Bagaimana Teknik untuk Melakukan Renang Gaya Bebas?

Renang Gaya Bebas

Berenang memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti menyehatkan jantung, melatih otot, hingga menurunkan resiko diabetes. Selain itu, berenang juga mampu menurunkan berat badan serta menambah berat badan. Hal ini disebabkan karena hampir semua otot di tubuh terlibat ketika berenang. Ada banyak gaya renang yang bisa Moms lakukan, salah satunya yaitu renang gaya bebas. 

Untuk melakukan gaya renang yang satu ini, tentunya Moms harus mengetahui teknik-tekniknya terlebih dahulu.

Bagaimana teknik renang gaya bebas?

Posisi tubuh

Renang gaya bebas adalah gaya renang dengan posisi dada yang menghadap ke permukaan air. Ketika melakukan gaya renang ini, posisi tubuh Moms harus sejajar serta lurus mulai dari kaki sampai kepala. 

Jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Ini bertujuan agar tubuh Moms tidak mengalami kram ketika berhadapan dengan air. Selain itu, jika Moms dalam kondisi kurang tidur, sebaiknya urungkan niat untuk melakukan renang karena tingkat fokus akan berkurang. 

Teknik pernapasan

Teknik renang gaya bebas yang selanjutnya adalah pernapasan. Latihan pernapasan bisa dilakukan ke arah serong kiri atau kanan. Namun, perlu Moms ingat untuk jangan menggerakkan kepala dengan asal. 

Karena jika Moms memutar kepala dengan asal, ketegangan pun akan terjadi dan mengakibatkan kram. Maka dari itu, aturlah otot kepala dan juga leher agar tetap rileks. Selain itu, sebisa mungkin bawa kepala keluar masuk dengan santai ketika mengambil napas. 

Ketika melakukan ini, miringkan tubuh Moms pada satu arah maksimal 30 derajat. Dan jangan menahan napas terlalu lama. 

Baca juga: Susu Kental Manis yang Ternyata Bukan Susu, Ini Faktanya!

Teknik lengan

Setelah teknik pernapasan, Moms perlu berlatih teknik lengan. Saat melakukan renang gaya bebas, gerakkan kedua lengan Moms jauh ke depan seperti sedang mengayuh secara bergantian.  Gerakan juga kedua kaki naik turun secara bergantian. 

Jika Moms ingin melakukan teknik lengan dengan sempurna, Moms harus melatih gerakan tangan terlebih dulu. Caranya dengan diam di tempat pada posisi seperti ingin meluncur, kemudian gerakkan kedua lengan seperti sedang berenang. Moms bisa melakukan gerakan ini di pinggir kolam. 

Teknik kaki

Gerakan kaki ketika melakukan renang gaya bebas dianggap sebagai gerakan yang sederhana, yaitu hanya naik turun di sepanjang lintasan. Moms dapat berlatih gerakan ini berulang kali sama seperti ketika berlatih gerakan lengan. 

Yang membedakan hanya posisi tubuh Moms. Moms perlu menghadapkan tubuh ke arah dinding kolam renang sambil berpegangan ke dinding atau pegangan yang ada di pinggir kolam. Kemudian, luruskan kedua kaki ke belakang hingga posisi tubuh tertelungkup. 

Gerakkan kaki ke atas dan ke bawah seperti sedang melakukan renang gaya bebas. Pastikan kedua kaki berada di posisi yang rileks. Ulangi gerakan ini beberapa kali hingga lancar. 

Baca juga: Renang Gaya Dada, Apa Manfaat dan Teknik Melakukannya?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x