Kolesterol tinggi terjadi saat kadar kolesterol dalam darah berada di atas kadar normal (> 200 mg/dL). Apabila terus dibiarkan, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, Moms harus mengetahui cara menurunkan kadar kolesterol yang tepat, agar dapat terhindar dari berbagai komplikasi kolesterol tinggi. Lalu, bagaimana cara menurunkan kolesterol menggunakan cara yang tepat? Simak penjelasannya.

Cara Menurunkan Kolesterol

Selain mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan anjuran dokter, ada beberapa cara alami menurunkan kolesterol yang dapat Moms coba, antara lain:

Perbanyak makan sayur dan buah

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Kandungan serat yang terdapat dalam sayur dan buah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL). Moms dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur setiap harinya.

Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega-3

Makanan kaya omega-3 dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Pilihan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 cukup beragam, di antaranya adalah ikan salmon, mackerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

Pilih makanan rendah lemak

Apabila Moms mempunyai masalah kolesterol tinggi, pilihlah makanan dengan kadar lemak yang rendah. Moms bisa mengkonsumsi ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, susu rendah lemak, putih telur, kacang-kacangan, polong-polongan, tempe, dan tahu. Hindari konsumsi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan.

Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung serat larut

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, Moms dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut, misalnya alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami, dan gandum.

Agar lebih praktis, Moms juga dapat mengkonsumsi produk suplemen atau minuman yang memiliki kandungan serat larut beta glucan dan inulin. Beta glucan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total dalam tubuh. Sedangkan inulin bermanfaat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah.

Akan lebih baik lagi apabila produk minuman tersebut mengandung vitamin B1 dan B2, yang mampu membantu pembakaran kolesterol dalam tubuh menjadi energi.

Olahraga secara teratur

Selain mengatur pola makan, Moms juga dianjurkan untuk rutin berolahraga. Tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, olahraga juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Mengkonsumsi biji-bijian utuh

Nutrisi yang tinggi di dalam biji-bijian utuh dapat meningkatkan kemampuan sel di dalam tubuh berkembang dengan baik untuk mencegah efek dari radikal bebas baik dari luar atau dalam tubuh. Biji-bijian utuh sangat penting untuk kesehatan dan menyediakan berbagai nutrisi seperti protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B.

Oleh karena itu biji-bijian efektif digunakan sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami.

Rajin mengkonsumsi salmon

Kandungan minyak Omega-3 pada ikan bermanfaat untuk kesehatan. Lemak omega-3 terbukti mampu menangkal penyakit jantung, demensia, dan penyakit lainnya. Menurut penelitian, mengganti lemak omega 3 yang dijumpai dalam ikan seperti salmon dan sarden dapat meningkatkan kolesterol baik sebanyak empat persen. Rajin-rajinlah mengkonsumsi salmon sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi yang alami.

Baca Juga: Manfaat Donor Darah Selain Bisa Menurunkan Berat Badan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like