Apabila dilakukan dengan benar, gerakan squat jump dapat memberikan manfaat untuk tubuh. Moms tidak perlu menggunakan alat khusus untuk melakukan olahraga yang satu ini, oleh karena itu Moms bisa melakukan squat jump dimanapun dan kapanpun. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Moms ingin melakukan squat jump agar terhindar dari cedera. Simak penjelasan bagaimana cara melakukan squat jump yang benar di bawah ini!

Bagaimana Cara Melakukan Squat Jump yang Benar? 

Perhatikan tahapan-tahapan di bawah ini untuk mengetahui cara  squat jump dengan benar: 

1. Melakukan Pemanasan

Salah satu hal yang perlu Moms lakukan sebelum melakukan squat jump yaitu dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Gerakan-gerakan yang bisa dilakukan saat pemanasan yaitu lompat tali, jalan kaki, atau jogging. Dengan melakukan gerakan-gerakan yang sederhana, darah pun akan mengalir ke otot sehingga lebih siap untuk melakukan squat jump. 

2. Memilih Tempat yang Pas 

Memilih tempat yang pas merupakan salah satu cara squat jump yang benar. Jika Moms ingin melakukan squat jump di rumah atau gym, pastikan bahwa permukaan tempat memijak saat squat jump empuk. Moms bisa mengalasi lantai dengan matras olahraga. Karena, apabila dilakukan di atas permukaan yang terlalu keras, tekanan yang diterima oleh lutut pun akan terlalu besar sehingga resiko cedera dapat meningkat. 

3. Langkah-langkah untuk Melakukan Squat Jump

Setelah Moms melakukan pemanasan, sekarang saatnya melakukan squat jump. Perhatikan cara squat jump yang benar berikut ini: 

  • Berdiri dengan melebarkan kaki hingga selebar bahu dan sedikit menekuk lutut
  • Tekuk lutut hingga posisi jongkok 
  • Lalu, kencangkan bagian bokong, paha depan dan belakang, lalu dorong tubuh ke atas dengan kaki hingga  berada di posisi melompat 
  • Kembali turunkan tubuh dan ulangi gerakan tersebut.

Moms bisa melakukan squat jump sesuai dengan keinginan Moms. Apabila Moms ingin melatih kebugaran tubuh, maka lakukan squat jump dengan jumlah pengulangan yang banyak. 

Baca juga: Jenis Latihan Kebugaran Jasmani yang Bisa Dilakukan di Rumah!

Apa Manfaat Melakukan Squat Jump? 

Setelah mengetahui cara squat jump yang benar, saatnya Moms mengetahui manfaat squat jump. Berikut ini diantaranya:

1. Dapat Membakar Banyak Kalori

Dengan melakukan squat jump, Moms dapat membakar lebih banyak kalori di dalam tubuh khususnya jika dibarengi dengan melakukan latihan aerobik

2. Dapat Menguatkan Otot Inti

Jika melakukan cara squat jump yang benar, Moms bisa menguatkan otot inti dengan melakukan squat jump. Memiliki otot inti yang kuat mampu mempermudah Moms dalam menjaga postur tubuh yang baik, dapat meningkatkan keseimbangan, hingga mengurangi nyeri punggung bagian bawah. 

3. Dapat Mengurangi Resiko Cedera 

Dengan rutin melakukan latihan squat jump, hal ini dapat memperkuat tulang, ligamen serta tendon. Bukan hanya itu, resiko cedera saat olahraga pun akan berkurang. 

4. Dapat Menguatkan Otot Tubuh Bagian Bawah

Bukan hanya dapat memperkuat otot inti, melakukan squat jump dengan benar juga dapat memperkuat otot tubuh bagian bawah, lho. Jika otot tubuh bagian bawah kuat, Moms akan lebih nyaman bergerak. 

5. Dapat Meningkatkan Kekuatan Fisik

Menurut riset, apabila melakukan squat jump secara rutin sebanyak 3 kali seminggu selama 8 minggu, hal ini akan meningkatkan kemampuan fisik Moms khususnya berlari.

Baca juga: Ketahui Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like