Pola Hidup Sehat dengan Langkah Sederhana

Pola Hidup Sehat

Tak jarang orang yang tidak begitu paham bagaimana caranya untuk menjaga dirinya tetap sehat, baik secara fisik maupun mental. Padahal hidup sehat dan bahagia adalah kunci panjang umur. Hal ini berarti, semakin bahagia seseorang, maka besar pula kemungkinan orang tersebut hidup lebih lama. Salah satu cara sederhana yang bisa Moms lakukan untuk hidup lebih bahagia dan panjang umur adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Lalu, bagaimana menerapkan pola hidup yang sehat? Berikut langkah-langkahnya.

Langkah sederhana untuk memulai pola hidup sehat

Bijak memilih makanan

Apa yang Moms makan tentu akan memengaruhi bagaimana tubuh Moms bekerja. Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk menerapkan pola hidup sehat dengan memperhatikan makanan yang Moms konsumsi setiap hari.

Pastikan kalau makanan dalam piring Moms memenuhi prinsip gizi seimbang, yang meliputi karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Jangan bergantung dengan satu jenis makanan pokok saja. Moms dapat mengganti makanan pokok dengan jagung, mi, ubi, atau kentang. Tidak harus nasi setiap hari.

Perhatikan pula porsi makan Moms. Sangatlah penting untuk memperhatikan porsi makan agar mencegah terjadinya kegemukan dan terserang berbagai penyakit kronis. Perlu diingat bahwa, apapun yang berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh.

Selain memilih makanan yang akan dikonsumsi, Moms juga harus bijak dalam mengolahnya. Hindari mengolah makanan dengan cara digoreng. Moms bisa mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat, seperti direbus, dikukus, atau ditumis.

Luangkan waktu untuk olahraga setiap hari

Pola hidup sehat selanjutnya yaitu olahraga. Olahraga tidak selalu harus jogging atau pergi ke gym. Moms bebas melakukan berbagai jenis olahraga yang disukai. Apabila Moms suka bersepeda atau berenang, maka jangan ragu untuk melakukannya. Begitu juga apabila hanya menyukai jalan santai. Buatlah tubuh aktif bergerak setiap hari.

Dengan aktif bergerak, tubuh akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Selain itu, hal ini juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Tak heran apabila setelah olahraga atau melakukan aktivitas fisik Moms jadi merasa lebih bugar.

Bagi para Moms pekerja kantoran yang mungkin tidak mempunyai banyak waktu untuk berolahraga, Moms bisa melakukan berbagai aktivitas fisik sederhana agar memastikan tubuh tetap bergerak.

Mengelola stres

Stres merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Akan tetapi, Moms dapat belajar mengelolanya dengan merencanakan berbagai hal agar tidak ada yang terlupa, mengambil waktu untuk relaks dan melakukan hobi, atau melakukan yoga atau meditasi.

Mencatat hal-hal yang perlu Moms syukuri juga dapat membuat jiwa lebih tenang. Pola hidup yang sehat seperti itu akan membuat jiwa dan pikiran jauh lebih prima.

Istirahat cukup

Istirahat cukup merupakan kunci mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Pastikan jam tidur Moms terpenuhi dengan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama. Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik dapat menjadi aktivitas menjelang tidur yang membantu tubuh untuk istirahat.

Berhenti melakukan kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan

Pertimbangkan untuk berhenti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, terutama apabila Moms berisiko atau sudah menderita penyakit diabetes, depresi, artritis, atau penyakit jantung.

Pola hidup sehat harus didasari dari kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan menjauhkan diri dari kebiasaan buruk yang mengundang berbagai jenis penyakit. Menjadikan pola hidup sehat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dapat mendatangkan manfaat jangka panjang untuk kesehatan Moms.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Daun Sirsak untuk Mengobati Masalah Kesehatan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x