Asam urat merupakan penyakit yang diderita banyak orang, terutama orang lanjut usia. Asam urat dapat kambuh secara tiba-tiba dengan gejala sendi bengkak, sensasi panas pada sendi, hingga nyeri sendi. Jika Moms memiliki penyakit asam urat, sebaiknya patuhi beberapa pantangan asam urat berikut ini. 

Pantangan asam urat yang harus dipatuhi

1. Batasi makanan yang kaya akan purin

Purin merupakan zat umum yang bisa ditemukan pada beberapa jenis makanan. Asam urat dapat dihasilkan saat tubuh memecah purin. Oleh karena itu, salah satu pantangan asam urat yang harus Moms patuhi yaitu mengurangi konsumsi beberapa makanan berikut ini.

  • Organ dalam hewan (usus, ampela, hati)
  • Daging merah
  • Kerang dan ikan
  • Kepiting, lobster dan udang
  • Kacang polong, jamur, dan kembang kol

Perlu Moms ingat bahwa hanya mengurangi, lho. Bukan menghindari sama sekali.

2. Lebih banyak mengonsumsi makanan yang rendah purin

Karena pantangan asam urat yang sebelumnya adalah membatasi makanan yang kaya akan purin, maka guna melawan penyakit asam urat, Moms sebaiknya mengonsumsi makanan rendah purin. Dengan mengubah pola makan ini, kadar asam urat Moms akan turun. Beberapa makanan yang rendah purin, diantaranya:

  • Sebagian besar sayur serta buah 
  • Produk susu serta turunannya yang rendah lemak
  • Nasi kentang, roti
  • Kopi

3. Batasi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi

Menghindari makanan dengan kadar gula yang tinggi juga termasuk ke dalam pantangan asam urat, lho. Minuman manis, soda, serta jus buah buatan pabrik memiliki kadar gula yang tinggi. Tubuh akan lebih cepat menyerap fruktosa pada makanan dan minuman manis. Nah, semakin cepat penyerapan gula terjadi, kadar gula di dalam darah serta asam urat pun akan meningkat. 

Gantilah minuman manis dengan air mineral. Karena air mineral mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dibandingkan dengan minuman manis olahan pabrik. 

4. Menghindari obat-obatan yang dapat meningkatkan kadar asam urat

Pantangan asam urat yang selanjutnya yaitu menghindari obat-obatan yang dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh, diantaranya obat jenis diuretik seperti hydrochlorothiazide dan juga furosemid. Selain itu, aspirin dosis rendah juga dapat memicu asam urat. 

Moms perlu berhati-hati dengan obat yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh, terutama untuk orang yang akan atau telah melakukan transplantasi organ. Maka penting untuk berkonsultasi dengan dokter demi menghindari hal yang tidak diinginkan. 

5. Menjaga berat badan ideal 

Ternyata mempunyai berat badan yang ideal dapat menjaga Moms dari resiko terkena asam urat, lho. Karena obesitas dapat memicu resiko terjadinya asam urat, khususnya bagi anak muda. 

Kelebihan berat badan juga akan meningkatkan kolesterol, tekanan darah, hingga dapat menyebabkan penyakit jantung. Maka, menurunkan berat badan dapat memberikan efek positif untuk tubuh Moms. 

Moms dapat berolahraga secara rutin, minum 2-3 liter air dalam sehari, mengonsumsi makanan sehat, serta tidur yang cukup. Meskipun susah, tapi dengan niat kuat Moms pasti akan bisa melakukannya.

Baca juga: Penyebab Asam Urat dan Cara Mudah untuk Mengatasinya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like