Pernahkah Moms merasakan batuk berdahak selama berhari-hari dan tidak kunjung sembuh? ada cara mengobati batuk berdahak yang mudah dan alami. Ketika Moms mengalami batuk berdahak, selain rasa gatal di tenggorokan dan tidur terganggu, banyak gejala tak mengenakkan lainnya. Batuk berdahak juga dapat mengganggu aktivitas Moms. Lalu, apa apa saja obat alami yang bisa meredakan batuk berdahak? Berikut penjelasannya.

Mengapa batuk berdahak terjadi?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan diri tubuh manusia saat ada partikel asing terdeteksi. Dengan batuk, tubuh melindungi paru-paru dari infeksi dan peradangan.

Dalam kasus batuk berdahak, artinya sedang ada akumulasi lendir di dada. Hal yang membuat kesal adalah apabila batuk berdahak tetap bertahan selama berhari-hari.

Hal ini bisa terjadi karena banyak hal seperti menghirup debu, asap rokok, alergi, asma, infeksi, dan lainnya.

Baca juga: Alasan Sakit Perut Setelah Minum Kopi

Cara mengobati batuk berdahak

Batuk berdahak memang bukan penyakit yang sangat membahayakan. Apalagi jika baru berlangsung selama beberapa hari. Istirahat cukup dan pengobatan di rumah sebenarnya bisa menjadi sebuah solusi. 

Air hangat

Sejak dulu, konsumsi cairan adalah cara yang tepat untuk mengeluarkan dahak. Air hangat secara instan memberikan sensasi tenang dan lega dari gejala-gejala batuk berdahak. Selain air putih, Moms juga bisa meminum air hangat dalam bentuk teh herbal.

Inhalasi uap air panas

Obat batuk berdahak berikutnya adalah menghirup uap dari air panas untuk memastikan kelembaban udara yang terhirup.

Caranya yaitu isi baskom dengan air panas. Menunduklah di atas baskom sembari menutup atas kepala dengan handuk. Melalui cara ini, Moms dapat menghirup uap dengan leluasa. Bernapaslah secara perlahan.

Madu 

Sejak dahulu hingga saat ini, tidak perlu diragukan lagi bahwa madu merupakan salah satu pengobatan alami berbagai penyakit, termasuk untuk batuk berdahak. Kandungan antibakteri madu membantu mengeluarkan dahak.

Moms cukup mengonsumsi satu sendok makan madu setiap 4 jam sekali hingga gejala batuk berdahak mereda. Akan tetapi perlu diingat bahwa, madu sebaiknya tidak dikonsumsi anak di bawah 1 tahun.

Gunakan humidifier

Cobalah untuk melembabkan kamar tidur Moms menggunakan humidifier. Cara ini bisa membantu Moms tidur lebih nyenyak di malam hari. Agar mendapat hasil maksimal, pastikan jendela dan pintu tertutup.

Essential oil

Banyak essential oil yang mendapat testimoni positif karena ampuh mengatasi masalah pernapasan dan dapat menjadi obat batuk berdahak yang alami. Umumnya, dekongestan alami yang digunakan adalah peppermint dan eucalyptus.

Moms dapat menghirupnya langsung dari botol atau meneteskan di rendaman air panas. Cara ini dipercaya bisa membantu membunuh bakteri penyebab batuk berdahak.

Tingkatkan imunitas

Cara mudah meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi tinggi. Misalnya kaldu ayam, bawang putih, dan teh jahe.

Selain itu, probiotic foods seperti cuka apel, miso, hingga kombucha juga bisa jadi pilihan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Jus Jeruk

Jus jeruk kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi infeksi virus penyebab batuk berdahak dengan cepat. Moms dapat meminum jus jeruk atau memakan buah jeruk dua kali sehari sebagai obat batuk berdahak alami hingga gejala batuk dirasa membaik.

Air Garam

Obat batuk berdahak yang sederhana ini bisa mengobati batuk berdahak dengan efektif. Hal ini karena air garam bisa mengurangi dahak dan lendir yang ada di belakang tenggorokan dan bisa mengurangi keinginan untuk batuk.

Moms dapat mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat, aduk hingga larut. Tunggu hingga air menjadi agak dingin dan kumur selama 30 detik.

Cara ini sebaiknya tidak dilakukan oleh anak-anak karena mereka belum bisa kumur secara benar dan menelan air garam berpotensi berbahaya

Nanas

Obat batuk berdahak alami lainnya adalah nanas yang mengandung bromelain, enzim yang memiliki kemampuan anti peradangan. Bromelain juga memiliki kemampuan mucolytic yang artinya bisa menghancurkan dan menghilangkan dahak dari tubuh.

Ternyata, batuk berdahak dapat diatasi menggunakan obat alami ya Moms. Akan tetapi, sebaiknya tetap konsultasikan kepada dokter apabila batuk tidak kunjung mereda.

Baca Juga: Obat Sakit Kepala Alami yang Efektif Redakan Nyeri

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like