Sakit kepala bisa bisa terjadi kapan saja dan akan menyebabkan rasa tidak nyaman bagi seseorang yang sedang mengalaminya. Jika Moms sering merasakan sakit kepala, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala tersebut yaitu dengan melakukan gerakan yoga untuk sakit kepala. Menurut penelitian, dengan melakukan yoga Moms bisa melepaskan stres dan rasa tegang yang ada di dalam tubuh. Agar lebih jelas, simak penjelasan berikut ini!

Penyebab Sakit Kepala 

Sakit kepala bisa terjadi selama beberapa jam saja atau bahkan berhari-hari. Kondisi ini terjadi karena saraf nyeri di kepala yang aktif dan dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti telat makan atau kurang tidur. Ada juga beberapa penyakit yang menyebabkan terjadinya sakit kepala misalnya migrain, infeksi telinga, sakit gigi, hipertensi, hingga tumor otak. 

Pada umumnya, sakit kepala bisa diatasi dengan minum obat anti nyeri yang dijual bebas di pasaran. Tetapi, jika sakit kepala disebabkan karena adanya penyakit serius maka hal tersebut memerlukan penanganan lebih lanjut oleh dokter. 

Baca juga: Mengobati Sakit Kepala Belakang dengan Cara-cara Berikut Ini

Gerakan Yoga untuk Sakit Kepala 

Selain dengan minum obat anti nyeri, ada cara lain yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi sakit kepala yaitu dengan melakukan gerakan yoga untuk sakit kepala. Ada beberapa gerakan yang dapat Moms ikuti, berikut ini diantaranya:

Gerakan Viparita Karani (Kaki di Tembok)

Gerakan yoga untuk sakit kepala yang pertama yaitu gerakan viparita karani atau menempatkan kaki di tembok. Gerakan ini akan membuat Moms menjadi rileks dan juga bisa membantu meregangkan otot leher secara bersamaan. 

Cara melakukannya yaitu: 

  • Duduk di dekat dinding dengan posisi pinggul kanan menyentuh dinding
  • Lalu, bersandar ke belakang dan memutar badan hingga berbaring telentang sambil meluruskan kaki ke atas dinding. Pastikan kaki tetap rileks dan memposisikan bokong hampir menyentuh dinding
  • Setelah itu, letakkan tangan di atas perut atau matras, tutup mata, turunkan dagu sedikit, dan jangan lupa untuk merilekskan rahang. Tahan gerakan ini selama 3-10 menit. 

Gerakan Seated Neck Release (Rilis Leher Duduk)

Saat sedang sakit kepala, leher sering menjadi titik awal karena leher yang tegang sehingga dibutuhkan peregangan.

Cara melakukannya yaitu: 

  • Duduk dengan nyaman dan posisi leher dan tulang punggung yang lurus 
  • Lalu, letakkan tangan kanan pada sisi kiri kepala dan miringkan kepala ke arah kanan secara perlahan
  • Tahan nafas beberapa saat sebelum berganti sisi 
  • Ulangi gerakan ini agar intensitas sakit kepala berkurang

Gerakan Adho Mukho Svanasana (Pose Anjing Menghadap Ke Bawah)

Gerakan yoga untuk sakit kepala yang selanjutnya yaitu Adho Mukho Svanasana. Dengan melakukan gerakan ini, aliran darah ke kepala pun akan bertambah sehingga dapat meredakan sakit kepala. 

Cara melakukannya yaitu: 

  • Mulai dengan tangan dan lutut, lalu dorong pinggul ke atas secara perlahan hingga tubuh membentuk huruf V terbalik 
  • Tahan gerakan ini selama beberapa menit sambil menarik napas dalam-dalam

Gerakan Ananda Balasana (Pose Bayi Bahagia)

Gerakan yang selanjutnya yaitu gerakan Balasana. Jika Moms merasakan sakit kepala yang berasal dari nyeri pinggul, mungkin yang dibutuhkan hanyalah bersantai. Cobalah lakukan gerakan ini untuk mengurangi sakit kepala.

Cara melakukannya yaitu: 

  • Berbaring dengan lutut yang ditekuk lalu berpeganglah pada tepi luar kaki atau paha
  • Moms bisa menggoyangkan tubuh dari sisi ke sisi guna meregangkan punggung bawah serta pinggul

Gerakan Uttasana (Lipat Maju)

Gerakan yoga untuk sakit kepala yang terakhir adalah gerakan Uttasana. Gerakan ini bisa menyegarkan sistem saraf di tubuh karena bisa meningkatkan suplai darah ke otak. 

Cara melakukannya yaitu: 

  • Berdiri dengan posisi kaki selebar pinggul, rilekskan tubuh dari tekuk ke arah lantai hingga tangan mencapai lantai
  • Tahan posisi ini selama beberapa saat sambil mencoba merilekskan tubuh

Setelah selesai melakukan gerakan-gerakan di atas, Moms bisa mengonsumsi jahe untuk membantu meredakan nyeri di kepala. Jahe dipercaya bisa mengurangi peradangan di pembuluh darah kepala. Moms bisa menyeduh jahe dengan teh, mengunyah manisan jahe, atau mencampurkan jus jahe dengan jus lemon dengan perbandingan yang sama. 

Baca juga: Kepala Terasa Berat? Apa Penyebabnya?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like