Saat Moms ingin menurunkan berat badan, cara seperti mengurangi porsi makan atau jumlah waktu makan biasa dilakukan. Lalu bagaimana jika ingin kurus namun Moms doyan makan? Apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan jika membatasi makanan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan?

Untuk menurunkan berat badan namun tetap mengonsumsi makanan yang Moms suka, Moms hanya perlu konsisten dalam memilih bahan serta sumber makanan sehari-hari.

Tips ingin kurus namun Moms doyan makan

1. Makan menggunakan piring kecil 

Jika Moms doyan makan tapi juga ingin menurunkan berat badan maka makanlah menggunakan piring kecil. Makanan menggunakan piring kecil dapat membuat Moms bisa mengonsumsi makanan yang disuka namun dalam porsi yang sedikit. Karena piring yang penuh sebanyak 70% akan lebih disukai ketika Moms makan.

Oleh karena itu, dengan menggunakan piring kecil otomatis akan membuat piring Moms terlihat penuh. Padahal, apabila makanan tersebut diletakkan di piring yang normal, porsinya akan menjadi sedikit. Selain itu, Moms juga dapat mengurangi asupan kalori yang berlebih. Moms pun dapat makan dengan jumlah yang banyak tanpa membuat berat badan bertambah.

2. Pilih karbohidrat yang memiliki banyak kandungan serat

Apabila Moms doyan makan namun ingin kurus, Moms dapat mengganti karbohidrat dengan makan dengan bahan dasar gandum utuh. Moms bisa mengganti asupan pokok sehari-hari seperti roti tawar atau nasi putih dengan nasi merah dan roti gandum.

Makanan yang berasal dari biji-bijian serta gandum aman apabila dimakan dalam porsi yang banyak. Ditambah, kandungan serat pada gandum dapat membuat Moms kenyang dalam waktu yang lama sehingga bisa menjadi cara jika Moms ingin menurunkan berat badan. 

3. Ganti makanan yang manis dengan bahan alternatif lain yang lebih sehat

Saat Moms ingin menurunkan berat badan, salah satu cara yang wajib dilakukan adalah dengan mengurangi gula. Jika Moms doyan makan, hal ini mungkin akan terasa sulit untuk dilakukan.

Tapi tenang saja, Moms masih bisa mengonsumsi makanan manis. Caranya, gantilah gula dengan bahan pemanis alami lainnya seperti pemanis yang berasal dari daun stevia.

Tanaman stevia adalah pemanis alami bebas gula dan tidak mengandung kalori sehingga cocok dimanfaatkan bagi penderita diabetes atau Moms yang sedang menjalani program diet. Daun stevia ini juga memiliki rasa yang lebih manis dibanding dengan gula sehingga sehat dan aman untuk Moms konsumsi.

4. Minumlah dua gelas air sebelum makan

Dengan minum 2 gelas air sebelum makan, Moms akan merasa lebih kenyang saat sedang makan. Minum air merupakan cara lain agar Moms makan dengan porsi lebih sedikit serta menurunkan berat badan. Jika Moms minum cukup air sebelum makan, Moms dapat menurunkan berat badan.

Baca juga: Berbagai Tanda Tubuh Moms Kurang Air Putih

5. Memperbanyak makanan yang mengandung protein dalam menu makanan sehari-hari

Cara lain jika ingin kurus namun doyan makan, adalah dengan mengurangi berat badan dan membangun massa otot yaitu dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein.

Makanan seperti susu, ayam, whey protein, dan daging merah merupakan nutrisi yang penting untuk mempertahankan otot tubuh ketika Moms sedang menjalani program untuk menurunkan berat badan.   

Selain itu, Moms juga disarankan untuk mengatur pola makan yaitu setiap 3-4 jam. Hal ini dilakukan agar gula darah Moms tetap stabil dan tubuh pun tetap sehat.

6. Menggerakkan tubuh seaktif mungkin

Sebanyak apapun makanan yang dikonsumsi, jika Moms tidak aktif bergerak, berat badan pun sulit untuk turun. Oleh karena itu, sebaiknya Moms aktif bergerak agar berat badan turun.

Cara ini bisa dilakukan jika Moms ingin kurus namun doyan makan, misalnya seperti naik tangga dibandingkan naik lift. Dengan begitu, kalori dalam tubuh Moms akan menjadi stabil. 

7.  Tidur yang cukup

Apabila Moms tidur kurang dari 7 jam per harinya, hal ini dapat menyulitkan Moms dalam menurunkan berat badan. Karena saat begadang, Moms akan merasa lapar dan ingin ngemil. 

Keadaan lelah juga akan membuat Moms banyak makan. Maka dari itu, untuk Moms yang doyan makan, cobalah atur dan istirahat yang cukup sehingga proses diet akan berjalan dengan lancar.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like