Panu merupakan penyakit kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur Malassezia furfur. Oleh karena itu, obatnya yaitu salep anti jamur yang dikhususkan untuk memerangi jamur. Akan tetapi, selain menggunakan obat-obatan medis, ternyata ada beberapa bahan alami yang dapat di jumpai dirumah untuk bisa bantu mengatasi panu lho. Lalu, apa saja obat alami untuk panu?

Perlu Moms ketahui bahwa panu juga bukan penyakit yang dapat membahayakan nyawa. Akan tetapi, keluhan ini sering membuat penderitanya merasa tidak nyaman, bahkan dapat menurunkan rasa percaya diri.

Apabila terdapat panu di tubuh, Moms tidak perlu cemas atau khawatir dan langsung membeli obat ke apotek. Pasalnya, terdapat beberapa obat panu alami yang bisa Moms jumpai di dapur rumah loh!

Obat Panu Alami

Lengkuas dan Garam

Kedua bahan alami ini merupakan salah satu pilihan campuran bahan yang dapat menjadi obat panu alami. Cara ini termasuk cara kasar menghilangkan panu karena cara ini dianggap cara yang akan menyebabkan rasa sakit pada kulit. Kandungan bahan aktif yang terdapat dalam lengkuas ini akan membuat Moms bebas dari panu.

Bahan aktif dalam lengkuas dicampurkan dengan garam akan membuat jamur yang tumbuh di wajah Moms dan menyebabkan area yang terkena panu akan bersih. Campuran kedua bahan aktif ini akan sangat efektif untuk membunuh jamur di mana kandungan garam bisa membuat jamur kekurangan cairan di tubuhnya.

Selain itu, garam akan membantu mengurangi kelembaban di lingkungan pertumbuhan jamur. Caranya cukup mudah. Moms hanya perlu mencampur lengkuas dengan garam setelah itu aplikasikan ke area yang berpanu.

Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan sifat antijamur. Oleh karena itu, bawang putih dapat Moms gunakan sebagai obat alami panu.

Caranya sederhana, Moms dapat ambil satu siung bawang putih yang telah dibagi menjadi dua. Selanjutnya, gosokan bawang putih ke area kulit yang terkena panu. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas sampai bersih.

Lemon dan Sabun Sulfur

Lemon dan sabun sulfur merupakan salah satu obat panu alami yang terbukti efektif. Kedua bahan ini merupakan campuran bahan-bahan yang cukup ekstrim untuk membuat panu hilang dari wajah.

Moms dapat menggunakan campuran ini secara teratur di bagian yang mengalami panu sampai hilang. Cara ini tidak akan menimbulkan efek samping, akan tetapi membutuhkan kesabaran karena akan memakan waktu yang cukup lama.

Kunyit merupakan obat panu alami

Kunyit merupakan obat panu alami yang telah dipercaya sejak lama. Hal ini karena, kunyit memiliki kandungan sifat antiseptik, antibiotik, dan antijamur yang mendukung penyembuhan panu sekaligus mencegah tumbuhnya jamur.

Moms dapat menggunakan kunyit bubuk siap pakai dan cairkan bersama air sampai jadi pasta halus. Atau pakai kunyit segar yang ditumbuk halus. Oleskan pasta kunyit ke lokasi panu dan diamkan selama 30 menit. Bilas hingga bersih.

Cuka apel

Cuka apel merupakan obat panu alami yang dipercaya ampuh untuk mengobati panu karena kandungan antimikroba yang bantu mengendalikan dan mencegah pertumbuhan jamur. Campurkan cuka apel bersama air hangat dalam takaran yang sama. Oleskan langsung ke kulit menggunakan kapas, lalu bilas dengan air hangat.

Yoghurt, salah satu obat panu alami

Panu diakibatkan oleh infeksi jamur. Oleh karena itu, yoghurt dapat Moms jadikan sebagai salah satu pilihan obat alami untuk meyembuhkannya.

Moms dapat konsumsi yoghurt untuk membantu melawan ragi dari dalam tubuh (internal). Tidak hanya itu, Moms juga bisa mengoleskan yoghurt ke area yang ditumbuhi panu.

Caranya cukup sederhana, Moms dapat mengoleskan yoghurt ke permukaan kulit yang terdapat panu kemudian diamkan selama kurang lebih 15 sampai 30 menit. Selanjutnya Moms dapat bilas sampai bersih.

Walaupun perawatan ini mungkin memerlukan waktu lama, akan tetapi yoghurt dianggap ampuh dalam mengobati jamur. Jadi tidak ada salahnya untuk Moms coba.

Lidah buaya

Lidah buaya mempunyai kandungan protein, sifat antijamur dan antiradang. Kandungan tersebut sangat baik untuk Moms gunakan pada kulit yang terkena panu.

Moms dapat mengambil ekstrak gel lidah segar dari dari pohonnya langsung. Oleskan gel tersebut pada area kulit Moms yang terkena panu. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, gunakan 2 atau 3 kali dalam sehari selama beberapa minggu.

Kapan Moms Harus Ke Dokter?

Apabila Moms telah mencoba obat alami panu akan tetapi kondisi tidak kunjung membaik, Moms mungkin perlu segera ke dokter untuk mendapatkan obat yang lebih baik.

Berikut beberapa perihal kondisi panu yang perlu segera diperiksa oleh dokter, antara lain: 

  • Panu telah menyebar di tubuh 
  • Rasa gatal yang tidak tertahan 
  • Terdapat tanda infeksi yang semakin luas, seperti muncul nanah 
  • Panu yang terus-menerus kambuh 

Bagaimana apakah Moms tertarik untuk mencobanya? Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan bahan-bahan alami diatas sebagai obat panu ya!

Baca Juga: Penyakit Kult Berbahaya Ini Jangan Moms Sepelekan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like