Sebelum pergi tidur, setiap orang pasti mempunyai rutinitas yang berbeda-beda demi tidurnya berkualitas seperti, menyikat gigi, mencuci muka, atau mengganti baju dengan piyama. Tetapi, apakah Moms mempunyai kebiasaan tidur tidak pakai celana dalam?

Ternyata, tidur tidak memakai celana dalam memberi banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Apa saja sih manfaatnya?

Manfaat Tidur Tidak Pakai Celana

1. Membuat vagina bernapas

Seorang dokter menyarankan untuk tidur tidak pakai celana dalam pada malam hari. Hal ini disebabkan karena jamur dan bakteri senang berkembang biak di tempat yang hangat, lembab, serta gelap.

Nah, hampir sepanjang hari daerah genital tertutup oleh pakaian serta celana dalam, terutama jika pakaian yang digunakan berbahan tidak menyerap keringat. Ini bisa memungkinkan terjadinya iritasi pada vagina serta membuat vagina menjadi lembab. 

Maka dari itu, dengan melepas celana dalam saat tidur bisa menjadi salah satu cara untuk membuat vagina bernapas. Juga sebagai cara dalam menjaga kebersihan alat kelamin. 

2. Menjaga kualitas sperma

Tidur tidak pakai celana dalam ternyata bisa menjaga kualitas sperma, lho. Sama dengan wanita, menggunakan celana dalam yang ketat dapat membuat testis tidak leluasa dalam bernapas sehingga suhu pada testis menjadi meningkat.

Selain itu, tidur menggunakan celana dapat menghambat aliran darah ke bagian testis. Sehingga dapat menurunkan jumlah hasil sperma dan secara tidak langsung dapat membuat kualitas sperma menjadi buruk. 

3. Dapat melancarkan sirkulasi darah

Saat Moms memutuskan untuk tidur tidak pakai celana dalam, Moms sudah mengurangi resiko tergesek, tertekan, bahkan terbelit karena kesempitan, terutama pada bagian selangkangan. Hal ini berpengaruh pada sirkulasi darah sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar. 

Baca juga: Bagaimana Tips Untuk Tidur Nyenyak Tanpa Ngorok?

4. Mengurangi resiko terkena infeksi

Moms mungkin akan menganggap bahwa tidur tidak pakai celana dalam dapat menciptakan tempat sempurna bagi bakteri untuk berkembang biak. Namun ternyata, anggapan ini sudah lama hilang, lho. 

Tidak ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa hubungan antara telanjang dengan tertularnya infeksi seperti infeksi ragi vagina atau infeksi vaginosis. Justru, tidur tidak menggunakan celana akan mengurangi resiko infeksi pada daerah genital karena vagina atau alat kelamin tidak menjadi lembab. 

Namun, jangan lupa untuk menjaga kebersihan kasur serta tempat tidur sebelum Moms memutuskan untuk tidak memakai celana dalam ketika tidur. 

5. Tidur menjadi lebih nyenyak

Tidur tidak pakai celana dalam bahkan telanjang ternyata dapat menjadi salah satu terapi untuk mengatasi stres. Karena, Moms akan lebih leluasa bergerak tanpa harus merasa sesak atau gerak karena baju. Maka tidur akan menjadi lebih nyenyak dan juga rileks. 

6. Membuat hubungan lebih harmonis

Bagi Moms dan pasangan yang sudah menikah, tidur tidak mengenakan celana dalam bahkan telanjang dapat membuat kehidupan rumah tangga menjadi lebih harmonis, lho. Karena, Moms dan pasangan akan merasa semakin intim dengan melakukan kontak antar kulit.

Hal ini juga dapat merangsang produksi hormon oksitosin dalam tubuh yang berpengaruh pada suasana hati sehingga Moms dan pasangan akan lebih rileks saat berhubungan seksual. 

Baca juga: Penyebab Infeksi Saluran Kencing yang Harus Moms Ketahui

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like