Apabila Moms mengalami insomnia, Moms akan terbangun dengan mood yang buruk dan merasa lelah sehingga akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, apa yang bisa dilakukan jika Moms menderita insomnia? Berikut ini tips-tipsnya. 

Apa Itu Insomnia?

Insomnia adalah kondisi dimana Moms kesulitan untuk tidur. Gangguan ini akan membuat seseorang tidak memiliki waktu tidur yang diperlukan oleh tubuh. Kondisi ini akan membuat kondisi fisik seseorang yang menderita insomnia menjadi tidak fit untuk beraktivitas sehari-hari.

Apa Penyebabnya?

Insomnia bisa dialami oleh siapa saja, namun lebih sering terjadi pada orang yang lanjut usia serta yang mempunyai gangguan kesehatan. Biasanya, insomnia terjadi disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:

  • Stres
  • Depresi
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Adanya pengaruh obat-obatan tertentu

Ketahui Gejala Insomnia

Moms yang mengalami insomnia akan sulit untuk merasa mengantuk. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh lingkungan, gaya hidup, pola makan, serta usia. Berikut ini gejala-gejala insomnia yang perlu diketahui:

  • Sulit merasa mengantuk dan tidak bisa tidur
  • Sering terbangun di malam hari dan tidak dapat tidur kembali
  • Sulit berkonsentrasi merasa emosional, lelah, serta tidak dapat beraktivitas secara baik keesokan harinya
  • Tidak dapat tidur siang walaupun merasa lelah

Jika Moms Menderita Insomnia, Cobalah Tips-tips ini

1. Lakukan teknik pernapasan 4-7-8

Teknik pernapasan ini yang terinspirasi dari yoga ini bisa dilakukan jika Moms menderita insomnia. Teknik pernapasan ini tidak memakan waktu yang lama, tidak memerlukan peralatan tertentu dan tentu bisa dilakukan di mana saja.

Teknik ini berguna sebagai penenang saraf alami karena mampu mengurangi ketegangan tubuh serta stres sehingga Moms bisa merasa ngantuk bahkan tertidur hanya dalam waktu 60 detik saja. 

Berikut ini cara melakukan teknik pernapasan 4-7-8 saat Moms menderita insomnia.
  • Posisikan ujung lidah pada area gusi di atas gigi tepat pada atap mulut
  • Hembuskan napas dengan kuat lewat mulut sampai terdengar suara mendesing
  • Lalu tutup mulut dan tarik napas perlahan lewat hidung dalam hitungan 4
  • Tahan napas dan hitung sampai 7
  • Hembuskan napas lewat mulut dengan satu kali napas selama delapan detik
  • Tarik napas kembali lalu ulangi cara di atas sebanyak 3 kali

Dengan melakukan teknik ini, bisa memungkinkan tubuh mengambil banyak oksigen agar kondisi menjadi tenang. Teknik pernapasan ini juga bisa membantu Moms meditasi dengan cara mengalihkan perhatian dari hal-hal yang membuat Moms merasa stres hingga akhirnya merasa ngantuk.

2. Membayangkan tempat yang indah

Apabila Moms menderita insomnia, Moms bisa membayangkan tempat favorit atau yang ingin Moms kunjungi. Selain itu, bayangkanlah hal-hal yang menyenangkan. Usahakan untuk tidak membayangkan tempat yang dapat membuat Moms merasa stres atau sakit. Bayangkan terus hal-hal indah hingga Moms merasa nyaman dan tertidur.

3. Menghitung nomor dengan kelipatan banyak

Menghitung sebelum tidur sebenarnya bertujuan agar pikiran Moms lelah. Saat Moms menderita insomnia, lakukanlah cara ini. Mungkin pada awalnya Moms akan terus terjaga karena berpikir keras. Cobalah hitung hingga 200 atau angka yang menurut Moms menantang untuk berpikir.

Hal ini dilakukan agar pikiran Moms bisa ter-distract dari hal-hal yang membosankan serta mengganggu. Apabila Moms tidak kunjung merasa mengantuk hanya dengan satu metode penghitungan, Moms bisa mencoba hal lain.

