Sakit kepala seringkali mengganggu kegiatan Moms sehari-hari, sehingga penting untuk diatasi. Ada beberapa pilihan obat sakit kepala alami untuk meredakan nyeri di kepala Moms. Obat alami ini pun mudah dicari dan bisa segera Moms temukan di rumah. Lalu, apa saja obat sakit kepala alami yang bisa Moms temukan dirumah? Simak penjelasan berikut.

Pilihan obat sakit kepala alami untuk meredakan nyeri

Berikut beberapa obat sakit kepala alami :

Jahe

Jahe memiliki kandungan berbagai  molekul antioksidan dan senyawa anti radang. Sebuah studi menyatakan bahwa, bubuk jahe dapat efektif untuk mengurangi nyeri migrain. Temuan lain juga membuktikan efektivitas bubuk jahe yang sama dengan obat sumatriptan.

Moms dapat memasukkan potongan jahe ke dalam air hangat untuk diminum saat sakit kepala menyerang.

Es batu

Es batu dapat menyempitkan pembuluh darah dan menghambat transmisi nyeri akibat migrain. Ketika sakit kepala ini mulai terasa, Moms dapat segera mengambil es batu dan balut menggunakan handuk kecil. Ice pack tersebut bisa langsung ditempelkan di area kening selama 15 menit.

Selain es batu, Moms juga bisa mandi dengan air dingin. Benda yang dingin dapat membantu meredakan nyeri akibat migrain.

Air putih

Kekurangan cairan tubuh merupakan salah satu penyebab sakit kepala. Sebenarnya, studi juga menyimpulkan bahwa dehidrasi kronis merupakan penyebab umum dari migrain dan sakit kepala tegang. Studi juga menyatakan bahwa, konsumsi air putih dapat meredakan gejala sakit kepala pada orang yang kekurangan cairan tubuh.

Maka, ketika Moms merasa sakit kepala karena tubuh yang dehidrasi, segelas air putih dapat menjadi obat sakit kepala alami yang mudah ditemukan.

Minyak aromaterapi

Minyak atsiri atau minyak esensial dapat menjadi obat sakit kepala alami. Akan tetapi, minyak ini bukan untuk diminum.

Menurut pendapat ahli, minyak lavender dapat meringankan nyeri migrain saat dioleskan di atas bibir agar dapat terhirup oleh hidung. Sama halnya dengan minyak peppermint, yang disimpulkan ampuh untuk meredakan nyeri sakit kepala tegang.

Kopi dan teh

Kafein dalam kopi dan teh dapat membantu memperbaiki mood, membantu diri terjaga, dan menyempitkan pembuluh darah. Manfaat kafein tersebut memiliki efek positif untuk meredakan nyeri sakit kepala.

Manfaat kafein lainnya yaitu membantu efektivitas obat sakit kepala medis, seperti ibuprofen dan asetaminofen. Moms bisa mencoba menyesap secangkir teh atau kopi saat mulai muncul gejala sakit kepala.

Walaupun memiliki manfaat, pastikan Moms tidak berlebihan dalam mengkonsumsi kafein.

Kompres air hangat

Jika Moms merasakan nyeri akibat sakit kepala tegang, kompres air hangat bisa ditempelkan di leher atau bagian belakang kepala. Jika sakit kepala yang dirasakan terjadi karena sinus, Moms dapat menempelkan kompres tersebut pada area yang sakit. Mandi menggunakan air hangat juga dapat membantu meredakan sakit kepala.

Baca juga: Mengobati Sakit Kepala Belakang dengan Cara-cara Berikut Ini

Cara mengatasi sakit kepala dengan alami

Moms bisa memakai cara alami untuk mengobati sakit kepala

Selain obat sakit kepala alami di atas, Moms dapat menerapkan cara-cara di bawah ini ketika sakit kepala mulai terasa. Berikut beberapa caranya:

Tidur cukup

Kurang tidur atau malah tidur berlebihan dapat menjadi penyebab sakit kepala. Oleh karena itu, mendapatkan porsi tidur yang cukup dapat menjadi cara mengatasi sakit kepala dan mencegahnya. Durasi tidur yang cukup bagi orang dewasa yaitu 7-9 jam.

Ikut kelas yoga

Yoga dapat mengurangi stres dan meredakan nyeri. Apabila Moms sering merasa sakit kepala sehingga sering mengonsumsi obat, mengikuti kelas yoga tidak ada salahnya. Studi menyatakan bahwa mempraktikkan yoga selama 3 bulan dapat menurunkan frekuensi sakit kepala dan keparahannya.

Perhatikan intoleransi tubuh terhadap makanan tertentu

Beberapa orang mengalami sakit kepala karena makanan tertentu. Jika sakit kepala Moms muncul setelah makan, bisa jadi ada jenis makanan yang tidak bisa ditoleransi oleh tubuh.

Untuk migrain, beberapa makanan yang biasa memicu sakit kepala ini yaitu keju, alkohol, cokelat, buah-buah sitrus, dan kopi.

Lakukan pijatan pada leher

Sakit kepala dapat disebabkan oleh stres. Untuk mengatasinya, Moms bisa memberikan pijatan pada bagian leher dan pelipis.

Olahraga secara teratur

Selain yoga, Moms juga mengatasi sakit kepala yang kerap muncul dengan berolahraga teratur. Cara paling mudah untuk menggerakan badan adalah dengan menambah alokasi waktu untuk berjalan kaki.

Hindari hal berikut ketika sakit kepala dan migrain

Selain obat sakit kepala alami dan cara mengatasinya, Moms juga harus menghindari hal-hal berikut ini ketika sakit kepala melanda. Beberapa di antaranya adalah:

  • Aroma yang terlalu kuat, seperti parfum dan produk pembersih
  • Makanan dengan kadar histamin yang tinggi, seperti makanan fermentasi, bir, wine, ikan yang diasap, dan daging yang diasinkan
  • Alkohol

Baca Juga: Obat Tetes Mata yang Harus Moms Perhatikan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like