Indikator untuk melihat apakah seseorang sehat atau tidak dapat dilihat dari berat badan. Berat badan juga dapat menentukan status gizi seseorang. Oleh karena itu, jangan remehkan apabila berat badan Moms turun ataupun naik secara tiba-tiba.

Apabila Moms mengalami penurunan berat badan sebanyak 5% dari berat badan Moms yang sebelumnya dalam rentang waktu 6 bulan, maka segera periksa ke dokter untuk menunjukkan apakah Moms mengalami kondisi medis atau masalah kesehatan yang membuat berat badan turun dan tidak kembali normal. Apa saja penyebab kemungkinan Moms tidak bisa gemuk?

Malnutrisi

Malnutrisi merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kekurangan suatu zat gizi. Apabila Moms tidak memperhatikan pemilihan serta pengaturan pola makan, maka kemungkinan Moms dapat mengalami malnutrisi.

Kekurangan suatu zat gizi ini terjadi ketika tubuh tidak bisa menyerap beberapa zat gizi yang masuk ke dalam tubuh dan hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti pola makan yang tidak sehat dan teratur, gangguan pada sistem pencernaan, serta baru saja menjalani suatu operasi.

Kanker

Saat sel kanker tumbuh pada suatu jaringan tubuh, sel tersebut tidak hanya akan merusak jaringan saja tetapi juga memakan semua makanan yang seharusnya diterima oleh jaringan itu. Pertumbuhan sel kanker yang sangat cepat, membuat sel kanker ‘lapar’ setiap saat.

Oleh karena itu, banyak pasien kanker yang tidak melakukan pengobatan lebih banyak yang mengalami kekurangan berat badan dan tidak bisa gemuk. Hal ini harus ditangani dengan cara melakukan pengobatan kanker untuk mematikan sel kanker yang sedang tumbuh tersebut.

Gangguan pada kelenjar tiroid

Hipertiroidisme dan hipotiroidisme merupakan gangguan yang paling sering terjadi pada kelenjar tiroid. Hipertiroidisme merupakan kondisi di mana kelenjar tiroid terlalu aktif, sehingga menghasilkan hormon tiroksin dalam jumlah yang terlalu banyak.

Jumlah hormon tiroksin yang terlalu banyak ini dapat mengganggu kecepatan metabolisme dalam tubuh dan pada akhirnya tubuh tidak bisa gemuk.

Sedangkan, pada hipotiroidisme, justru kelenjar tiroid tidak bekerja dengan baik dan memproduksi hormon tiroksin dalam jumlah yang sedikit, sehingga metabolisme tubuh secara keseluruhan terganggu dan mengakibatkan penurunan berat badan yang siginifikan dan tubuh tidak bisa gemuk.

Depresi

Gangguan kesehatan mental seperti depresi ternyata mampu mempengaruhi berat badan seseorang. Apabila Moms sedang merasa depresi dan tertekan karena sesuatu hal, maka tubuh akan secara alami melakukan berbagai respon melalui perubahan fungsi tubuh.

Salah satu respon yang bisa menyebabkan tubuh tidak bisa gemuk dan turun secara drastis adalah perubahan hormon yang menyebabkan seseorang menjadi kehilangan nafsu makan dan metabolisme menjadi terganggu dan melambat, sehingga menyebabkan zat gizi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi.

Penyebab yang membuat seseorang tidak bisa gemuk

Penyebab lain yang bisa menyebabkan seseorang tidak bisa gemuk, antara lain:

  • Mengonsumsi obat-obatan yang menekan nafsu makan
  • Mengalami penyakit jantung, ginjal, dan hati
  • Mengalami peradangan jangka panjang, seperti rematik dan lupus
  • Masalah pada kesehatan mulut serta gigi
  • Gangguan pada sistem pencernaan
  • Mengalami infeksi virus, bakteri, atau parasit, yaitu HIV, TBC, dan diare.
  • Demensia, orang yang menderita gangguan demensia sering kali susah menyampaikan kebutuhan makanannya.

Baca Juga: Badan Moms Terlalu Kurus? Ini Cara Sehat Untuk Menggemukkannya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like