Sakit pada bahu bisa disebabkan karena keseleo, cedera saat olahraga, hingga salah bantal. Hal ini pasti akan menghambat aktivitas Moms sehari-hari, bukan? Karena itu, daripada terlalu lama menderita rasa sakit, Moms bisa obati sakit pada bahu dengan beberapa bahan alami dan tentunya bisa dilakukan di rumah.

Tips obati sakit pada bahu 

Kompres dengan es batu

Apabila nyeri muncul karena cedera fisik, maka Moms bisa obati sakit pada bahu dengan cara mengompresnya menggunakan es batu. Cedera menyebabkan aliran darah meningkat ke area cedera, dan akan menimbulkan kebocoran cairan ada jaringan tubuh yang sedang cedera. Kondisi tersebut akan membuat area yang nyeri akan bengkak dan juga terasa panas.

Suhu es batu yang rendah mampu merangsang pembuluh darah menjadi sempit sehingga memperlambat aliran darah ke area yang cedera. Dan akhirnya akan meminimalisir penumpukan cairan yang membuat bengkak pada area cedera menjadi kempes. Selain itu, es batu juga mampu mengurangi nyeri dengan membuat sensitifitas saraf sakit berkurang.

Cara menggunakan

Moms dapat membungkus es batu menggunakan lap atau handuk agar tidak menempel langsung ke kulit. Kemudian, tempelkan es yang sudah dibungkus ke bagian yang sakit. Moms dapat menggunakan cara ini setelah mengalami cedera. Kompres bagian yang nyeri kurang lebih selama 10-15 menit dan apabila perlu Moms bisa mengulanginya setiap 3-4 jam.

Kompres hangat

Mengompres dengan air hangat bisa menjadi salah satu cara obati sakit pada bahu yang telah berlangsung lama.

Rasa hangat bisa memperlebar pembuluh darah, maka dari itu aliran darah serta suplai oksigen akan lebih mudah untuk mencapai bagian yang sakit. Selain itu, cara ini juga bisa membantu merelaksasi otot serta mengurangi rasa nyeri karena suhu yang hangat akan mengurangi kekakuan. 

Namun, mengompres dengan air hangat tidak disarankan untuk cedera yang baru terjadi atau kurang dari 48 jam. Karena suhu hangat ini akan meningkatkan rasa nyeri dan juga memperburuk pembengkakan. Cara ini juga tidak boleh dilakukan untuk luka terbuka dan cedera yang masih bengkak.

Cara ini baru boleh dilakukan seminggu setelah cedera terjadi apabila mengompres dengan es tidak berhasil untuk meredakan rasa nyeri. Apabila area bahu Moms masih bengkak dan terdapat bengkak, disarankan untuk jangan menggunakan kompres hangat terlebih dahulu.

Cara menggunakan

Moms dapat mengompres hangat dengan botol yang diisi air hangat, handuk yang direndam dengan air hangat, ataupun bantal pemanas yang memang dirancang untuk mengompres. Moms harus memperhatikan suhu yang digunakan supaya tidak terlalu panas. Disarankan suhu untuk kompres hangat yaitu sekitar  40-50 derajat C.

Moms harus membiasakan untuk tidak mengompres hingga lebih dari 20 menit, kecuali disarankan oleh dokter. Pastikan juga untuk tidak meletakkan sumber panas langsung ke kulit karena bisa menyebabkan iritasi atau bahkan luka bakar.

Mandi selama 15 menit dengan air shower juga bisa menjadi pilihan lain untuk obati sakit pada bahu. 

Kunyit

Kunyit mempunyai sifat anti radang yang dapat mengempeskan pembengkakan dan juga antioksidan yang berguna untuk mengurangi rasa nyeri. Kandungan curcumin dosis tinggi pada kunyit dapat menjadi pereda nyeri yang hampir sama dengan obat ibuprofen. Karena itu, Moms dapat menggunakan kunyit untuk obati sakit pada bahu. 

Garam Epsom

Tips obati sakit pada bahu yang selanjutnya adalah dengan menggunakan garam epsom. Garam epsom biasanya dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional karena mampu meningkatkan sistem sirkulasi darah, yaitu dengan mengendurkan persendian bahu serta otot yang kaku.

Cara menggunakan

Larutkan 2 cangkir garam epsom ke bak air hangat yang akan digunakan untuk berendam selama 20 menit. Terapkan cara ini dengan rutin selama 3 kali dalam seminggu hingga rasa nyeri pada bahu mereda. Cara lain yang bisa Moms lakukan yaitu dengan melarutkan garam epsom ke air rendaman untuk kompres hangat. Lakukan dengan cara yang sama seperti poin sebelumnya.

Jahe

Sama halnya seperti kunyit, Moms juga bisa memanfaatkan jahe untuk obati sakit pada bahu karena jahe mengandung sifat anti radang dan anti oksidan yang dapat meminimalisir peradangan serta rasa nyeri di bahu. Selain itu, jahe juga mampu meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.

Cara menggunakan

Dengan mengonsumsi 2 gram jahe mentah atau diminum sebagai seduhan 1 kali sehari, maka Moms dapat mengurangi rasa sakit pada otot bahu sebanyak 25% yang disebabkan karena cedera olahraga.

Minyak Lavender

Obat alami terakhir yang bisa Moms gunakan untuk obati sakit pada bahu yaitu minyak lavender. Minyak lavender bisa memberikan efek relaksasi pada otot bahu yang lelah serta dapat mengurangi rasa nyeri juga. Hal ini dikarenakan terdapat komponen anti radang dan juga anti nyeri pada minyak lavender.

Keefektifan minyak lavender yang telah diencerkan setara dengan obat pereda nyeri tramadol apabila dioleskan langsung ke bagian yang sakit.

Cara menggunakan
Campuran air mandi

Moms bisa meneteskan beberapa tetes minyak lavender ke bak mandi yang telat diisi air hangat. Setelah itu rendam seluruh tubuh selama 30 menit. Lakukan cara ini sekali sehari.

Campuran minyak gosok

Untuk menggunakan minyak lavender sebagai campuran minyak gosok, Moms perlu mengencerkan 6-8 minyak lavender dan 2 sdm minyak zaitun. Gunakanlah campuran ini untuk memijat area bahu yang sakit selama sekitar 10 menit. Lakukan pijatan ini sehari 2 kali.

Bahan-bahan alami di atas ini aman untuk obati sakit pada bahu. Tapi, efektivitasnya mungkin akan berbeda-beda di setiap orangnya karena belum benar-benar teruji secara medis. Yang harus dipastikan adalah Moms tidak mempunyai alergi pada bahan-bahan yang disebut di atas. Dan sebaiknya konsultasi terlebih dulu dengan dokter jika Moms mengonsumsi obat rutin bersamaan dengan bahan-bahan tersebut.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like