4. Tulis hal-hal yang Moms ingin lakukan esok hari

Hal lain yang dapat dilakukan apabila Moms menderita insomnia yaitu dengan menulis hal-hal yang akan dilakukan esok hari. Moms jadi lebih gampang untuk tidur karena dengan menulis to-do list untuk hari berikutnya akan membuat Moms siap untuk memulai hari esok. Selain itu, Moms tidak akan khawatir akan melupakan hal-hal yang harus dilakukan besok. 

Tips-tips ini hanya dilakukan guna mengatasi masalah insomnia yang ringan hingga sedang. Apabila Moms menderita insomnia yang serius, maka disarankan untuk segera menemui dokter untuk mengobati hal tersebut.

Baca juga: Moms Sulit Tidur? Ini Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadi insomnia, diantaranya yaitu:

1. Melakukan relaksasi

Hal pertama yang dapat Moms lakukan yaitu melakukan relaksasi sebelum tidur, seperti meditasi atau yoga. Aktivitas tersebut akan memberikan ketenangan sehingga Moms mudah untuk tertidur.

Ada beberapa aktivitas lain yang dapat dicoba, misalnya mandi air hangat, mendengarkan musik, serta membaca buku.

2. Berusaha berpikir positif

Seseorang yang mengalami cemas atau khawatir berlebihan akan lebih mudah untuk mengalami insomnia. Maka dari itu, cobalah untuk berpikir positif agar pikiran menjadi lebih tenang sebelum tidur.

Apabila merasa kesulitan, Moms dapat melakukan konsultasi dengan psikiater atau psikolog agar dapat melakukan konseling atau psikoterapi. Salah satu metode psikoterapi yang sering dilakukan yaitu terapi perilaku kognitif.

3. Mengonsumsi makanan sehat

Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi serta karbohidrat kompleks sebelum tidur. Hal ini disebabkan karena jenis makanan tersebut akan memperberat kinerja sistem pencernaan sehingga tubuh sulit untuk beristirahat.

Apabila ingin ngemil di malam hari, Moms bisa mengonsumsi makanan ringan yang sehat seperti yoghurt.

4. Mengurangi konsumsi minuman kafein dan beralkohol

Selain menghindari makanan dengan lemak jenuh, Moms juga perlu menghindari konsumsi minuman beralkohol dan kafein seperti kopi pada sore hari dan sebelum tidur. Sebagai gantinya, Moms bisa mengganti minuman-minuman tersebut dengan air putih atau susu.

5. Hindari merokok sebelum tidur

Hal lain yang harus dihindari yaitu merokok sebelum tidur. Kandungan nikotin pada rokok akan membuat Moms kesulitan untuk tidur. Maka dari itu, hindari merokok sebelum tidur agar tidak terjaga sepanjang malam.

6. Menciptakan suasana kamar yang nyaman

Salah satu hal yang menyebabkan banyak orang susah untuk tidur yaitu karena mereka melakukan berbagai aktivitas di dalam kamarnya. Padahal sebenarnya, kamar tidur sebaiknya hanya digunakan untuk tidur saja.

Maka dari itu, Moms perlu menerapkan sleep hygiene agar lebih mudah untuk tertidur. Caranya dengan menempatkan komputer, televisi, dan meja belajar di luar kamar tidur dan mengatur suhu ruangan serta pencahayaan di dalam kamar agar menjadi nyaman.

8. Menerapkan gaya hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat juga penting untuk dilakukan guna mencegah insomnia. Moms bisa melakukannya dengan rutin berolahraga, mengatur pola makan serta mengurangi stres. Dengan melakukan hal-hal ini, Moms dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

9. Mengonsumsi obat tidur sesuai dengan resep

Apabila Moms mengonsumsi obat tidur, sebaiknya konsumsi sesekali dan sesuai dengan anjuran dokter. Walaupun akan membuat Moms terlelap, mengonsumsi obat tidur juga akan menyebabkan efek samping, seperti pusing, sulit berkonsentrasi, kecanduan, serta perubahan mood.

Apabila Moms masih mengalami kesulitan tidur di malam hari setelah mengikuti cara-cara di atas, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan tepat.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like