Tips Alami Untuk Menghilangkan Varises di Kaki

menghilangkan varises di kaki

Apabila Moms melihat ada urat berwarna biru atau ungu tua menonjol keluar di kaki seseorang, itu merupakan tanda yang dapat dilihat saat seseorang menderita varises. Nah, jika hal sama terjadi pada Moms, janganlah tunggu sampai varises menjadi parah. Moms dapat mencoba beberapa tips alami untuk menghilangkan varises di kaki berikut ini. 

Apa saja tips untuk menghilangkan varises di kaki?

Sebelum mengetahui tips untuk menghilangkan varises di kaki, Moms harus tahu apa itu varises. 

Varises merupakan pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah vena yang pada umumnya terjadi di bagian bagian kaki disebabkan oleh penumpukan darah. Penumpukan darah yang ada pada pembuluh vena disebabkan karena rusaknya atau melemahnya katup vena. Pembuluh vena ini memiliki fungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung.

Katup yang ada di dalam pembuluh vena berfungsi sebagai pintu satu arah supaya darah yang telah melewatinya tidak dapat kembali lagi. Katup vena yang rusak atau melemah kemudian akan menyebabkan timbulnya arus balik serta penumpukan darah pada pembuluh vena. Nah, penumpukan inilah yang membuat pembuluh darah menjadi melebar dan kemudian menimbulkan varises. 

Varises bukan hanya rentan dialami oleh wanita, tetapi juga pria karena pekerjaan mereka yang memberi tekanan besar pada kaki. Lalu apakah ada tips yang alami dan mudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan varises di kaki? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Rutin olahraga

Menghilangkan Varises di Kaki

Rutin berolahraga merupakan tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan varises di kaki. Dengan berolahraga, sirkulasi darah akan menjadi lancar serta mengurangi pembengkakan pada pembuluh darah vena.

Berdiri atau duduk terlalu lama tanpa banyak bergerak ternyata dapat meningkatkan resiko varises, lho. Jika Moms tidak bergerak terlalu lama, maka pembuluh darah akan sulit untuk memompa darah secara efisien ke jantung. 

Selain itu, olahraga juga termasuk cara yang baik untuk menyeimbangkan hormon secara alami, mempertahankan berat badan sehat, hingga menurunkan tekanan darah. Karena salah satu penyebab varises dapat muncul yaitu karena berat badan berlebih, tekanan darah tinggi, serta hormon yang tidak seimbang.

Apabila Moms merasakan rasa sakit ketika berolahraga, maka disarankan untuk mulai secara perlahan. Perlu diingat juga untuk melakukan pemanasan dan juga pendinginan saat ingin dan setelah berolahraga. 

Baca juga: Lakukan Hal Penting Ini Setelah Moms Berolahraga

2. Menjaga berat badan

Menghilangkan Varises di Kaki

Orang yang memiliki berat badan berlebih ternyata cenderung untuk mengalami varises, khususnya untuk wanita dan orang tua yang terlalu gemuk. Berat badan yang berlebih mampu memberikan tekanan pada pembuluh darah lebih tinggi sehingga bisa menyebabkan pelebaran serta pembengkakan pembuluh darah vena di bagian kaki.

Oleh karena itu, dengan menjaga berat badan merupakan salah satu tips alami untuk menghilangkan varises di kaki.

3. Menggunakan minyak esensial

Menghilangkan Varises di Kaki

Menggunakan minyak esensial bisa menjadi sebuah cara untuk menghilangkan varises di kaki juga, lho. Minyak esensial yang memiliki banyak manfaat ini salah satunya juga dapat meredakan peradangan, menyeimbangkan hormon, serta melancarkan aliran darah.

Moms dapat menggunakan minyak esensial cypress untuk mengatasi varises yang ada di kaki. Minyak ini berasal dari jenis pohon cemara yang bernama cupressus sempervirens.

Minyak esensial ini berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi serta memperlancar sistem peredaran darah. Cara memakai minyak ini, Moms hanya perlu meneteskan 5 tetes minyak pada area varises dan memijatnya dari ujung kaki dan mengarah ke atas. Lakukan cara ini dua kali dalam sehari dalam beberapa minggu. 

Baca juga: Penyebab Urat Menonjol serta Terlihat Jelas di Permukaan Kulit

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x