Menjadi seorang Moms saja sudah memberikan tantangan tersendiri, apalagi jika harus dijalani seorang diri. Apakah ada cara untuk meringankan beban single Moms yang bisa kita lakukan?

Situasi yang dihadapi oleh single Moms

Menjadi single Moms pastinya bukan pilihan utama setiap orang, namun terkadang situasi membawa kita kepada keadaan yang tidak bisa kita hindari. Apapun alasannya, pilihan untuk tetap semangat dalam menjalani kehidupan dan merawat si kecil adalah jalan terbaik yang bisa ditempuh.

Seringkali seorang single Moms juga harus memainkan peran sebagai pencari nafkah untuk si kecil. Hal tersebut sedikit banyak pun bisa menambah beban dalam keseharian, baik karena tekanan di kantor ataupun terkena macet di jalan.

Cara untuk meringankan beban single Moms

Terdapat beberapa cara yang bisa dipakai untuk meringankan beban single Moms dalam menghadapi masalah yang mungkin terjadi, baiknya Moms mencatat hal-hal berikut ini agar tetap dapat semangat menjalani hari.

1. Dalam menghadapi stres 

Seringkali seorang single Moms dituntut untuk mengurus rumah tangga, sekaligus juga mengurus anak dan tetap harus bekerja. Untuk meringankan beban single Moms dalam menghadapi stres, sebaiknya tetap sisihkan waktu untuk diri sendiri.

Moms bisa membaca buku sesudah si kecil tidur, atau menonton film yang bisa mengalihkan pikiran sejenak dari semua masalah yang ada. Sebaiknya hindari menggunakan sosial media karena justru bisa membuat pikiran teralihkan kepada kehidupan orang lain.

2. Menjaga kesehatan fisik

Tuntutan mengurusi semua hal sendiri seringkali membuat single Moms lupa akan kesehatan fisik sendiri. Penting bagi Moms untuk senantiasa menjaga kesehatan fisik sendiri. Luangkan waktu untuk olahraga dan juga rutin memeriksakan diri ke dokter. Kalau Moms sakit, justru akan memperumit situasi karena akan mempersulit Moms dalam mengatasi problema yang ada.

3. Menjaga kesehatan mental

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga penting untuk diperhatikan oleh Moms. Pikiran yang keruh bisa membuat Moms malah kesulitan dalam memecahkan masalah-masalah yang mungkin timbul.

Tetap berikan waktu untuk bersenang-senang dan menikmati hidup. Menghabiskan waktu bersama teman-teman dan bersenda gurau bersama bisa membantu Moms untuk meringankan beban single Moms dan menjaga kesehatan mental.

4. Menghadapi si kecil

Meski sibuk dalam mengurusi segala keperluan sehari-hari, Moms tetap harus melungakan waktu untuk si kecil. Manfaatkan waktu luang di saat weekend untuk mengajak anak bermain keluar dan menjaga agar hubungan Moms dengan si kecil tetap dekat.

5. Menghadapi tekanan pekerjaan

Salah satu beban lain yang sering harus dihadapi oleh single Moms adalah menghadapi tekanan pekerjaan. Untuk meringankan beban single Moms, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga semangat positif dalam diri sendiri.

Setiap pekerjaan pasti mempunyai tantangan dan masalahnya sendiri yang mau tidak mau harus dihadapi. Lihatlah rekaman saat bercanda dengan si kecil jika stres tengah melanda di kantor, Moms bisa kembali mendapatkan semangat dengan mengingat bahwa semua yang dihadapi adalah demi kebaikan dia.

Jika sudah terlalu stres, berilah reward kepada diri sendiri dengan memanjakan diri di salon atau spa. Moms juga bisa membeli barang yang memang diinginkan saat menerima uang gaji, agar tetap semangat dalam menghadapi tekanan pekerjaan.

Tetap jaga semangat dan pikiran positif ya Moms!

Baca juga: Ini Tips Agar Tetap Bahagia Meski Menjadi Single Parent

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like