Moms sudah melakukan diet yang ketat namun tidak kunjung berhasil menurunkan berat badan? Mungkin saja Moms melakukan kesalahan, lho. Sebenarnya, menurunkan berat badan bukan hanya mengurangi porsi makanan tapi juga harus memperhatikan waktu makan yang tepat.

Jika Moms ingin berhasil dalam menurunkan berat badan, simak cara bagaimana mengatur waktu makan yang tepat saat diet.

Cara mengatur waktu makan yang tepat ketika menjalankan diet

Ketika Moms mengatur waktu makan menjadi sejalan dengan jam biologis, sistem metabolisme akan bekerja dengan baik untuk membakar gula dan lemak di dalam tubuh. Mengatur wktu makan juga dapat mengurangi jumlah kalori.

Sebaliknya, meskipun Moms mengonsumsi makanan sesehat apapun, jika waktu makan mengikuti jam biologis, sistem metabolisme tubuh pun akan menjadi kacau. Salah satu dampak ketika metabolisme terganggu yaitu kadar gula darah akan meningkat.

Ini dapat menyebabkan produksi insulin yang dimana bertugas untuk menyimpan lemak di dalam tubuh, sehingga lemak pun semakin menumpuk.

Sebenarnya Moms tidak perlu makan sehari sekali atau sampai menahan lapar seharian demi menurunkan berat badan. Hal ini akan membuat Moms rentan terkena hipertensi. Yang harus Moms lakukan hanyalah mengatur waktu makan yang tepat dan sesuai dengan jadwal berikut ini.

Sarapan

Moms bisa mencegah munculnya rasa lapar palsu dan penumpukan lemak apabila mengonsumsi sarapan yang tinggi kandungan proteinnya pada pukul 6 hingga 9.45 pagi. Selain itu, makan satu jam setelah bangun tidur merupakan waktu makan yang tepat saat Moms sedang menjalani diet. Hindari sarapan pada jam 10 pagi.  

Cemilan pagi

Sebenarnya Moms tidak diwajibkan untuk ngemil di pagi hari. Tapi, jika Moms sudah biasa sarapan sangat pagi dan jam makan siang datangnya menjadi cukup lama, cemilan pagi yang sehat bisa dijadikan solusi.

Pastikan Moms memakan cemilan ini 2-4 jam setelah sarapan guna memastikan cemilan tidak menjadi lemak menumpuk. Itu adalah waktu makan yang tepat karena sistem pencernaan sudah siap mengolah kembali cemilan yang akan masuk.

Makan siang

Dibanding makan siang yang menjelang sore, makan siang terbukti sebagai waktu makan yang tepat untuk menurunkan berat badan. Moms bisa menurunkan berat badan sebanyak 25% jika makan sebelum jam 3 sore.

Cemilan siang

Ngemil di siang hari juga dapat membantu Moms untuk mengganjal perut agar tidak terlalu banyak makan nantinya. Saat yang tepat untuk ngemil di siang hari yaitu pada 2-4 jam setelah Moms makan siang. Perlu diingat juga untuk memilih cemilan sehat seperti kacang-kacangan atau buah.

Makan malam

Jam 5 sore sampai 7 malam merupakan jam yang tepat ketika Moms sedang diet. Karena pada waktu ini, tubuh sudah selesai makanan secara sempurna. Dan saat Moms tidur, tubuh pun akan membakar lemak dan kalori.

Apabila Moms memakan sesuatu sebelum tidur, tubuh tidak akan sempat untuk membakar lemak serta kalori karena masih dalam proses mencerna makanan yang masuk.  

Baca juga: Mengenal Intermittent Fasting dan Segudang Manfaatnya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like