Rasa gatal pada tenggorokan seringkali disebabkan karena penyakit flu atau reaksi alergi. Meskipun begitu, pada beberapa kasus, penyebab tenggorokan gatal terus menerus juga bisa menjadi pertanda adanya kondisi medis yang lainnya. Penasaran apa saja penyebabnya? Simak ulasannya berikut ini. 

Beberapa penyebab tenggorokan gatal terus menerus 

1. Alergi

Alergi merupakan salah satu penyebab tenggorokan gatal terus menerus yang sering terjadi. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya sepertinya bulu hewan peliharaan, udara dingin, debu, makanan, polusi udara dan lain sebagainya. 

Gejala ini bervariasi pada masing-masing individu. Tetapi dalam beberapa kasus ringan hingga sedang, biasanya ditandai dengan tenggorokan gatal, mata berair, bersin-bersin, hidung tersumbat, atau gatal pada kulit. 

2. Flu

Flu adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan dan paling sering terjadi pada saat musim pancaroba atau musim hujan. Pada umumnya, gejala flu biasanya ditandai dengan tenggorokan gatal terus menerus, demam, sakit kepala, batuk, hidung tersumbat, hingga kelelahan. Apabila gejala yang Moms rasakan terasa ringan, maka biasanya itu merupakan tanda dari pilek. 

3. Faringitis

Penyebab tenggorokan gatal terus menerus yang selanjutnya yaitu faringitis. Faringitis adalah suatu peradangan yang terjadi pada faring yang berperan penting pada sistem pernapasan, pencernaan, dan proses bicara. 

Gejalanya yang paling khas yaitu adanya rasa gatal di tenggorokan dan sulit untuk menelan. Beberapa gejala lain yang bisa menyertai diantaranya bersin, hidung berair, nyeri otot, kelelahan, sakit kepala, batuk, hidung berair, demam, hilang nafsu makan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. 

4. Laringitis

Penyebab tenggorokan gatal terus menerus yaitu terjadinya peradangan pita suara atau dalam kondisi medis disebut sebagai laringitis. Kondisi ini biasanya terjadi karena penggunaan pita suara yang berlebihan, reaksi alergi, infeksi virus influenza, atau kebiasaan buruk lain seperti mengonsumsi minuman alkohol serta sering merokok. 

Selain itu, laringitis juga bisa menimbulkan terjadinya gejala lain, seperti suara parau hingga hilang sama sekali, batuk kering, demam ringan, dan keinginan untuk terus berdeham. 

5. Refluks asam

Selain menimbulkan sensasi terbakar di dada, refluks asam atau penyakit asam lambung juga bisa menjadi penyebab tenggorokan gatal terus menerus. 

Penyakit ini sering terjadi akibat pengaruh dari disfungsi sfingter esofagus bagian bawah. Orang yang kelebihan berat badan, ibu hamil, dan orang yang memiliki kebiasaan merokok akan lebih beresiko mengalami GERD saat berbaring setelah makan. 

6. Dehidrasi

Penyebab tenggorokan gatal yaitu kurangnya asupan cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Hal ini disebabkan karena produksi air liur yang menurun sehingga mulut menjadi kering dan tenggorokan pun terasa gatal. 

Oleh karena itu, penuhi kebutuhan air di dalam tubuh rata-rata 8 gelas dalam sehari untuk menunjang kesehatan tubuh. 

Tetapi jika kondisi tenggorokan gatal berlangsung cukup lama atau disertai dengan gejala lain yang tidak biasa, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter guna mendapat diagnosis serta pengobatan yang tepat. 

Baca juga: Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Mudah dan Alami

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like