Moms pernah dilanda rasa mual saat bangun di pagi hari? Mual di pagi hari sering dianggap sebagai salah satu tanda kehamilan. Tapi penting untuk diketahui bahwa penyebab perut terasa mual di pagi hari bukan hanya karena hamil, lho. Bisa jadi ada beberapa kondisi kesehatan tertentu yang menimbulkan gejala yang sama. Lalu apa saja penyebabnya?

Penyebab Perut Terasa Mual Selain Karena Hamil

1. Kekurangan jam tidur

Kurang tidur bisa menjadi salah satu penyebab perut terasa mual di pagi. Ini bisa disebabkan karena insomnia, tidur yang kurang nyenyak, atau efek jet lag

Apabila seseorang kekurangan jam tidur, hormon neuroendokrin pada tubuh akan menjadi tidak seimbang sehingga menimbulkan rasa mual ketika bangun tidur di pagi hari.

2. Salah makan

Makanan yang dimakan sebelum pergi tidur juga bisa jadi penyebab perut mual ketika Moms bangun keesokan harinya. Mungkin makanan tersebut sudah terkena bakteri Salmonella dan menyebabkan timbulnya gejala keracunan makanan seperti sakit perut, mual, muntah, hingga terkena diare.

Rasa lapar yang muncul ketika bangun tidur juga bisa menyebabkan Moms mual. Ini disebabkan karena kadar gula darah yang rendah. Itulah alasannya kenapa Moms tidak boleh melewatkan sarapan di pagi hari agar tubuh sehat.

3. Naiknya asam lambung

Apabila Moms merasa mual di pagi hari, ingatlah kapan terakhir kali Moms makan? Jika terakhir kali Moms saat jam 7 malam dan melewatkan sarapan di pagi harinya, maka tidak heran Moms merasa mual.

Telat makan bisa memicu naiknya asam lampu sampai kerongkongan. Apabila Moms tidak segera makan, asam lambung akan terus naik sehingga melukai lapisan tenggorokan. Ini menjadi penyebab perut terasa mual.

4. Mabuk

Mabuk juga salah satu penyebab perut terasa mual di pagi hari. Karena mabuk alkohol dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi dan turunnya gula darah secara drastis. Itulah penyebab kepala sering terasa sakit, merasa mual dan muntah setelah kebanyakan mengonsumsi alkohol.

5. Merasa cemas

Moms merasa cemas karena ingin presentasi di depan klien? Apabila ya, maka merasa cemas bisa jadi penyebab perut terasa mual di pagi hari. 

Meluapnya emosi seperti gugup atau cemas bisa memicu kadar asam dan enzim di dalam perut berubah menjadi kacau. Otot perut Moms yang berkontraksi secara berlebihan akan memicu rasa mual hingga muntah.

Baca juga: 7 Gejala Asam Lambung Naik Agar Dapat Diatasi dengan Tepat

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like