Jika Moms masuk jadi bagian dari banyaknya wanita penggemar kopi, saat menstruasi tidak akan menjadi penghalang bagi Moms untuk tetap meminum kopi. Ditambah, banyak orang yang bilang minum kopi saat menstruasi berguna untuk meredakan gejala PMS yang menyiksa. Tapi sebenarnya, apakah minum kopi ketika sedang menstruasi diperbolehkan?

Minum Kopi Saat Menstruasi

Apa efek minum kopi ketika haid?

Sebenarnya tidak masalah kalau Moms minum kopi saat menstruasi. Asalkan masih dalam jumlah yang secukupnya.

Namun, kopi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Kurang lebih ada sekitar 95-200 mg kafein pada satu cangkir kopi hitam. Meskipun kopi dapat memberikan energi untuk beraktivitas sehari-hari, kafein di dalamnya bisa mempengaruhi kondisi tubuh saat Moms menstruasi. Terutama jika Moms merupakan salah satu orang yang sensitif terhadap kopi.

Berikut ini beberapa efek yang bisa terjadi ketika Moms minum kopi saat haid:

1. Memperparah nyeri haid

Minum kopi saat menstruasi dapat memperparah nyeri haid, lho. Kafein dapat menyempitkan pembuluh darah dan menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar. Karena kurangnya aliran darah ke rahim perut dapat memotong suplai oksigen sehingga bisa memperparah kram perut. 

Ditambah, asupan darah beroksigen ke otak juga akan berkurang dan akan menimbulkan sakit kepala yang parah. 

2. Perut menjadi kembung

Kopi dengan sifat asam dapat membuat perut kembung hingga resiko naiknya asam lambung. Saat asam lambung naik, akan muncul beberapa gangguan pencernaan seperti mual, perut terasa penuh, sampai ulu hati terasa panas. Hal ini akan menjadi semakin parah apabila Moms minum kopi dengan perut kosong. Kondisi ini akan membuat Moms tidak nyaman ketika minum kopi saat menstruasi. 

3. Mood menjadi kurang baik dan merasa cemas

Minum kopi saat menstruasi bisa mempengaruhi mood dan membuat Moms merasa lebih cemas. Saat minum kopi ketika sedang, Moms cenderung mempunyai mood yang buruk dan mudah merasa cemas.

4. Menjadi insomnia

Ketika Moms sedang merasakan gejala PMS, istirahat yang cukup merupakan salah satu kunci pentingnya. Namun, apabila Moms tetap minum kopi saat menstruasi, efek stimulan dari kopi akan membuat Moms menjadi lebih waspada dan akan sulit untuk tidur nyenyak atau insomnia. Insomnia ini akan memperparah keluhan nyeri hadi Moms.

Baca juga: Makan Nanas Saat Haid Bisa Bikin Aliran Darah Keluar Semakin Deras?

Apa alternatif baik selain minum kopi ketika menstruasi?

Moms tetap bisa minum kopi saat menstruasi selama tidak dikonsumsi secara berlebihan. Perlu diingat juga bahwa Moms harus tetap mendapatkan istirahat yang cukup supaya kondisi tubuh tidak menurun.

Sebenarnya, Moms sebaiknya mengurangi konsumsi minum berkafein saat sedang haid dan perbanyak minum air putih guna menggantikan cairan tubuh yang hilang selama datang bulan..

Mengonsumsi buah-buahan segar seperti pepaya, alpukat, dan pisang juga dapat membantu menangani gejala PMS. 

Minuman hangat dari campuran rempah seperti teh jahe, teh hijau, atau teh kayu manis juga bisa menjadi cara. Disarankan untuk memilih teh dengan kandungan kafein yang sedikit agar tidak menimbulkan efek samping seperti kopi.

Baca juga: Mungkin Ini 5 Penyebab Jadwal Haid Tidak Teratur

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like