Susu merupakan minuman yang wajib diminum oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Karena, susu adalah salah satu sumber nutrisi yang wajib untuk dikonsumsi setiap harinya. Banyak penelitian menyebutkan bahwa waktu tepat untuk minum susu yaitu di pagi hari, karena susu dapat meningkatkan stamina untuk menjalankan aktivitas. Namun, energi juga akan semakin berkurang di malam hari. Dan salah satu cara yang bisa Moms lakukan yaitu dengan minum susu sebelum tidur. 

Jika merasa ragu untuk mengonsumsi susu sebelum tidur, Moms bisa mengonsumsi susu yang rendah lemak dan gula. Sehingga, tubuh Moms bisa tetap memperoleh manfaatnya. Nah, apa saja manfaat yang bisa Moms dapatkan ketika mengonsumsi susu sebelum tidur? Simak penjelasannya berikut ini. 

Manfaat minum susu sebelum tidur

  1. Tubuh menjadi lebih rileks dan tidur menjadi lebih pulas

Susu sapi murni memiliki kandungan asam amino yang dapat membantu produksi hormon serotonin dan juga melatonin. Kedua hormon tersebut disebut sebagai zat penenang karena mampu memberikan rasa nyaman, membuat suasana hati menjadi baik, serta mencegah depresi.  Selain itu, kandungan kalsium di dalam susu mampu meningkatkan kinerja serotonin yang akan membuat tidur Moms menjadi lebih baik.

  1. Dapat menaikkan berat badan

Untuk Moms yang merasa tubuhnya terlalu kurus, Moms ternyata bisa meningkatkan berat badan dengan cara rutin minum susu sebelum tidur, lho. Hal ini dikarenakan susu mengandung laktosa yang akan diproses sama dengan gula yang lainnya, sehingga jumlah kalori harian Moms pun meningkat. 

Efek kenaikan berat badan yang berlebih dapat terjadi, terutama jika Moms mengonsumsi susu lebih dari 1 gelas atau terlalu dekat dengan waktu tidur. Pastikan untuk tidak terlalu banyak minum susu karena dapat membuat Moms mual. 

  1. Mampu mengurangi nyeri haid

Kandungan kalsium yang ada pada susu ampuh untuk mengurangi nyeri haid. Asupan kalsium yang cukup selama Moms haid dapat mengurangi rasa sakit sebanyak 48 persen, lho. Oleh karena itu, jika Moms sering mengalami nyeri haid, cobalah untuk minum susu sebelum tidur. 

  1. Melembabkan kulit

Apabila Moms memiliki tipe kulit kering, minum susu sebelum tidur dapat melembabkan kulit. Hal ini disebabkan karena susu mampu meningkatkan efektivitas kerja asam laktat. Asam laktat berfungsi menghilangkan kulit mati yang ada di permukaan kulit, sehingga kulit pun akan terlihat cerah dan juga lembab. Selain itu, susu juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu membantu tubuh melawan radikal bebas. 

  1. Dapat menguatkan tulang dan gigi

Susu mengandung kalsium yang tinggi sehingga dapat menguatkan tulang dan gigi. Kalsium juga mampu mencegah gigi menjadi ompong, mencegah keropos tulang, serta mencegah osteoporosis. 

Itulah beberapa manfaat minum susu sebelum tidur yang bisa Moms peroleh. Berbagai nutrisi yang ada pada susu sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan Tubuh Moms

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like