Ketika alergi kumat, Moms mungkin langsung mencari obat-obat agar gejalanya bisa reda. Gejala alergi memang terasa sangat tidak nyaman. Moms mungkin merasakan hidung gatal dan berair. Di kasus lain, alergi juga dapat mengakibatkan bersin-bersin, biduran, mual, serta ruam kulit. Untuk meredakan gejala-gejala tersebut, Moms bisa coba memanfaatkan berbagai obat alergi alami. Apa saja obat alergi alami yang dapat Moms temukan?

Penyebab Terjadinya Alergi

Alergi diakibatkan oleh reaksi sistem imun terhadap alergen yang berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa contoh alergen antara lain seperti debu, kulit mati hewan peliharaan, kacang, gigitan serangga seperti kecoa, paparan ulat bulu, obat-obatan, tanaman (contohnya tanaman beracun) dan bahan lateks.

Obat Alergi Alami yang Paling Ampuh

Moms bisa mencoba obat alergi alami jika gejala yang muncul tidak terlalu serius. Hal ini berarti, Moms masih bisa tahan dengan keluhannya. Apabila gejalanya sudah parah, misalnya sampai muntah, diare, atau sulit bernapas, sebaiknya segera minum obat alergi yang sebelumnya telah dikonsultasikan oleh dokter. Berikut berbagai pilihan obat alergi alami yang bisa membantu meredakan gejala saat alergi Moms kumat.

Yogurt

Yogurt bisa menjadi antihistamin yang aman dan manjur ketika alergi kumat karena memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Antihistamin berfungsi untuk menghentikan reaksi sistem imun berlebihan terhadap pemicu alergi. Ibu hamil dan menyusui direkomendasikan untuk mengkonsumsi yogurt dengan kandungan probiotik Lactobacillus casei ketika alergi kumat.

Kuaci sebagai obat alergi alami

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin E mampu meredakan peradangan yang diakibatkan oleh alergi. Salah satu makanan yang memiliki kandungan vitamin E dalam kadar tinggi adalah kuaci (biji bunga matahari).

Antioksidan dalam kuaci juga dapat mencegah kerusakan sel akibat produksi histamin yang berlebihan. Namun, hati-hati apabila Moms memiliki alergi biji-bijian atau kacang-kacangan. Protein di dalam kuaci mungkin mirip seperti pemicu alergi Moms. 

Nanas

Jika Moms mempunyai alergi terhadap debu, tungau, serbuk sari bunga, atau pemicu lainnya yang mengakibatkan gangguan pernapasan, nanas bisa jadi solusinya. Hal ini karena nanas adalah satu-satunya sumber senyawa bromelain alami.

Bromelain sendiri memiliki fungsi untuk meringankan gangguan pernapasan akibat alergi misalnya pilek, sulit bernafas, dan hidung tersumbat. Senyawa ini juga ampuh untuk mengobati peradangan seperti pada kasus asma dan eksim (dermatitis atopik).  

Baca Juga: Makan Nanas Saat Haid Bisa Bikin Aliran Darah Keluar Semakin Deras?

Cabai, adas, dan wasabi

Makanan dan rempah-rempah yang pedas seperti cabai, wasabi, dan adas merupakan dekongestan alami yang mampu melegakan hidung yang tersumbat atau berair. Pada dasarnya, sensasi pedas dari rempah-rempah alami tersebut bisa merangsang sel-sel dalam sistem pernapasan Moms untuk mengurai dan membuang lendir berlebih.

Jambu biji merupakan obat alergi alami

Jambu biji mempunyai khasiat sebagai obat alergi alami. Hal ini karena jambu biji yang memiliki kandungan vitamin C. Menurut seorang pakar naturopati dr. Carolyn Dean, vitamin C ampuh untuk mencegah sel-sel tubuh menghasilkan histamin.

Histamin sendiri merupakan zat alami yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh saat Moms terpapar alergen. Histamin inilah yang membuat Moms jadi gatal, biduran, ruam, bersin, atau mual.

Bawang bombay

Obat alergi alami bisa dijumpai di dapur rumah Moms, salah satunya adalah bawang bombay. Menurut pakar alergi dr. William Silvers, kandungan bioflavonoid dalam bawang bombay mampu menstabilkan sel-sel tubuh yang bereaksi secara berlebihan ketika terpapar alergen. Tambahkan bawang bombay dalam masakan Moms untuk meredakan gejala alergi.

Bayam

Bayam adalah sayuran yang memiliki kadar magnesium yang tinggi. Magnesium bisa membantu melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan. Hal ini berfungsi untuk mencegah serangan asma yang dipicu oleh alergi.

Baca Juga: Menu Diet Keto Selama Seminggu Bagi Moms yang Pemula

Salmon

Menurut beberapa penelitian, asam lemak omega-3 mampu meredakan gejala alergi. Sehingga Moms bisa mengkonsumsi ikan yang kaya akan kandungan ini, misalnya salmon. Namun, berhati-hatilah jika Moms punya alergi terhadap makanan laut. Salmon mungkin memperparah gejala yang Moms alami.

Baca Juga: Bahan Alami untuk Membasmi Kutu Air

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like