PPKM Darurat, Apa yang Harus Moms Lakukan Untuk Keluarga?

PPKM Mikro Darurat Delta Variant Covid

Laju penyebaran Delta Variant Covid-19 membuat pemerintah harus menarik rem tangan dan memberlakukan PPKM Darurat yang berlaku untuk pulau Jawa dan Bali, atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Skala Mikro Darurat untuk periode 3 – 20 Juli 2021. Tentu hal ini mempengaruhi bagaimana kita seharusnya bersikap dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Moms pun harus memperhatikan apa efeknya bagi kegiatan bersama keluarga.

Apa itu Delta Variant Covid-19

Dilansir dari WHO, virus Covid yang sudah menyebar luas saat ini telah bermutasi menjadi variant yang lebih mudah menular. Pada dasarnya, saat virus menyebar ke banyak orang, kemungkinan untuk virus tersebut berubah atau bermutasi menjadi variant baru menjadi lebih besar. Sayangnya, hal tersebut juga terjadi pada virus covid-19.

Delta variant dari virus Covid-19 yang pertama kali terdeteksi di India, telah masuk ke Indonesia dan menyebar dengan cepat. Virus ini pun lebih mudah menular dari satu orang ke orang lain, dalam jangka waktu kurang dari 1 menit.

Semakin banyak interaksi yang terjadi di masyarakat, maka kemungkinan virus tersebut menyebar akan semakin besar. PPKM yang awalnya diterapkan oleh pemerintah pun statusnya dirubah menjadi PPKM Darurat, dengan pembatasan yang lebih ketat terhadap kegiatan sehari-hari masyarakat. Daerah yang menjadi fokus PPKM adalah di pulau Jawa dan Bali yang memang diketahui mempunyai banyak kasus Covid aktif.

Peraturan PPKM Darurat

Beberapa aturan yang diberlakukan oleh pemerintah pada masa PPKM Darurat untuk periode 3-20 Juli 2021 adalah sebagai berikut:

  • Pemberlakuan 100% WFH untuk kegiatan perkantoran yang termasuk ke dalam sektor non esensial
  • Seluruh kegiatan belajar mengajar akan dilakukan secara online atau daring
  • Untuk kegiatan perkantoran yang termasuk ke dalam sektor esensial akan diberlakukan 50% WFH, dan 100% untuk kegiatan yang termasuk ke dalam sektor kritikal
  • Kegiatan di tempat ibadah akan ditutup sementara
  • Fasilitas umum yang meliputi area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya juga akan ditutup sementara waktu ini
  • Pemerintah juga akan menutup area kegiatan seni budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan. Lokasi seni, budaya, sarana olahraga, dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan juga dilarang dilakukan sementara ini
  • Resepsi pernikahan boleh dilakukan dengan batas maksimal tamu berjumlah 30 orang, dengan syarat tidak boleh makan di tempat resepsi
  • Bagi mereka yang ingin bepergian dengan transportasi jarak jauh seperti pesawat, bus, dan kereta api, harus menunjukan kartu vaksin, minimal vaksin dosis pertama. Selain itu penumpang wajib membawa bukti PCR yang dilakukan maksimal H-2 sebelum keberangkatan jika ingin naik pesawat, dan antigen yang dilakukan H-1 untuk moda transportasi jarak jauh lainnya
  • Transportasi umum seperti kendaraan umum, angkutan masal, taksi konvensional atau online, dan kendaraan sewa atau rental akan diberlakukan pengaturan kapasitas maksimal 70% dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat lagi

Menjaga Keluarga Selama PPKM Darurat

Bagaimana menjaga keluarga selama PPKM Darurat?

Apa yang harus Moms lakukan untuk memastikan bahwa keluarga tetap aman dan terjaga selama pemberlakuan PPKM Darurat?

Selain patuh kepada peraturan yang sudah ditetapkan di atas, sebaiknya Moms membatasi mobilitas keluarga. Hindari keluar rumah untuk alasan yang kurang penting, apalagi jika hanya sekedar menghilangkan rasa bosan.

Moms bisa menyiapkan kegiatan-kegiatan yang bisa membantu keluarga menghilangkan rasa stres dan bosan selama di rumah, seperti bermain permainan kartu atau monopoli, nonton film bersama-sama, atau masak memasak bersama keluarga.

Momen ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan melakukan olahraga bersama keluarga. Selain mendapatkan manfaat kesehatan, Moms dapat meningkatkan kedekatan bersama keluarga yang mungkin jarang berkumpul dikarenakan kesibukan masing-masing sebelum masa PPKM Darurat diberlakukan.

Tetap jaga pikiran positif dan jangan lupa untuk selalu menjalani prokes jika memang harus keluar rumah. Stay safe and healthy ya Moms!

Baca juga: Penting Diketahui! Inilah Perbedaan Gejala Virus Corona dengan Flu Biasa

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x