Selain berfungsi untuk mempercantik halaman, menanam tanaman hias di pekarangan dapat membuat nuansa rumah lebih fresh, cerah, dan indah. Terlebih apabila tanaman hias outdoor tersebut terdiri dari beraneka jenis, pasti semakin membuat taman indah dengan bunga aneka warna yang memesona. Apa saja jenisnya? Simak ulasannya berikut ini.

Rekomendasi Tanaman Hias Outdoor 

Bunga Geranium (Tapak Dara)

Jenis tanaman hias outdoor yang pertama yaitu bunga Geranium atau dikenal juga dengan nama Tapak Dara. Tidak hanya bunganya beraneka warna, bunga Geranium juga sering dimanfaatkan untuk bahan wewangian. Tanaman ini sangat cocok untuk Moms tanam di wilayah tropis karena dapat beradaptasi dengan baik dalam dengan cuaca panas. Tidak hanya itu, bunga Geranium juga dapat Moms jadikan tanaman hias pengusir nyamuk. Wah, tertarik menanamnya Moms?

Pohon Cemara

Jenis tanaman hias outdoor yang kedua ini juga sangat cocok ditanam di wilayah tropis, hal ini karena pohon cemara terhadap cuaca panas. Pohon cemara memang mempunyai sekitar 70 jenis yang terdiri dari tanaman berukuran besar hingga kecil.

Terdapat banyak sekali jenis pohon cemara yang dapat Moms pilih untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran taman Moms. Jenis pohon cemara antara lain cemara natal, cemara udang, cemara kipas, dan cemara Inoki.

Bunga Gaillardia

Jika dilihat dari bentuknya, sekilas bunga Gaillardia sangat menyerupai bunga matahari. Hal ini karena bunga Gaillardia memang masih termasuk dalam keluarga bunga matahari (Asteraceae atau Compositae). Bunga yang berasal dari Amerika ini disebut juga dengan nama blanket flower atau firewheel.

Bayam Hias (Amaranthus tricolor)

Meskipun namanya sejenis dengan nama sayuran, akan tetapi bayam ini merupakan jenis tanaman hias outdoor. Daunnya memiliki tampilan dan warna yang sangat mencolok yaitu kombinasi dari warna kuning, hijau, dan merah.

Bayam hias juga dikenal dapat tumbuh dengan optimal pada suhu tinggi seperti di ruang terbuka yang banyak sinar matahari.

Bambu Hias (Dracaena sanderiana)

Jenis tanaman hias outdoor yang satu ini telah banyak ditanam orang karena terkenal sebagai tanaman pembawa keberuntungan. Berbeda dengan jenis bambu biasa, bambu hias mempunyai ukuran batang lebih kecil dan lebih pendek. Oleh sebab itu tanaman ini hanya dapat tumbuh maksimal hingga tinggi 3 meter saja.

Perlu Moms ketahui bahwa banyak orang yang memanfaatkan bambu hias sebagai penahan angin dan tanaman untuk mengurangi polusi suara. Apakah Moms tertarik menanam tanaman yang satu ini?

Baca juga: Cara Merawat Anggrek Agar Selalu Cantik dan Indah

Abromeitiella chlorantha

Jika Moms baru pertama melihat, tanaman ini mungkin akan Moms kira sebagai lidah buaya. Sebab, tanaman hias outdoor berwarna hijau dengan bercak putih ini mempunyai duri di sekelilingnya. Banyak orang yang menanam tanaman hias ini karena fleksibel dan mudah dalam perawatannya.

Kaktus

Moms tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias yang satu ini. Tanaman yang terkenal sebagai tanaman gurun ini memang cocok ditanam di wilayah Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Tanaman berduri ini sebenarnya cocok juga untuk Moms jadikan sebagai tanaman hias karena memiliki jenis yang cukup banyak. Beberapa jenis kaktus yang terkenal di antaranya yaitu kaktus centong, kaktus panda, dan kaktus anggur.

Bunga Euphorbia

Beberapa waktu lalu tanaman ini pernah sangat populer di Indonesia dan mempunyai harga yang sangat fantastis. Bunga Euphorbia ini mempunyai sekitar dua ribuan spesies dengan aneka warna seperti merah, hijau, ungu, dan cokelat.

Tidak hanya sebagai tanaman hias, bunga Euphorbia ternyata juga dimanfaatkan sebagai kandang ternak dan bahan lilin.

Bunga Kertas (Bougenville)

Jenis tanaman hias outdoor yang satu ini sangat mudah ditemukan bahkan banyak tumbuh di pinggir jalan. Bunga kertas atau bougenville juga merupakan jenis tanaman hias yang bisa tahan terhadap panas matahari. Perawatan pohon bunga kertas pun cukup mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

Bunga Tabebuya

Belakangan, Kota Surabaya ramai dibicarakan karena banyak menanam tanaman ini di sekitar kota. Tanaman yang dianggap mirip bunga Sakura ini sebenarnya merupakan tanaman yang berasal dari Brazil. Warna bunga tabebuya memang sangat mencolok dan sangat terang, seperti merah, kuning, dan juga putih sehingga cocok untuk Moms jadikan sebagai tanaman hias.

Itulah beberapa rekomendasi tanaman hias outdoor yang bisa Moms jadikan pilihan. Tertarik untuk menanam jenis yang mana, Moms?

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Agar Selalu Segar

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like