Menangis adalah bentuk luapan emosi manusia yang diidentikan dengan rasa sedih dan frustasi. Meski ada juga tangis yang tercipta karena rasa bahagia, tetap saja orang yang menangis sering dianggap sensitif dan lemah. Tetapi tahukah Moms bahwa orang yang sering menangis justru mempunyai mental yang kuat.

Kenapa orang yang sering menangis dianggap lemah?

Banyak orang yang memilih untuk menahan tangisannya dan bersikap seolah-olah semua baik-baik saja agar tidak dianggap lemah. Padahal orang yang sering menangis akan mampu untuk mengurangi stres yang sedang dialami dan memperbaiki perasaannya. Alhasil, menangis juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan menguatkan mental.

Menangis juga dianggap sebagai sifat kewanitaan, hingga akan jarang sekali kita melihat laki-laki menangis di depan banyak orang. Sebetulnya ada alasan medis yang membuat wanita lebih sering menangis dibandingkan dengan pria. Wanita memiliki lebih banyak hormon prolaktin yang berfungsi memproduksi air mata.

Baca juga: Kenali ciri-ciri “Toxic People” yang Sebaiknya Moms Hindari

Manfaat menangis bagi kesehatan mental

Orang yang sering menangis akan mendapatkan beberapa manfaat dari tangisannya, berikut adalah contohnya:

1. Mengurangi stres

Menangis bisa menjadi suatu terapi yang berguna untuk menyalurkan emosi yang terpendam. Dengan menangis, sesorang akan memulihkan tubuhnya dari tekanan emosi. Tangisan juga dapat membilas senyawa kimia pemicu stres yang terbentuk saat Moms mengalami tekanan besar.

Meski tidak dapat langsung memecahkan masalah yang sedang dihadapi, ataupun merubah situasi yang ada, orang yang sering menangis akan merasa lebih baik sesudah meluapkan emosinya.

2. Mengurangi rasa sakit

Menangis dianggap dapat mengurangi rasa sakit karena saat seseorang menangis di depan orang lain, maka akan memicu orang lain untuk memeluk, atau mengusap-usap punggung orang yang menangis untuk berusaha menenangkan. Hal tersebut akan memberikan dukungan emosional yang berefek untuk mengurangi rasa sakit yang sedang dirasakan.

3. Baik untuk kesehatan

Orang yang sering menangis juga akan mendapatkan manfaat kesehatan, karena menangis dapat melepaskan hormon di dalam tubuh yang bisa membuat Moms merasa lebih baik. Menangis juga akan menurunkan kadar hormon yang memicu kecemasan dan stres. Air mata yang keluar juga akan membantu melembabkan area mata dan dapat membunuh bakteri yang ada.

Orang yang sering menangis lebih tangguh

Mencoba untuk tidak menunjukan rasa sedih akan membuat perasaan tersebut menumpuk dalam benak Moms dan bisa memicu kecemasan berlebihan dan depresi. Jika sudah begitu maka hal tersebut akan mengganggu kegiatan Moms sehari-hari.

Menangis bisa membuat Moms menjadi lebih siap dalam menghadapi masalah yang ada. Karena emosi negatif sudah dikeluarkan melalui tangisan, Moms kini siap berpikir jernih dan mencoba untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Menangislah jika memang perlu, hal tersebut bukanlah sebuah kelemahan yang harus ditutup-tutupi. Menangis juga bukan berarti Moms tidak mampu menghadapi masalah yang ada. Moms hanya perlu mengeluarkan emosi yang ada, lalu bangkit dan menyelesaikan masalah yang ada dengan mental yang lebih tangguh.

Baca juga: Menangis Secara Tiba-tiba? Mungkin Ini Penyebabnya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like