Kurangnya kelembaban kulit akan menyebabkan kulit kering gatal, pecah-pecah, bahkan hingga berdarah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti penggunaan sabun yang tidak cocok, tidak rutin memakai pelembab, terlalu lama berendam di dalam air panas, hingga bahan pakaian yang membuat kulit menjadi gatal. Untuk mengatasi kondisi kulit yang kering, Moms bisa melakukan beberapa cara berikut ini. 

Baca juga: Kulit Kering Bersisik, Apa Saja Penyebabnya?

Cara menangani kulit kering gatal 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi kulit yang kering dan gatal, diantaranya: 

  • Rutin menggunakan pelembab
    Apabila Moms memiliki kulit kering gatal, jangan lupa untuk rutin menggunakan pelembab setelah mandi, mencuci tangan, atau mencuci muka. Pelembab bertujuan untuk menjaga kelembaban kulit agar tidak mudah hilang. Dalam memilih pelembab, pilihlah yang ringan dan tidak mengandung zat iritatif di dalamnya, seperti pewarna atau parfum, guna menghindari terjadinya iritasi kulit. 
  • Meredakan rasa gatal dengan kompres es batu
    Apabila rasa gatal sudah sangat mengganggu, cara mengatasi kulit kering gatal yang selanjutnya yaitu dengan mengompres area yang gatal dengan es batu atau air es dan menutupi area tersebut dengan perban basah agar Moms tidak terus menggaruknya.
  • Teliti dalam memilih produk sabun mandi
    Sabun mandi yang mengandung pewangi, biasanya mengandung bahan-bahan yang akan menghilangkan kelembaban kulit sehingga menyebabkan kulit kering gatal. Maka dari itu, sebaiknya Moms teliti dalam memilih produk sabun mandi.
    Pilih produk sabun yang mengandung bahan dasar ringan, tanpa pewangi, atau yang memiliki label “hypoallergenic” atau untuk kulit sensitif. Selain itu, jangan terlalu sering mandi dan batasi waktu mandi hanya sekitar 10-15 menit saja. Hindari air yang terlalu panas dan terlalu sering mandi karena dapat mengurang kelembaban kulit. 
  • Menggunakan humidifier
    Kulit kering gatal juga bisa disebabkan karena seringnya beraktivitas di ruangan ber-AC. Untuk mengatasinya, Moms bisa menggunakan humidifier agar kulit tidak kering. Selain itu, humidifier juga bisa membantu Moms mengatasi alergi kulit, lho. 
  • Menghindari rokok
    Bukan hanya dapat mempengaruhi kesehatan organ dalam, merokok ternyata juga salah satu penyebab kulit kering gatal. Ini dikarenakan merokok akan menyebabkan aliran darah pada kulit menjadi kurang lancar. Paparan asap rokok juga bisa memperparah gejala eksim. Oleh karena itu, hindari merokok guna mencegah kulit menjadi kering.
  • Menjaga kebersihan
    Cara terakhir untuk mengatasi kulit kering gatal yaitu dengan menjaga kebersihan, Kondisi ini sering disebabkan oleh lingkungan sekitar yang kotor. Tidak hanya menjaga kebersihan tubuh, lingkungan sekitar juga perlu dijaga kebersihannya. 

Saat kulit terasa gatal, disarankan jangan menggaruknya karena akan membuat kulit menjadi luka dan terinfeksi. Apabila kondisi kulit yang gatal mengganggu aktivitas Moms, maka akan diperlukan obat anti gatal seperti salep anti gatal yang mengandung menthol serta calamine. Sedangkan untuk obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid, sebaiknya digunakan dengan pengawasan dokter. 

Apabila kondisi ini tidak membaik dalam kurun waktu dua minggu atau kulit terinfeksi hingga bengkak, kulit menjadi kemerahan, hingga bernanah, segera lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit agar mendapat penanganan tepat. 

Baca juga: Jangan Lakukan Hal Ini Ketika Kulit Moms Gatal-gatal!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like