunyai makanan yang selalu tersedia. Apabila Moms tidak ingin repot belanja ke swalayan atau pasar, mintalah bantuan kepada anggota keluarga, pengasuh/asisten rumah tangga, atau teman untuk membelanjakan beberapa makanan favorit Moms.

Moms juga dapat menyimpan berbagai macam resep yang mudah untuk memasak jika Moms kehabisan ide.

Baca juga: Sakit Perut Karena Keracunan Makanan Atau Muntaber?

Buat makanan lebih menarik

Moms dapat membuat makanan yang terasa hambar menjadi lebih menarik. Tata piring semenarik mungkin dengan variasi makanan dan berbagai nuansa warna-warni. Moms dapat menambahkan potongan brokoli dan paprika diatas pasta, atau dengan berbagai kreasi lainnya. Ketika makan makanan dari berbagai warna juga bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

Moms juga dapat memotong atau cincang daging dan sayuran mentah menjadi potongan-potongan kecil jika merasa kesulitan untuk mengunyah. Tambahkan cairan (kaldu atau produk susu) dan haluskan makanan, agar lebih mudah untuk ditelan, atau makan makanan lunak seperti sup, yogurt, dan buah berdaging lunak.

Indera penciuman juga dapat mempengaruhi nafsu makan. Memanaskan makanan akan membuatnya lebih harum, dan dapat meningkatkan nafsu makan Moms.

Karena indra penciuman dan rasa sering menurun seiring bertambahnya usia, Moms juga dapat merasakan makanan tidak sebaik dulu. Memperkuat rasa makanan dengan menambahkan rempah atau bumbu untuk memperkaya rasa alami dari makanan juga dapat dilakukan.

Moms bisa menambahkan sambal, Tabasco, atau Sriracha. Penguat rasa lainnya seperti cuka, jus lemon, dan mustard juga mampu menambahkan rasa. Menambahkan variasi dalam menu makan Moms dapat membantu membuat makanan menjadi lebih menarik. 

Minum air di antara waktu makan, bukan selama makan

Minum air tepat sebelum dan selama makan mungkin mengurangi jumlah makanan yang Moms konsumsi karena terganggu oleh bertambahnya volume cairan. Tidak menjadi masalah jika menikmati minuman dengan makanan, akan tetapi minumlah hanya beberapa teguk sehingga Moms tetap fokus pada makanan.

Selanjutnya, minum air atau makan es batu di antara waktu makan. Moms juga dapat membuat sendiri smoothie buah lezat (Tambahkan lebih banyak kalori untuk smoothies dengan sesendok selai kacang atau bubuk protein) agar dapat meningkatkan nafsu makan.

Olahraga

Bagaimana olahraga justru dapat meningkatkan nafsu makan?

Latihan fisik dapat membantu merangsang nafsu makan lho. Aktivitas fisik menghasilkan senyawa kimia dalam otak yang dapat meningkatkan mood dan merangsang nafsu makan. Lakukan latihan kardiovaskular minimal 30 menit setiap hari, termasuk latihan kekuatan yang menargetkan semua kelompok otot utama selama dua kali seminggu.

Moms bahkan dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan selama 10 menit selama dua atau tiga kali sehari.

Baca Juga: Tidak Nafsu Makan? Ini Makanan yang Bisa Jadi Penyelamat

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like