Tanpa Moms sadari, aktivitas yang dilakukan sehari-hari dapat membuat pinggang menjadi sakit. Ada banyak cara untuk mengatasi sakit pinggang, salah satunya yaitu dengan melakukan yoga untuk sakit pinggang. Simak penjelasan soal penyebab sakit pinggang dan apa saja gerakan yoga untuk sakit pinggang yang bisa dilakukan berikut ini!

Penyebab Sakit Pinggang 

1. Posisi Tidur yang Salah 

Penyebab sakit pinggang yang pertama yaitu karena posisi tidur yang salah. Hal ini seringkali tidak disadari. Sebelum rasa sakit semakin parah, ada baiknya Moms melakukan yoga untuk sakit pinggang. 

2. Kasur yang Terlalu Keras

Selain salah posisi tidur, kasur yang terlalu keras juga bisa memicu terjadinya sakit pinggang, lho. Oleh karena itu, sangat penting bagi Moms untuk memilih kasur yang nyaman guna mencegah terjadinya sakit pinggang. 

3. Terlalu Gemuk 

Seseorang yang mengalami sakit pinggang bisa jadi terjadi karena ia terlalu gemuk. Berat badan yang berlebihan akan memberi tekanan lebih berat pada tubuh sehingga hal ini menyebabkan terjadinya sakit pinggang. 

4. Otot yang Tegang 

Penyebab sakit pinggang yang selanjutnya yaitu otot yang tegang. Kondisi otot tegang dapat terjadi karena beberapa kondisi, seperti tidak pemanasan sebelum melakukan olahraga, posisi duduk yang tidak tepat, atau membungkuk ketika sedang mengangkat benda yang berat. Maka dari itu, yoga untuk sakit pinggang sangat disarankan bagi Moms yang sakit pinggang karena otot tegang. 

Baca juga: Atasi Sakit Kepala dengan Gerakan Yoga untuk Sakit Kepala

Gerakan Yoga untuk Sakit Pinggang 

1. Cat and Cow Pose

Gerakan yoga untuk sakit pinggang yang pertama yaitu cat and cow pose. Gerakan cat and cow pose dapat meregangkan tulang belakang Moms sehingga akan terasa lebih nyaman setelahnya. 

Cara melakukan:

  1. Mulai dengan posisi merangkak 
  2. Lalu, lengkungkan tulang punggung, tulang ekor, dan kepala hingga mendekat satu sama lain
  3. Setelah itu, tarik napas sambil melengkungkan tulang punggung ke bawah sehingga tulang ekor dan dada pun menjauh
  4. Ulangi gerakan ini dengan perlahan dan bergantian 

2. Cobra Pose

Gerakan yoga untuk sakit pinggang yang kedua yaitu cobra pose. Gerakan cobra pose bertujuan untuk meregangkan tulang belakang dan meredakan sakit di pinggang.

Cara melakukan: 

  1. Mulai dengan posisi tubuh tengkurap 
  2. Letakkan kedua tangan di samping dada
  3. Lalu, tekuk siku dan dorong tubuh ke atas 
  4. Lakukan sebanyak 10 napas dan ulangi sesuai keinginan 

3. Half Lord of the Fishes 

Gerakan yoga untuk sakit pinggang yang satu ini mampu menyalurkan energi ke tulang belakang, memperbaiki postur tubuh, serta memperlancar sistem pencernaan. 

Cara melakukan: 

  1. Mulai dengan posisi duduk bersila 
  2. Tarik napas sambil memanjangkan tulang punggung. Lalu, taruh kaki kiri di atas kaki kanan dengan posisi menyilang hingga tumit kiri berada di samping lutut sebelah kanan 
  3. Putar tubuh ke arah kiri namun tetap pastikan tulang pinggul menghadap lurus ke depan
  4. Taruh tangan kanan pada lutut kiri seperti mendorong lutut, sedangkan letakkan tangan kiri di lantai untuk menjadi penyeimbang 
  5. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 napas

4. Two Knee Spinal Twist

Gerakan yoga untuk sakit pinggang yang terakhir adalah gerakan two knee spinal twist. Gerkaan yang satu ini bertujuan untuk menguatkan tulang belakang dan juga mendetoksifikasi organ dalam tubuh. 

Cara melakukan: 

  1. Mulai dengan posisi tubuh telentang
  2. Tarik napas, angkat lalu tekuk kedua kaki hingga 90 derajat kemudian miringkan ke sisi kanan. Pastikan lutut sejajar dengan panggul 
  3. Tetap posisikan bagian atas tubuh menghadap ke atas 
  4. Letakkan tangan kanan di atas lutut untuk menarik lebih dalam 
  5. Lalu, rentangkan tangan kiri ke sisi kiri dan arahkan pandangan ke sisi kiri 
  6. Bernapaslah perlahan pada posisi ini sembari merilekskan bagian leher dan juga bahu. Lakukan sebanyak 10 kali napas

Agar dapat mengurangi sakit pinggang dan memperoleh hasil maksimal, Moms disarankan untuk melakukan gerakan-gerakan yoga untuk sakit pinggang di atas secara rutin. Bisa juga dilakukan sebelum tidur agar tidur menjadi lebih nyenyak. Selamat mencoba!

Baca juga: Sakit Punggung? Lakukan Gerakan Yoga untuk Sakit Punggung Berikut Ini!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like