Gejala dari radang tenggorokan umumnya berupa tenggorokan gatal, sakit, dan terasa ada yang mengganjal. Walaupun radang tenggorokan bukan penyakit yang serius, kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada banyak obat radang tenggorokan alami yang bahannya bisa Moms temukan di rumah. Lalu, apa saja bahan alami untuk obat radang tenggorokan? Ini penjelasannya.

Obat Radang Tenggorokan Alami

Madu

Apabila Moms atau anggota keluarga lain sedang mengalami radang tenggorokan, Moms dapat mencoba minum madu secara rutin. Madu terbukti sebagai salah satu obat alami yang ampuh mengatasi radang di tenggorokan.

Sebuah studi menyatakan bahwa radang tenggorokan lebih cepat sembuh apabila minum madu setiap hari. Para ahli juga menyimpulkan bahwa madu mampu menurunkan produksi lendir di tenggorokan dan bersifat antibakteri yang dapat membasmi kuman penyebab radang.

Selain rasa manisnya, obat alami radang tenggorokan ini juga tergolong aman. Agar radang tenggorokan cepat hilang, Moms dapat minum dua sendok madu dan segelas air hangat sebelum tidur.

Air Garam

Obat radang tenggorokan alami selanjutnya adalah air garam. Air garam dapat mengurangi pembengkakan pada dinding tenggorokan. Moms cukup mencampurkan satu sendok teh garam yang dilarutkan dalam air hangat. Kemudian, larutan tersebut dikumur-kumur sambil menengadahkan kepala sedikit. Lakukan cara ini setidaknya sekali sehari, agar radang tenggorokan cepat sembuh.

Ramuan Kayu Manis

Selain aromanya yang bisa membuat tubuh jadi rileks, kayu manis juga bisa berguna sebagai obat alami radang tenggorokan. Kayu manis memiliki kandungan zat antioksidan dan antibakteri yang cukup tinggi.

Hal tersebut dapat meredakan gejala radang dan membunuh bakteri yang ada di dalam tenggorokan. Moms dapat menambahkan beberapa potong kayu manis ke dalam air hangat atau teh hangat.

Air Lemon

Moms dapat menggunakan air lemon sebagai obat alami pereda radang tenggorokan. Perasan air lemon memiliki kandungan kaya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan.

Vitamin C juga dapat meningkatkan sistem imun, sehingga tubuh mampu melawan bakteri dengan mudah. Sebuah penelitian menyatakan bahwa kandungan vitamin C yang tinggi ini dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan infeksi, seperti flu atau batuk.

Moms cukup peras satu buah lemon ukuran sedang. Lalu campurkan air perasannya ke dalam air putih. Moms juga dapat menambahkan sesendok madu jika ingin terasa lebih nikmat. Selain rasanya lebih enak, campuran madu dan lemon dapat mempercepat pemulihan tubuh

Baca juga: Infeksi Saluran Kemih, Apa Saja Gejala dan Penyebabnya?

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak khasiat, salah satunya sebagai obat radang tenggorokan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa, minyak kelapa mampu meredakan radang tenggorokan dan melawan infeksi. Minyak ini juga mampu mengencerkan lendir di saluran tenggorokan, yang membuat nafas menjadi lebih lega.

Moms dapat menambahkan minyak kelapa ke dalam beragam masakan, seperti dalam sup hangat. Moms juga bisa minum minyak kelapanya langsung sebanyak satu atau dua sendok makan.
Walaupun banyak khasiatnya, sebaiknya Moms tidak mengkonsumsi minyak kelapa terlalu banyak. Konsumsi secukupnya sebanyak 2 sendok makan per hari atau setara dengan 30 mililiter.

Teh

Banyak pilihan teh yang dapat Moms coba. Akan tetapi, teh yang cocok sebagai obat alami radang tenggorokan yaitu teh chamomile dan teh hijau.

Menurut penelitian, bunga chamomile memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Hal tersebut membuat teh chamomile dapat membantu mengurangi radang, pembengkakan, dan rasa gatal di tenggorokan.

Mirip dengan teh chamomile, selain antioksidan yang tinggi, teh hijau juga bersifat anti radang. Uap hangat dan aroma khas dari teh hijau akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik.

Campurkan teh dengan sedikit perasan lemon dan sesendok madu. Moms akan merasakan tubuh menjadi lebih rileks, saluran nafas lebih lega, dan nyeri di tenggorokan hilang.

Kunyit

Kunyit yang biasanya Moms gunakan untuk memperkuat rasa dan aroma masakan, ternyata dapat dipakai sebagai obat untuk mengurangi radang tenggorokan. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah bubuk kunyit dan setengah sendok teh dalam air hangat. Selanjutnya larutan tersebut segera gunakan untuk berkumur.

Moms harus mendongakkan kepala saat berkumur agar dapat menyentuh dinding tenggorokan. Berkumur selama 1 menit kemudian keluarkan larutan itu. Ulangi cara tersebut apabila kondisi tubuh tidak semakin membaik.

Air Jahe

Jahe dikenal dengan khasiatnya yang bisa menghangatkan tubuh. Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak jahe ampuh membunuh bakteri-bakteri di saluran pernapasan. Hal ini karena jahe bersifat antibakteri.

Selain itu, jahe mampu kurangi kemerahan dan peradangan di area tenggorokan. Moms yang sedang mengalami radang tenggorokan bisa coba minum teh jahe, wedang jahe, atau minuman lain yang ditambahkan ekstrak jahe.

Tetap terapkan gaya hidup sehat

Menggunakan berbagai obat alami sakit tenggorokan yang sudah disebutkan di atas memang disarankan, akan tetapi hal yang perlu diingat adalah menerapkan gaya hidup sehat. Seperti berhenti merokok, karena merokok dapat mengakibatkan tenggorokan kering, iritasi, dan meradang sehingga sakit tenggorokan akan menjadi lebih susah sembuh.

Istirahat cukup juga memiliki peran yang penting dalam menyembuhkan sakit tenggorokan. Ketika tidur, sistem kekebalan tubuh akan lebih efektif melawan virus atau bakteri penyebab penyakit.

Baca Juga: Manfaatkan Bahan-bahan Alami Ini Sebagai Obat Sakit Gigi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like