Atasi Batuk Kering dengan Pilihan Obat untuk Batuk Kering Berikut Ini!

Obat untuk Batuk Kering

Batuk kering dapat terjadi karena beberapa kondisi seperti paparan debu, polusi di lingkungan sekitar, kebiasaan merokok, flu, alergi, hingga kondisi medis lainnya. Untuk mengatasinya, Moms tentu saja akan mengonsumsi obat untuk batuk kering ataupun obat alami. Ada beberapa pilihan obat yang bisa Moms dapatkan untuk mengatasi kondisi batuk. Yuk simak penjelasannya selengkapnya di bawah ini!

Pilihan Obat untuk Batuk Kering 

Ada banyak pilihan obat yang bisa Moms dapatkan dengan mudah karena dijual secara bebas di apotik. Diantaranya yaitu: 

1. Dekongestan

Obat untuk batuk kering yang pertama yaitu dekongestan. Obat ini berguna untuk menangani penyumbatan pada hidung serta sinus. Saat batuk atau pilek, permukaan di bagian dalam hidung akan membengkak sehingga jalan udara untuk bernapas pun terhalang. Dekongestan berfungsi untuk mengerutkan pembuluh darah hidung sehingga pembengkakan pada jaringan pun berkurang. 

Perlu diingat, walaupun dijual secara bebas di pasaran, obat ini tidak bisa diberikan untuk anak di bawah usia 12 tahun karena memiliki efek samping yang dapat meningkatkan detak jantung. 

2. Supresan

Supresan merupakan obat untuk batuk kering yang bekerja untuk memblokir refleks batuk sehingga batuk berkurang. Dengan mengonsumsi obat ini, akan membantu Moms yang kesulitan untuk tidur karena batuk di malam hari atau rasa nyeri di tenggorokan. 

3. Tablet Hisap Mentol

Tablet hisap mentol atau lozenges adalah obat untuk batuk kering yang bisa Moms dapatkan di apotik. Jenis obat ini memberikan efek melegakan pada jaringan yang sedang iritasi serta dapat mengurangi refleks batuk. 

Baca juga: Mengobati Sakit Kepala Belakang dengan Cara-cara Berikut Ini

Cara Lain yang Bisa Dilakukan Selain Mengonsumsi Obat 

Selain dengan menggunakan obat untuk batuk kering, tidak ada salahnya jika Moms mengatasi batuk dengan cara alami. Ada beberapa cara alami yang bisa Moms lakukan di rumah agar batuk kering mereda, berikut ini cara-caranya: 

1. Air Putih Hangat

Dengan mengonsumsi air putih hangat, Moms dapat meredakan batuk kering. Moms disarankan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi air dalam sehari sebanyak 8-12 gelas per hari. Selain itu, usahakan untuk menghindari mengonsumsi air dingin. 

2. Madu

Penanganan menggunakan madu dipercaya dapat meringankan kondisi batuk kering. Caranya yaitu dengan mencampur dua sendok madu dengan minuman hangat seperti air putih, air lemon, maupun teh. Perlu diingat bahwa Moms tidak dapat memberikan madu pada bayi yang masih dibawah usia satu tahun karena dapat mengakibatkan terjadinya botulisme. 

4. Air Garam

Cara yang selanjutnya yaitu berkumur dengan air garam. Cara ini dipercaya mampu meredakan rasa gatal penyebab batuk kering. Moms dapat mencampurkan ¼ sdt garam ke dalam satu cangkir air hangat. Tetapi, metode ini tidak disarankan jika anak masih berusia 6 tahun ke bawah karena belum dapat berkumur dengan baik. 

5. Jahe

Yang terakhir, menangani batuk kering dengan menggunakan jahe juga bisa dijadikan pilihan. Karena batuk kering dapat diakibatkan oleh radang tenggorokan serta asam lambung naik, jahe bisa membantu Moms dalam mengurangi asam lambung. Walaupun begitu, belum terdapat bukti klinis yang bisa membuktikan keefektivitasannya sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut. 

Apabila Moms sudah mencoba beberapa obat untuk batuk kering yang telah disebutkan di atas dan kondisi tidak kunjung membaik, disarankan untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter agar dapat didiagnosa lebih lanjut penyebabnya sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat. 

Baca juga: Jangan Abaikan 7 Ciri Penyakit Gula Berikut Ini!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x