Pandemi virus corona di Indonesia nampak belum akan usai dalam waktu dekat. Hal ini karena jumlah kasus positif Covid-19 masih terus bertambah setiap harinya. Melihat kondisi tersebut, menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh dimasa pandemi merupakan cara cukup bijak agar tidak tertular Covid-19. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan dimasa Pandemi

Mencuci tangan

Menjaga kesehatan dimasa pandemi seperti sekarang ini sangat penting bagi setiap orang untuk mencuci tangan. Membersihkan tangan sesering mungkin menggunakan sabun dan air mengalir minimal selama 20 detik atau pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Apabila Moms melakukan kebiasaan ini dilakukan selama di rumah, tentunya anak dan keluarga akan ikut mencontohkan apa yang orangtuanya lakukan.

Hindari orang yang sakit

Walaupun hanya terlihat seperti sakit ringan seperti batuk/bersin, sebaiknya Moms tetap menghindari orang yang sedang sakit. Moms juga dapat menerapkan etika batuk/bersin yang benar dengan menutup mulut menggunakan bagian dalam lipatan siku. 

Bersihkan setiap permukaan di rumah

Walaupun sedang di rumah saja, barang-barang yang sering tersentuh seperti gagang pintu, remot TV, toilet, bak mandi, permukaan meja dan lainnya harus tetap rutin dibersihkan dan didesinfeksi setiap hari. Hal ini agar 

Mencuci barang-barang yang ada di rumah

Moms dapat mencuci barang yang ada di rumah sebagai cara menjaga kesehatan dimasa pandemi. Apabila memungkinkan, cucilah barang-barang dengan menggunakan pengaturan air yang paling hangat dan keringkan sepenuhnya. Untuk sekarang, sebaiknya Moms menghindari mencuci barang di laundry, hal ini karena kemungkinan barang kita akan dicuci bersama dengan barang orang lain. 

Batasi waktu dengan orang dewasa yang berusia lanjut

Apabila di rumah terdapat anggota keluarga yang memiliki resiko sangat tinggi mengalami kondisi parah akibat Covid-19, seperti kakek dan nenek yang berusia lanjut dan sudah mengidap penyakit tertentu, pertimbangkan tindakan pencegahan ekstra untuk memisahkan anak dari orang-orang tersebut. Sebaiknya Moms juga menunda kunjungan atau perjalanan untuk melihat anggota keluarga dan kakek-nenek yang lebih tua.

Usahakan untuk tetap aktif

Supaya tubuh tetap aktif dan bugar, Moms dapat melakukan gerakan ringan selama di rumah. Moms juga dapat melakukannya secara menyenangkan bersama anak, seperti melakukan kegiatan memasak bersama atau menyiram tanaman di halaman rumah.

Penuhi nutrisi dan minum yang cukup

Menjaga kesehatan dimasa pandemi yang terakhir yaitu dengan memastikan nutrisi dan minum yang cukup. Nutrisi dipenuhi dengan makanan yang sehat dan tentunya dengan gizi seimbang. Minum air dengan cukup juga penting karena mayoritas tubuh kita terdiri dari cairan dan minum cukup air akan bermanfaat bagi tubuh.

Nah, itulah beberapa cara menjaga kesehatan dimasa pandemi yang bisa Moms lakukan selama di rumah saja. Stay safe dan semoga bermanfaat ya, Moms!

Baca Juga : Jenis Latihan Kebugaran Jasmani yang Bisa Dilakukan di Rumah!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like