Kenali Tanda Saat Tubuh Moms Kekurangan Vitamin C

Moms Kekurangan Vitamin C

Vitamin C atau yang disebut dengan asam askorbat merupakan zat penting yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini bisa Moms temukan di sayur-sayuran dan juga buah-buahan serta sering ditambahkan dalam pengobatan sariawan atau batuk pilek. Nah, saat tubuh Moms kekurangan vitamin C, maka masalah kesehatan pun akan terjadi. Apa saja tanda-tanda saat tubuh Moms kurang vitamin C?

Kenapa tubuh membutuhkan vitamin C?

Mungkin Moms sering mendengarkan pernyataan orang-orang yang mengatakan bahwa sangat penting untuk mengonsumsi vitamin C dan jangan sampai tubuh kekurangan vitamin C. Sebenarnya, kenapa tubuh membutuhkan vitamin C?

Dilansir dari situs medicalnewstoday.com, tubuh membutuhkan vitamin C untuk berbagai kebutuhan, yaitu:

  • Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen, L-karnitin, dan beberapa neurotransmitter
  • Membantu menghilangkan zat yang tidak diinginkan, atau yang dikenal sebagai spesies oksidatif reaktif
  • Dapat membantu tubuh menyerap zat besi
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mampu meningkatkan penyembuhan luka

Nah itu dia beberapa alasan kenapa tubuh membutuhkan vitamin C. Lalu, apa yang akan terjadi pada tubuh jika kekurangan vitamin C?

Tanda-tanda yang muncul saat Moms kekurangan vitamin C

Vitamin C sering digunakan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, vitamin C mampu melindungi tubuh dari penyakit seperti kardiovaskular, stroke, kanker, kesehatan mata, dan penyakit kerutan pada kulit. Selain itu, vitamin C juga digunakan untuk membantu melawan infeksi misalnya seperti penyakit pada gusi. 

Vitamin yang satu ini juga bisa meningkatkan penyerapan zat besi, lho. Itulah mengapa vitamin C sering disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan zat besi supaya zat besi dapat lebih banyak diserap. 

Baca juga: Berbagai Tanda Tubuh Moms Kurang Air Putih

Berikut ini tanda-tanda saat tubuh Moms kekurangan vitamin C. 

  1. Kulit menjadi mudah memar. Memar dihasilkan karena pembuluh darah merah yang sangat kecil atau kapiler di pinggir kulit hancur. Saat kekurangan vitamin C, pembuluh kapiler akan melemah dan pecah sehingga timbul memar di kulit. 
  2. Luka lama untuk sembuh. Vitamin C sangatlah penting dalam pembentukan kolagen pada kulit. Kolagen ini berfungsi untuk menutup lama saat proses penyembuhan. Maka, luka akan lama untuk sembuh jika Moms kekurangan vitamin C. 
  3. Gusi berdarah atau sariawan. Kolagen juga berfungsi untuk mendukung gusi. Gusi yang rusak dapat menjadi tanda bahwa kolagen sedang dalam keadaan yang tidak baik, yang bisa jadi disebabkan karena kurangnya vitamin C.
  4. Rambut menjadi kering dan rontok.  Zat besi dibutuhkan untuk memperkuat rambut. Sedangkan vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Maka, kurangnya vitamin C akan membuat zat besi menjadi tidak efektif diserap oleh tubuh. 
  5. Kulit kering dan kasar dan terkadang berwarna kemerahan. Vitamin C memiliki peran dalam menjaga kesehatan kulit dari sinar UV. Kulit yang kasar, kering, dan juga kemerahan bisa menjadi tanda bahwa Moms tidak memiliki cukup vitamin C di dalam tubuh. 
  6. Mimisan. Sekitar 90% darah yang keluar saat mimisan berasal dari pembuluh kapiler di bagian hidung. Ketika Moms kekurangan vitamin C, pembuluh kapiler akan menjadi lemah sehingga darah pun keluar dari hidung. 
  7. Mudah sakit. Vitamin C diperlukan untuk sistem imun tubuh. Sistem imun yang kuat mampu mencegah Moms terserang berbagai penyakit. Nah, apabila Moms kekurangan vitamin C, sistem imun pun melemah sehingga Moms jadi mudah sakit. 

Apakah bisa mendeteksi kurangnya vitamin C sebelum tanda-tanda muncul?

Apabila sudah tahu tentang pentingnya vitamin C, maka pastikan untuk tidak kekurangan vitamin C. Selain bisa melemah sistem imun, timbulnya gejala penyakit juga bisa terjadi ketika Moms kekurangan vitamin C. 

Nah, cara agar tahu apakah tubuh Moms kurang vitamin C atau tidak, Moms dapat menghitung kebutuhan vitamin harian menggunakan Vitamin Meter. Moms dapat mengetahui berapa banyak asupan vitamin C dalam sehari serta bisa mengetahui berapa banyak kekurangan pada setiap vitaminnya. 

Baca juga: Kenali Gejala Serangan Jantung yang Terjadi Pada Wanita

Referensi:

Vitamin C: Why we need it, sources, and how much is too much. (2021). Retrieved 22 September 2021, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/219352#why-we-need-it

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x