Obat Alami Untuk Sinusitis yang Bisa Moms Temukan di Rumah

Obat Alami Untuk Sinusitis

Sinusitis merupakan jaringan bengkak yang melapisi sinus. Kondisi sinus sehat akan dipenuhi dengan udara, tetapi apabila sinus sedang tersumbat dengan cairan maka kuman akan tumbuh dan menimbulkan infeksi. Nah, inilah yang kita kenal sebagai sinusitis.

Infeksi ini dapat menyebabkan penyumbatan serta rasa yang tidak nyaman. Moms dapat memilih beberapa obat alami untuk sinusitis berikut ini guna mengurangi gejala-gejalanya.

Apa saja obat alami sinusitis yang dapat Moms temukan di rumah?

1. Jahe

Moms pasti tahu kalau jahe seringkali diolah menjadi minuman sehat yang mampu memberi efek hangat pada tubuh. Ternyata, jahe juga dapat digunakan sebagai obat alami sinusitis, lho.

Jahe mampu meringankan infeksi sinusitis karena kandungan anti radang alami di dalamnya dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi pada selaput hidung. Selain itu, jahe juga mampu meringankan pusing serta menekan produksi lendir. 

Apabila Moms ingin memanfaatkan jahe sebagai obat mengatasi sinusitis, olahan teh yang terbuat dari jahe adalah salah satu pilihan yang bisa Moms coba. Karena uap yang berasal dari teh jahe ini dapat meredakan rongga pernapasan dari lendir yang menyumbat. 

Baca juga: Mengatasi Nyeri Sendi Karena Rematik dengan 7 Bahan Alami Berikut Ini

2. Cuka sari apel

Selain jahe, obat alami untuk sinusitis yang bisa Moms coba adalah cuka sari apel. Karena, cuka sari apel mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, B1, B2, E, magnesium, serta kalsium yang mampu mengobati gejala alergi sinusitis dan juga membersihkan rongga sinus. 

Selain itu, bahan alami ini memang sudah lama digunakan untuk membersihkan luka dan juga mencegah terjadinya infeksi. Cuka sari apel juga mampu mencegah tumbuhnya bakteri. Tetapi, perlu Moms ingat bahwa penggunaan cuka sari apel bukan sebagai pengganti antibiotik dari dokter, namun hanya digunakan untuk mempercepat proses sembuhnya peradangan. 

Cara menggunakan cuka sari apel untuk obat sinusitis, yaitu dengan mencampurkan 2-3 sdm cuka apel dengan secangkir air panas, kemudian tambahkan lemon atau madu guna menambah cita rasa. Jika Moms sudah rutin mengonsumsi campuran ini, warna lendir akan berubah menjadi lebih jernih dari sebelumnya.

Nah, penipisan lendir inilah yang menjadi tanda bahwa infeksi sinusitis Moms sudah membaik.

3. Bawang putih

Bawang putih adalah bumbu tradisional yang tentu sudah banyak digunakan dalam berbagai olahan makanan. Selain dijadikan sebagai bumbu pada olahan makanan, ternyata bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk sinusitis, lho. 

Bukan hanya dapat digunakan untuk meredakan infeksi sinus, namun juga bisa digunakan sebagai pencegahan. Dengan mengonsumsi bawah putih selama musim dingin ternyata dapat menyembuhkan flu serta menghangatkan tubuh. Karena, senyawa allicin yang ada di dalamnya dapat membunuh bibit-bibit penyakit.

Bahan alami ini terkenal dengan rasa pedas dan aromanya yang tajam, oleh karena itu Moms dapat mengonsumsinya dengan campuran jus lemon dan jus lemon yang sudah dipanaskan selama beberapa menit. Dengan mengonsumsi minuman ini dua kali dalam sehari, Momos dapat meredakan bahkan menghilangkan infeksi sinus. 

4. Minyak oregano

Oregano yang biasanya ditemukan dalam bentuk daun berukuran sangat kecil yang dikeringkan sering dimanfaatkan untuk menambah cita rasa pada makanan. Selain itu, minyak oregano yang berasal dari daun dan bunganya bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk sinusitis. 

Minyak oregano ternyata memiliki banyak kandungan alami yang baik bagi kesehatan Moms, lho. Bahan alami yang satu ini memiliki dua senyawa yaitu timol dan carvacrol yang memiliki sifat antijamur serta antibakteri yang kuat.

Ditambah, minyak oregano juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan pada rongga hidung. Sehingga bisa membebaskan aliran lendir yang ada di saluran pernapasan.

Mosm dapat menggunakan bahan alami ini dengan cara meneteskan beberapa tetes minyak oregano ke dalam semangkuk air yang mendidih. Setelah itu, tutup mata Moms sambil menghirup aromanya. Lakukan cara ini selama beberapa menit kemudian ulangi dua kaali dalam sehari di pagi dan malam hari sampai sinusitis membaik. 

5. Kunyit

Kunyit yang sering Moms temukan diantara macam-macam bumbu dapur ternyata mempunyai anti radang yang menjadikannya sebagai obat alami untuk sinusitis. Ditambah, senyawa utama kurkumin yang ada di dalamnya juga mampu membersihkan saluran pernapasan serta menyembuhkan rongga sinus yang terinfeksi. 

Moms dapat mengonsumsi jahe dengan cara mencampurkan beberapa jahe dan kunyit kemudian seduh dengan teh panas. Campuran ini dapat menenangkan saluran hidung Moms yang sedang tersumbat apabila mengonsumsinya beberapa kali sehari. Selain itu, minum jamu kunyit juga dapat Moms jadikan pilihan untuk mengobati sinusitis. 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x