Pilihan Obat Gusi Bengkak dari Bahan Alami

Obat Gusi Bengkak

Moms pernah mengalami gusi bengkak? Jika sedang mengalami kondisi ini, Moms tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi pembengkakan pada gusi, salah satunya menggunakan bahan alami sebagai obat gusi bengkak. 

Gusi yang membengkak akan menyebabkan munculnya darah ketika sedang menyikat gigi. Selain berdarah, bau mulut juga dapat terjadi karena gusi bengkak, lho. Nah, gejala ini merupakan tahapan awal dari penyakit gusi atau yang disebut dengan gingivitis.

Apabila gingivitis tidak diobati, maka akan terjadi kondisi periodontitis. Kondisi ini akan mempengaruhi jaringan yang menopang dan menahan gigi. Dan jika periodontitis tidak diobati, tulang rahang Moms mungkin akan rusak dan ruang-ruang kecil antara gusi dan gigi pun bisa terbuka, sehingga ditakutkan dapat menjadi penyebab kerontokan gigi.

Bahan alami sebagai obat gusi bengkak

Jika gejala gusi bengkak masih termasuk ringan, Moms bisa mengatasinya dengan bahan-bahan alami yang dapat ditemukan di rumah. Tetapi, pastikan juga untuk segera melakukan pemeriksaan diri ke rumah sakit apabila gusi Moms tetap bengkak selama lebih dari seminggu. 

Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa Moms manfaatkan sebagai obat gusi bengkak:

Air garam

Selain efektif untuk membersihkan plak atau karang pada gigi, garam ternyata dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak, lho. Hal ini berkat adanya kandungan sodium di dalam garam yang dapat menjadi antiseptik alami bagi kesehatan mulut.

Caranya, Moms cukup mencampur air dengan garam lalu jadikan sebagai obat kumur setelah selesai menyikat gigi. 

Air lemon

Bahan alami selanjutnya yang bisa Moms jadikan sebagai obat gusi bengkak yaitu air lemon. Selain air garam, Moms juga bisa mendapatkan kandungan antiseptik alami dari air lemon juga. Lemon mengandung asam yang bermanfaat sebagai alkali alami guna menyeimbang kadar pH di dalam mulut.

Caranya, Moms cukup memeras satu buah lemon, kemudian campurkan dengan segelas air hangat. Lalu, Moms dapat menggunakan campuran ini sebagai obat kumur. Gunakan campuran ini sebanyak 3 kali dalam sehari. 

Belimbing wuluh

Belimbing wuluh yang dioleskan pada gusi juga dapat menjadi obat gusi bengkak. Bahan alami yang satu ini ampuh untuk membasmi bakteri di dalam mulut. Saat memilih belimbing wuluh, pilihlah yang belum matang. Setelah itu, tumbuk sampai halus dan oleskan di bagian gusi yang sedang membengkak. 

Campuran garam, merica, dan air

Bukan hanya sebagai bumbu dapur, merica ternyata  juga dapat dijadikan untuk mengobati gusi bengkak. Hal ini dikarenakan kandungan analgesik dan zat anti inflamasi di dalam merica yang dapat meredakan rasa  nyeri.

Caranya, campurkan garam, merica, dan sedikit air. Kemudian aduk hingga bertekstur seperti pasta dan oleskan pada gusi yang sedang bengkak. 

Daun jambu biji

Bahan alami terakhir yang bisa Moms manfaatkan sebagai obat gusi bengkak yaitu daun jambu biji. Bahan alami yang satu ini ampuh untuk membasmi bakteri serta menjaga kesehatan mulut Moms.

Caranya, Moms hanya cukup merebus beberapa lembar daun jambu biji dan gunakan air rebusannya untuk berkumur.

Baca juga: Obat Tetes Mata yang Harus Moms Perhatikan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x