Padatnya aktivitas sehari-hari di kantor terkadang membuat waktu Moms berolahraga menjadi berkurang. Banyak orang percaya kalau olahraga yang baik adalah saat kita terkena paparan sinar matahari karena tubuh membutuhkan vitamin D. Namun, bagaimana kalau Moms tidak mempunyai waktu untuk olahraga di pagi hari? Sebenarnya lebih sehat yang mana, olahraga pagi atau malam?

Sebenarnya lebih sehat olahraga pagi atau malam?

Olahraga pagi atau malam hari sebenarnya tergantung pada empat hal:

  • Waktu lokasi
  • Lokasi waktu
  • Setting sosial
  • Tipe olahraga

Jika Moms bukan termasuk orang yang bisa bangun pagi setiap sore, Moms bisa berolahraga pada sore atau malam hari. Apabila Moms lebih suka berolahraga sendiri, Moms bisa memilih tempat dan waktu dimana Moms bisa berolahraga sendirian.

Sebenarnya pada dasarnya, Moms akan mendapatkan manfaatnya jika dilakukan dengan konsisten dan rutin. Oleh karena itu, Moms harus memilih waktu dimana bisa melakukannya dengan konsisten dan mudah.

Manfaat olahraga di pagi hari

Olahraga pagi atau malam sebenarnya memberikan manfaat untuk tubuh Moms. Berolahraga di pagi hari bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan juga meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari.

Dengan berolahraga di pagi hari, kalori di dalam tubuh akan lebih banyak terbakar dan tekanan darah menjadi stabil sehingga Moms akan lebih nyenyak tidur di malam hari.

Selain itu, olahraga pagi akan membantu Moms menjadi konsisten dalam membentuk kebiasaan olahraga. Moms disarankan untuk lebih lama melakukan pemanasan karena suhu tubuh di pagi hari biasanya lebih rendah.

Baca juga: Olahraga Saat Menstruasi? Apa saja yang Tidak Diperbolehkan?

Manfaat olahraga di sore atau malam hari

Olahraga malam dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan aktivitas enzim serta fungsi otot. Dengan berolahraga malam, tubuh Moms akan menjadi lebih rileks setelah bekerja seharian.

Olahraga di malam hari lebih efektif untuk pembentukan otot tubuh. Selain itu juga dapat mengatasi masalah tidur seperti insomnia, asalkan dilakukan secara benar dan intensitas yang sesuai dengan kapasitas tubuh Moms, ya. Karena apabila berlebihan, tubuh akan menjadi dehidrasi dan Moms akan sulit untuk tidur.

Perhatikan ini apabila Moms suka olahraga malam

Olahraga sore atau malam hari sebenarnya tidak masalah untuk kesehatan. Namun disarankan untuk tidak berolahraga terlalu malam karena jam serta kualitas tidur akan terganggu. Moms juga sebaiknya jangan langsung tidur setelah selesai berolahraga. Berilah jeda sekitar 1-1,5 jam antara olahraga dan waktu tidur.

Jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga dan melakukan pendinginan serta peregangan setelahnya.

Pada dasarnya, olahraga pagi atau malam sama-sama baik untuk tubuh asalkan tidak melewati batas kemampuan dan kondisi tubuh Moms. Apabila Moms belum terbiasa olahraga, Moms bisa memulainya dengan melakukan aktivitas fisik ringan.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like