Rambut Rontok Saat Haid, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Rambut Rontok Saat Haid

Bagi perempuan, menjalani melewati masa haid bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Saat sedang haid, Moms bukan hanya merasakan perubahan suasana hati secara tiba-tiba namun juga merasakan nyeri yang mana akan mengganggu aktivitas seharian. Sebenarnya, ada banyak hal yang terjadi ketika Moms haid, salah satunya yaitu terjadinya kerontokan rambut. Sebenarnya apa sih penyebabnya?

Baca juga: Rambut Rontok Saat Diet, Ini Solusinya!

Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Haid?

Menurut penelitian, saat sedang haid akan ada empat hal yang terjadi pada tubuh. Diantaranya yaitu: 

1. Mudah terinfeksi oleh bakteri 

Saat haid, tubuh akan jadi mudah terinfeksi bakteri. Hal ini terjadi dikarenakan pH vagina yang menjadi meningkat. Naiknya kadar pH dan perubahan hormon yang terjadi selama masa haid akan menyebabkan terjadi peningkatan infeksi bakteri pada beberapa perempuan saat menstruasi.   

2. Sensitivitas pada rasa sakit 

Setiap perempuan yang sedang haid pasti akan merasakan nyeri dan siklus yang berbeda-beda. Perempuan yang merasakan nyeri yang lebih menyakitkan saat sedang haid mempunyai sensitivitas lebih tinggi terhadap rasa sakit. Hal ini disebabkan karena rendahnya kadar estrogen di dalam tubuh sehingga mengalami rasa sakit yang lebih.   

3. Rasa nyeri haid saling berkaitan 

Rasa kram yang Moms rasakan di perut saat haid menyebabkan timbulnya rasa sakit di kaki dan juga punggung. Hal ini terjadi karena adanya hubungan dengan saraf di daerah pinggul. Saraf yang ada di dalam tubuh seperti sarang dan saling berkaitan satu sama lain. Jadi, jika Moms merasa sakit pada perut ketika haid, kemungkinan besar rasa sakit tersebut akan terasa di daerah tubuh yang lainnya seperti di punggung.  

4. Siklus haid yang mempengaruhi suara 

Menurut penelitian yang ada, siklus haid ternyata dapat mempunyai efek pada perubahan suara perempuan. Karena produksi suara vokal berkaitan erat dengan biologi tubuh. Sel pita suara dan vagina sangat mirip dan menunjukkan reseptor hormon sempurna. 

Baca juga: Baca juga: Lakukan Cara Ini Supaya Rambut Cepat Panjang!

Kenapa Rambut Rontok Saat Haid?

Mungkin Moms pernah merasakan kerontokan rambut saat sedang haid. Kerontokan rambut yang terjadi ketika sedang haid bisa terjadi karena adanya pengaruh dari hormon tubuh. Tetapi, kondisi ini juga bisa terjadi karena adanya pengaruh lain yang terjadi secara tidak langsung. Seperti, stres, nyeri, ataupun suasana hati yang buruk. Hal-hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab Moms mengalami kerontokan rambut saat sedang haid. Meski begitu, hal-hal lain yang tidak berkaitan dengan haid juga dapat menjadi penyebabnya. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kuku Hitam

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Saat Moms mengalami kerontokan rambut, lakukan pemeriksaan ke dokter kulit agar dapat mengetahui apa masalahnya sehingga bisa ditangani secara tepat. Biasanya dokter kulit akan melakukan tes untuk memastikan apakah Moms benar mengalami kerontokan rambut dan menawarkan terapi yang terbaik sesuai dengan kondisi. 

Selain itu, sebaiknya hindari juga asap rokok, polusi dan stress serta jangan terlalu menyibukkan diri dengan rambut Moms, ya. Karena, dengan menghitung helaian rambut yang rontok akan membuat Moms semakin stres dan tidak percaya diri. Yang terakhir, hindari mengikat rambut terlalu kencang, mengecat rambut, dan mengeringkan rambut dengan alat pengering, ya. 

Baca juga: Cara Atasi Rambut Mengembang dengan Mudah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Dinda Rachma

Halo momslyfe dan kontributor, masalah rambut rontok saat haid juga sering aku alami, walaupun tidak setiap periode menstruasi. Sepertinya kebiasaanku yang tidak bisa lepas dari ikat rambut juga memperburuk tingkat kerontokan apalagi pada saat haid. Artikelnya sangat bermanfaat dan menjadi reminder untuk aku ke depannya, terima kasih.

Last edited 3 months ago by Dinda Rachma
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x