Saat Moms sedang menderita batuk, mungkin akan disarankan untuk tidak sering keluar rumah saat malam hari, memakai jaket, dan juga hindari stres. Hal ini bertujuan agar proses penyembuhan berlangsung dengan cepat. Selain itu, Moms juga harus menghindari beberapa makanan dan minuman yang menjadi larangan saat batuk. 

Makanan dan minuman yang dihindari saat Moms sedang menderita batuk

Moms sebaiknya tidak menganggap remeh penyebab batuk, lho. Tidak hanya membuat tubuh menjadi tidak nyaman, batuk yang tidak kunjung sembuh ternyata juga dapat menyebabkan efek samping berbahaya.

Maka mulai dari sekarang, cobalah untuk menghindari beberapa makanan dan minuman saat Moms menderita batuk agar dapat mempercepat proses penyembuhan. Lalu, apa saja sih makanan dan minuman yang harus Moms hindari?  Simak penjelasannya berikut ini.

1. Makanan yang digoreng

Moms mungkin sering mendengar saran bahwa makanan yang digoreng adalah salah satu yang harus dihindari saat Moms sedang menderita batuk. Ternyata anjuran ini benar, loh. Sebenarnya, bukan makanan yang akan memperparah batuk namun minyak yang digunakan ketika menggoreng makanan tersebut.

Minyak, khususnya minyak jelantah yang sudah dipakai berkali-kali akan menghasilkan senyawa akrolein yang dapat menyebabkan rasa gatal di tenggorokan. Semakin banyak jumlah minyak dan semakin sering minyak digunakan akan membuat kualitas minyak menjadi buruk dan berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu, tekstur kasar yang berasal dari goreng akan membuat dinding tenggorokan menjadi iritasi. 

2. Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi, soda, dan juga teh merupakan salah satu minuman yang harus dihindari saat Moms sedang menderita batuk. Karena, kafein dapat memicu gas asam yang ada di lambung menjadi naik ke tenggorokan. Kondisi tersebut akan menyebabkan tenggorokan menjadi gatal dan batuk pun akan semakin parah. 

Baca juga: Minum Kopi Saat Mensturasi, Boleh atau Tidak?

3. Susu

Ternyata susu menjadi salah satu minuman yang harus dihindari saat Moms sedang menderita batuk, lho. Sebagian besar orang yang menderita batuk cenderung sulit untuk sembuh jika mereka rutin mengonsumsi susu.

Hal ini disebabkan karena kandungan protein di dalam susu dapat merangsang produksi lendir berlebih pada saluran pernapasan (tenggorokan dan paru-paru) dan juga usus. 

Selain itu, tidak ada salahnya jika Moms juga menghindari beberapa produk olahan susu yang dapat menyebabkan produksi lendir berlebih sehingga batuk pun menjadi semakin parah. 

4. Makanan olahan

Saat Moms sedang menderita batuk, jauhilah makanan olahan seperti fast food, makanan kemasan, keripik, dan lain-lain. Karena asupan nutrisi yang cukup dapat membantu Moms mengurangi batuk dengan cara memperkuat sistem imun serta mendukung fungsi tubuh yang lain.

Oleh karena itu, jika Moms ingin cepat sembuh dari batuk, hindarilah makanan olahan dan ganti dengan makanan bergizi guna memaksimalkan fungsi tubuh. 

5. Makanan penyebab alergi

Makanan penyebab alergi ternyata juga dapat memperparah batuk, lho. Dengan mengenal dan menghindari makanan apa yang dapat memicu alergi saat Moms sedang menderita batuk, maka ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi batuk.

Apa saja tips untuk mengobati batuk?

Selain beberapa makanan dan minuman yang dihindari saat batuk agar tidak memperburuk keadaan, Moms juga dapat mempercepat proses penyembuhan dengan minum obat batuk yang memiliki kandungan Chlorpheniramine Maleate dan juga Dextrometorfan Hbr.

Chlorpheniramine Maleate berfungsi sebagai antihistamin yang dapat mengurangi reaksi alergi pemicu batuk, sedangkan Dextrometorfan Hbr bekerja sebagai antitusif yang bekerja untuk melawan batuk. Kedua kandungan ini kemudian akan bekerja sama dalam mengurangi batuk serta menjaga Moms agar tetap dapat beraktivitas sehari-hari. 

Baca juga: Ampuhkah Campuran Jeruk Nipis dan Kecap Untuk Atasi Batuk?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like