Perubahan Penampilan Tubuh yang Terjadi Akibat Merokok

Perubahan Penampilan Tubuh

Bahaya merokok tentu saja sudah menjadi rahasia umum. Bagi perokok aktif, informasi ini hanya dianggap sebagai angin lalu saja. Mungkin Moms termasuk orang yang kecanduan merokok. Bukan hanya menyebabkan penyakit, ada banyak perubahan penampilan tubuh yang terjadi akibat merokok, lho. Apa saja perubahan yang terjadi? Simak penjelasan berikut ini. 

Dampak merokok pada perubahan penampilan tubuh

Penyakit jantung, paru-paru, kanker, impotensi, hingga kebutaan merupakan beberapa penyakit akibat merokok yang sudah diketahui banyak orang. Tapi, apakah Moms sadar kalau merokok juga dapat membawa dampak yang buruk untuk penampilan?

1. Perubahan warna serta kerontokan rambut 

Perubahan penampilan tubuh yang pertama yaitu rontoknya rambut. Kerontokan rambut bukan hanya disebabkan karena stres atau kesalahan merawat rambut saja, tetapi juga karena merokok. Hal ini disebabkan karena rokok mengandung zat-zat kimia beracun serta radikal bebas yang dapat melemahkan sel-sel serta folikel rambut Moms. 

Selain itu, perokok aktif juga akan lebih cepat mengalami perubahan pada warna rambut jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. 

2. Keriput dan kantung mata

Orang yang merokok akan lebih susah tidur nyenyak dibanding orang yang tidak merokok. Waktu tidur harian Moms pun akan kurang maksimal jika merokok.

Hal ini akan menyebabkan perubahan penampilan tubuh yaitu kantung mata serta lingkaran gelap sekitar mata. Tidak hanya itu, bahan kimia yang ada di dalam rokok juga bisa merusak  kulit dan juga pembuluh darah di sekitar mata. 

Maka, jika Moms seorang perokok dan memiliki kerutan disekitar mata, ini merupakan salah satu dampak yang disebabkan oleh merokok. 

3. Gigi berwarna kuning

Moms akan berpeluang besar terkena masalah gigi serta mulut jika merokok, efek samping paling parah yaitu kanker mulut. Jangan meremehkan perubahan awal pada penampilan gigi dan mulut Moms yakni gigi yang berubah warna menjadi kuning. 

Selain itu, Moms akan memiliki resiko 6 kali lebih besar terkena penyakit gusi apabila merokok. Apabila tidak dicegah, masalah gusi ini dapat mengakibatkan kerusakan gigi hingga copot. 

4. Kulit menjadi kusam

Kulit kusam adalah salah satu perubahan penampilan tubuh karena merokok. Sebelum Moms menyalahkan sinar matahari yang menyebabkan kulit kusam, perlu diketahui bahwa merokok juga bisa menjadi penyebabnya. Secara tidak langsung rokok akan menyerap nutrisi yang penting di dalam tubuh seperti vitamin C yang berfungsi untuk melindungi serta memperbaiki kulit Moms yang rusak. 

Kandungan nikotin yang ada di dalam rokok dapat menghalangi aliran darah dan karbon monoksida yang ada pada asap rokok akan tercampur dengan mudahnya dengan oksigen yang ada di dalam kulit. Tidak perlu waktu yang lama, semua dampak ini akan membuat kulit Moms kering serta kusam. 

5. Terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya

Serajin apapun Moms merawat kulit, kerutan di wajah akan tetap muncul jika Moms masih memiliki kebiasaan merokok. Ya, perubahan penampilan tubuh akibat merokok yang satu ini adalah penuaan. Rokok dapat mempercepat penuaan sehingga orang yang aktif merokok akan terlihat 1,5 – 2 tahun lebih tua dari usia yang sebenarnya. 

Hal ini disebabkan karena zat-zat yang ada pada rokok, termasuk juga nikotin dapat menghasilkan keriput dini pada wajah. Mulai dari mata, bibir, dahi, hingga ke bagian leher serta dada. 

6. Kuku menjadi kuning

Tidak hanya gigi yang menjadi kuning, kuku yang kuning juga termasuk ke dalam perubahan penampilan tubuh akibat merokok. Sama seperti sebelumnya, ini juga diakibatkan karena bahan kimia  berbahaya yang didapatkan setiap Moms menghisap sebatang rokok. 

Baca juga: Cara Mudah Berhenti Merokok yang Bisa Dilakukan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x