Ketika sedang berpuasa, tubuh tidak akan menerima makanan dan minuman selama hampir 14 jam. Hal ini tentunya akan memberikan dampak besar terhadap kondisi tubuh Moms. Mungkin pada awal puasa Moms akan merasa lemas bahkan pusing. Tetapi, jika puasa dilakukan secara sehat, hal tersebut akan memberikan Moms manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh khususnya saat sedang puasa di tengah pandemi Covid seperti ini. Agar dapat menjalankan puasa dengan lancar, yuk simak penjelasan di bawah ini tentang anjuran yang harus dilakukan ketika menjalani puasa saat pandemi.

Kondisi Tubuh Saat Berpuasa 

Sebelum mengetahui apa saja anjuran yang harus dilakukan jika Moms ingin menjalani puasa di tengah pandemi Covid, ada baiknya mengetahui apa yang terjadi pada tubuh ketika berpuasa terlebih dahulu.

Tubuh manusia akan membutuhkan energi, entah jika sedang berpuasa atau tidak. Biasanya, sumber energi utama tubuh yaitu glukosa yang berasal dari karbohidrat di dalam tubuh, termasuk juga produk susu, buah, sayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan, Glukosa akan disimpan di hati dan juga otot lalu akan disalurkan ke dalam aliran darah ketika tubuh sedang membutuhkannya. 

Proses tersebut akan berubah saat Moms sedang puasa. Setelah 8 jam berpuasa, hati akan menggunakan cadangan glukosa terakhir dan tubuh pun akan memasuki kondisi glukoneogenesis yang mana menandai perubahan tubuh menjadi mode puasa. Kondisi glukoneogenesis bisa meningkatkan kadar kalori yang dibakar oleh tubuh. Tanpa adanya karbohidrat yang masuk, tubuh akan menghasilkan glukosa sendiri menggunakan lemak. Lalu, tubuh pun akan kehabisan sumber energi sehingga rasa lapar semakin meningkat.  Jika sudah sampai di titik mini, metabolisme Moms akan menjadi lambat dan tubuh pun mulai membakar jaringan otot untuk mendapatkan energi.

Baca juga: Profesi Kerja dari Rumah yang Populer, Kira-kira Apa Saja Ya?

Apakah Puasa Mempengaruhi Imunitas Tubuh?

Puasa di tengah pandemi Covid tentu akan menimbulkan kekhawatiran pada sebagian orang karena takut akan mempengaruhi imunitas tubuh. Saat berpuasa tubuh tidak akan memperoleh makanan atau minuman sebagai sumber energi, metabolisme tubuh pun akan mengalami perubahan dan mencari sumber energi cadangan lainnya yang mana bisa berasal dari sel lemak atau protein yang ada di otot. Terjadinya perubahan cara kerja metabolisme ini akan membuat tubuh melakukan adaptasi pada awal puasa. Oleh karena itu, penurunan imunitas tubuh akan terjadi di awal Moms berpuasa. 

Ada cara yang bisa Moms lakukan agar imunitas tubuh tetap terjaga dan tidak merasa lemas, yaitu dengan mempertahankan pola makan yang seimbang saat sedang sahur dan juga berbuka. Yang artinya adalah, di dalam satu piring Moms harus terdapat lemak, karbohidrat, protein, vitamin, dan juga serat. Salah satu gizi yang terpenting adalah protein. Karena protein akan menjaga imunitas tubuh selama berpuasa. Khususnya jika Moms sedang puasa di tengah pandemi Covid seperti sekarang ini. 

Baca juga: Mengatur Keuangan Saat Pandemi dengan 5 Tips Berikut Ini!

Anjuran WHO untuk Melakukan Puasa di Tengah Pandemi Covid 

Setelah mengetahui penjelasan mengenai kondisi tubuh saat berpuasa dan pertanyaan apakah berpuasa akan mempengaruhi imunitas tubuh, ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika Moms ingin melakukan puasa di tengah pandemi Covid. Hal-hal berikut merupakan anjuran dari WHO dan perlu dilakukan agar tubuh tetap sehat dan tidak lemas saat berpuasa. Diantaranya yaitu:

1. Mengonsumsi Makanan Segar

Menurut Dr. Al Jawaldeh, seorang penasihat gizi Regional WHO, menyebutkan bahwa saat melakukan puasa di tengah pandemi Covid, Moms diharuskan untuk meningkatkan konsumsi makanan yang segar. Ia juga menyarankan agar menghindari makanan goreng serta yang mengandung garam dan rempah-rempahan tingkat tinggi. Karena, jenis makanan tersebut akan membuat Moms menjadi mudah haus. 

2. Harus Tetap Terhidrasi

Anjuran selanjutnya yaitu konsumsi 8 – 12 gelas atau sekitar 2 liter air di antara waktu berbuka dan sahur. Penting untuk tetap terhidrasi selama menjalankan ibadah puasa dengan mengonsumsi banyak air putih, karena air putih akan membantu membersihkan sistem pencernaan serta membuang racun yang ada di dalam tubuh. 

3. Rutin Berolahraga 

Hal selanjutnya yang dianjurkan oleh Dr. Al Jawaldeh yaitu tetap rutin berolahraga setiap hari saat sedang puasa di tengah pandemi Covid. Moms bisa melakukan olahraga jika sudah mendekati waktu berbuka atau setelah berbuka tapi dengan syarat tidak makan terlalu banyak. 

4. Menghindari Minuman Instan 

Hal terakhir yang perlu dilakukan saat sedang puasa di tengah pandemi Covid yaitu menghindari minuman ringan atau jus buatan saat sedang berbuka dan juga sahur. Hal ini dikarenakan kadar gula yang tinggi di dalamnya dapat meningkatkan resiko diabetes serta obesitas. 

Itulah 4 anjuran WHO yang perlu dilakukan ketika Moms puasa di tengah pandemi Covid. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Lakukan Aktivitas Ini untuk Mengisi Waktu Luang Selama Pandemi!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like