Patah tulang biasanya disebabkan oleh hal-hal seperti cedera atau kondisi tulang yang memang rapuh. Jika Moms mengalami patah tulang, mungkin Moms diminta untuk menjalani operasi guna menyembuhkannya. Tetapi, selain menggunakan pengobatan medis, Moms juga bisa melakukan hal yang bisa mempercepat sembuhnya patah tulang yaitu dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan zat gizi yang tepat. Nah, apa saja nutrisi makanan yang dikonsumsi saat patah tulang?

Baca juga: Ketahui Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan Mata

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Pulih dari Patah Tulang?

Seseorang yang mengalami patah tulang akan dinyatakan sembuh jika tulang yang patah sudah kembali tersambung atau setelah garis-garis patah hilang. Nah, hanya dokter yang dapat menyatakan apakah seseorang sudah sembuh dari patah tulang atau belum. Karena, kasus patah tulang untuk setiap orang berbeda.

Pada bulan ke-3, seorang pengidap patah tulang mulai dapat melangkahkan kaki secara perlahan. Bengkak dan rasa sakit pun juga akan berkurang. Hindari aktivitas yang membebani kaki, seperti terlalu lama berjalan atau berdiri.

Pada bulan ke-4 dan ke-5, jangan melakukan aktivitas fisik yang berlebihan. Walaupun telah dinyatakan sembuh oleh dokter, tulang yang patah masih tetap rapuh. Untuk beberapa kasus yang parah, pemulihan membutuhkan waktu lebih dari satu tahun. Jika Moms mengalami patah tulang, pemeriksaan wajib dilakukan secara rutin oleh dokter spesialis tulang guna mengetahui apakah ada komplikasi atau infeksi yang terjadi.

Baca juga: 7 Gejala Asam Lambung Naik Agar Dapat Diatasi dengan Tepat

5 Nutrisi Makanan yang Dikonsumsi untuk Orang Patah Tulang

Sebenarnya semua makanan bergizi bisa mempercepat pulihnya kondisi saat patah tulang. Tetapi, ada beberapa zat yang memang dibutuhkan dalam jumlah lebih sehingga kondisi tulang cepat pulih dan luka menjadi cepat kering. Apa saja nutrisi makanan yang dikonsumsi ketika sedang patah tulang?

1. Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi makanan yang dikonsumsi ketika menderita patah tulang. Protein adalah zat gizi makro yang penting guna membangun serta memperbaiki jaringan tulang sampai normal kembali. Ditambah, protein juga dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak kalsium sehingga tulang menjadi lebih kuat.

Kadar mengonsumsi protein harian bagi orang dewasa yaitu sekitar 56-65 gram seharinya. Moms bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi yaitu seperti daging ayam, daging sapi, telur, susu, serta kacang-kacangan.

Baca juga: Cara Sederhana Mengecek Kolesterol Tanpa Cek Lab!

2. Kalsium

Nutrisi makanan yang dikonsumsi saat patah tulang lainnya yakni kalsium. Ketika Moms mengonsumsi makanan dengan kandungan kalsium, hampir seluruh kalsium akan disimpan di tulang. Hal ini tentunya membuat tulang menjadi kuat, kan? Karena tugas utama dari kalsium memang untuk menjaga kesehatan pada tulang.

Jadi, guna memperkuat tulang yang patah, Moms membutuhkan asupan yang tinggi kalsium. Beberapa makanan dengan kandungan kalsium yang tinggi yaitu brokoli, bayam, salmon, susu, kacang kedelai, serta kacang almond. 

Baca juga: Ketahui 4 Titik Refleksi Kaki Ini serta Cara Memijat yang Benar

3. Vitamin D

Vitamin D tentunya tidak kalah penting sebagai nutrisi makanan yang dikonsumsi ketika patah tulang karena vitamin D berfungsi untuk menjaga kesehatan pada tulang secara keseluruhan. Selain itu, vitamin D juga membantu menyerap kalsium pada tubuh. Oleh karena itu, vitamin D dibutuhkan guna memperbaiki jaringan tulang yang sedang rusak.

Moms sebenarnya juga bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Sekiranya kurang lebih 10 menit Moms terpapar matahari agar terhindar dari kondisi kekurangan vitamin D. Selain dari paparan sinar matahari, Moms bisa mendapatkan vitamin D dari makanan berupa ikan laut, telur, dan juga susu.

Baca juga: Asam Urat Kambuh? Konsumsi Obat Asam Urat Berikut Ini

4. Vitamin K

Walaupun vitamin K lebih banyak berfungsi untuk mencegah pendarah serta mempercepat sembuhnya luka, ternyata vitamin K juga termasuk salah satu nutrisi makanan yang dikonsumsi untuk penyembuhan tulang yang patah. Karena vitamin K dapat meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan.

Sama halnya seperti vitamin D, vitamin K dapat membuat tulang yang patah menjadi pulih kembali hingga tersambung sempurna. MOms bisa mendapatkan vitamin K pada kale, alpukat, telur, kembang kol, dan juga brokoli.

Baca juga: Benjolan di Leher, Apa Penyebabnya?

5. Vitamin C

Moms pasti lebih sering mendengar fungsi vitamin C sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Tapi ternyata, vitamin C juga memiliki peran untuk memperbaiki jaringan tulang rusak serta membuat penyerapan maksimal kalsium dan mineral lainnya di dalam tubuh. Moms bisa menemukan vitamin C pada brokoli, tomat, jeruk, mangga, pepaya, kiwi, dan juga bayam.

Baca juga: Cara Mengobati Lutut Sakit yang Gampang Dilakukan di Rumah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like