Asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Pastinya Moms ingin terhindar dari penyakit ini, namun bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Penyebab Asam Urat

Gaya hidup yang tidak sehat sedikit banyak memicu penyakit degeneratif ini terjadi. Lalu, apa saja penyebab terjadinya asam urat?

Makanan dan minuman

Konsumsi makanan yang memiliki kadar purin tinggi seperti jeroan (ati, ampela, paru, usus), makanan laut (kepiting, kerang, udang, cumi) dan daging merah. Selain jenis makanan tersebut, minuman manis dan alkohol juga dapat menjadi penyebab peningkatan asam urat.

Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan dapat mengakibatkan peningkatan asam urat, contohnya seperti obat diuretik (obat yang berfungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh) serta aspirin. Proses penyembuhan cidera atau operasi, serta kondisi medis tertentu juga bisa jadi penyebab asam urat.

Kelebihan berat badan

Penyebab asam urat yang ketiga adalah kelebihan berat badan. Hal ini bisa membuat tubuh menghasilkan lebih banyak asam urat, sehingga kadarnya dapat melonjak di dalam tubuh. Kondisi ini akan membuat ginjal kesulitan untuk membuang asam urat dari tubuh.

Riwayat keluarga

Apabila ada salah satu atau beberapa anggota keluarga Moms mempunyai masalah asam urat, maka risiko Moms mengalami masalah yang sama pun dapat meningkat.

Makanan Penyebab Asam Urat

Terdapat beberapa makanan yang dapat menyebabkan asam urat, biasanya makanan yang akan memicu kambuhnya penyakit tersebut adalah jenis makanan yang mengandung purin. Beberapa makanan mengandung kadar purin tinggi, dan sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Beberapa mengandung kadar purin sedang, dan sebaiknya dibatasi konsumsinya oleh mereka yang menderita asam urat.

Makanan dengan kandungan purin tinggi:

  • Jeroan (otak, hati, usus, limpa, dll)
  • Ekstrak daging atau kaldu daging
  • Daging bebek
  • Ikan sarden
  • Ikan Makarel
  • Kerang

Makanan penyebab asam urat dengan kandungan purin sedang:

  • Daging sapi
  • Ikan laut (kecuali sarden dan makarel)
  • Daging Ayam
  • Udang
  • Tahu dan Tempe

Cara Mengatasi Asam Urat

Selain makanan yang dapat menyebabkan kondisi asam urat menjadi parah, terdapat juga beberapa makanan yang dapat membantu Moms untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Ceri

Sifat anti inflamasi yang terdapat di dalam ceri untuk mengobati asam urat telah dibuktikan oleh banyak penelitian. Ceri juga memiliki kandungan allopurinol yang bertanggung jawab untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Makan sekitar 15-20 buah ceri setiap hari atau minum segelas jus ceri untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan penyebab asam urat.

Cuka apel

Cuka apel juga menjadi obat efektif untuk mengurangi rasa sakit yang biasa dialami penderita asam urat. Hal ini karena, cuka apel bersifat anti inflamasi. Minum 1 sendok makan cuka apel, madu, dan air hangat setiap pagi untuk mengobati asam urat.

Pisang

Pisang mengandung potasium yang membantu mengubah kristal asam urat jadi cair sehingga bisa keluar dari dalam tubuh dengan mudah. Konsumsi setidaknya dua buah pisang per hari untuk mengobati nyeri.

Jahe

Jahe memiliki kandungan berbagai senyawa anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan yang dialami penderita asam urat. Jahe juga bersifat analgesik. Minum air rebusan jahe alami tiap pagi untuk mengobati asam urat.

Baca Juga: Benjolan di Leher, Apa Penyebabnya?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like