Gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk memang mengganggu. Belum lagi bekas bentol yang dapat mengganggu penampilan. Lalu, bagaimana cara untuk menghilangkan bentol bekas gigitan nyamuk?

Cara hilangkan bentol bekas gigitan nyamuk

Bentol bekas gigitan nyamuk merupakan reaksi yang normal, namun, rasa gatal yang muncul akan mengganggu Moms hingga ingin terus-terusan menggaruknya. Padahal, dengan menggaruk kulit yang terkena gigitan nyamuk akan membuatnya semakin gatal dan bekas luka menjadi susah hilang. Terutama bagi Moms yang memiliki kulit sensitif.

Tapi, Moms tidak perlu khawatir. Dengan mengikuti cara-cara berikut ini, Moms dapat menghilangkan bentol akibat gigitan nyamuk dengan cepat.

1. Mencuci dengan air dan sabun

Saat bentol bekas gigitan nyamuk muncul cucilah area tersebut menggunakan air hangat dan juga sabun. Selain itu, Moms juga bisa mengompres dingin guna menghilangkan rasa gatal di kulit.

Moms bisa menggunakan obat penghilang rasa sakit, krim anti gatal, atau obat antihistamin yang dijual di pasaran agar dapat mengurangi rasa gatal. Semakin cepat Moms mengobati bentol, maka semakin kecil pula kemungkinan bekas untuk muncul serta lebih mudah untuk dihilangkan.  

2. Mengoleskan minyak atau krim vitamin E

Setelah Moms mencuci area bentol bekas gigitan nyamuk, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan mengoleskan kulit dengan minyak atau dengan krim vitamin E minimal dua kali dalam sehari. Vitamin E ini mampu mengurangi kemerahan serta mempercepat proses sembuhnya iritasi kulit.

Namun, jika Moms tidak mempunyai krim vitamin E, Moms juga dapat menggunakan madu. Sifat anti radang yang ada di dalam madu mampu membantu mengurangi peradangan, mencegah infeksi, serta menyembuhkan luka. Setelah dirasa agak lama, cucilah madu sampai bersih. 

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan rutin mengoleskan gel lidah buaya yang sudah terpercaya mampu menenangkan kulit yang gatal, mengurangi peradangan, dan juga mempercepat proses penyembuhan.

3. Memakai masker buah

Apabila tidak dirawat secara baik, bentol bekas gigitan nyamuk akan berubah menjadi gelap sama halnya dengan bekas jerawat. Moms dapat mencegah hal ini terjadi dengan memakai masker alami dari buah pepaya, tomat, atau lemon yang dihancurkan hingga halus.

Kandungan yang terdapat di dalam buah-buah ini dipercaya dapat mencerahkan kulit. Pilihlah salah satu buah lalu oleskan sebagai masker sebanyak dua kali dalam sehari selama 10 menit.

4. Memakai krim dari dokter

Apabila bentol bekas gigitan nyamuk menimbulkan luka, menimbulkan perubahan warna kulit yang cukup kontras, ataupun tidak berhasil hilang setelah menggunakan cara-cara di atas, maka memakai krim dokter merupakan cara terakhir. Dokter akan memberi resep krim retinoid atau kortikosteroid untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk di kulit Moms.

Baca juga: Ingin Mengusir Semut Di Rumah? Berikut Ini Tips yang Bisa Dilakukan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like