Apa menurut Moms tentang berdamai dengan diri sendiri? Apakah hal ini terdengar sulit atau sebaliknya? Hal ini merupakan pembelajaran yang perlu dilakukan dengan konsisten. Nah, agar bisa melakukan hal ini, Moms harus belajar untuk mendengarkan, merasakan, serta menghargai diri sendiri. 

Memang, melakukan ini membutuhkan waktu seumur hidup dan menghabiskan waktu yang cukup lama untuk tahu apa yang Moms butuhkan. Kebanyakan orang mungkin tidak akan pernah merasa cukup dengan apa yang dimiliki, meskipun ia sudah berusaha sekeras mungkin. Ada beberapa cara yang bisa membantu Moms untuk berdamai dengan diri sendiri. Berikut ini ulasannya. 

Cara yang bisa dilakukan untuk berdamai dengan diri sendiri 

1. Menerima diri sendiri 

Menerima dan merasa ikhlas atas hal-hal yang pernah Moms lakukan merupakan kunci dari kedamaian diri. Sekarang coba Moms pikirkan, sudah berapa sering Moms menerima serta memaafkan kesalahan yang dilakukan oleh orang terdekat? Dan sesulit apa Moms menerima dan memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang dilakukan?

Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Dengan menerima segala kekurangan, kelemahan, melepas keraguan, serta mencintai diri sendiri adalah kunci utama agar Moms bisa mulai berdamai dengan diri sendiri. 

2. Mendekatkan diri secara spiritual 

Beribadah atau meditasi dapat sangat membantu Moms untuk menenangkan jiwa dan pikiran. Semua orang membutuhkan waktu dengan dirinya sendiri agar bisa berintropeksi diri. Jika Moms mulai mendekatkan diri kepada Tuhan, Moms akan mendapatkan ketenangan serta rasa damai di dalam jiwa. Dengan menggantungkan hidup pada-Nya dan menerima takdir yang diberikan akan membuat Moms menjadi lapang dada dalam menjalani kehidupan. 

3. Mengeluarkan sisi kreatif

Seni merupakan bagian dari kehidupan. Dengan melakukan seni ternyata dapat menjadi healing bagi Moms yang sedang berusaha untuk berdamai dengan diri sendiri. Moms dapat menggambar, menulis, dan melakukan hal produktif lainnya. Saat melakukan hal-hal tersebut, Moms bisa lebih fokus dengan diri sendiri sehingga tahu apa yang ada di dalam diri sendiri. Saat itulah Moms mulai mengenal potensi yang dimiliki. 

4. Jangan terlalu bergantung pada orang lain 

Cara untuk berdamai dengan diri sendiri yaitu jangan terlalu bergantung pada orang lain, karena hal ini akan membuat Moms menjadi tidak tenang. Dengan bergantung pada orang lain, otomatis Moms akan memiliki ekspektasi tinggi pada orang tersebut. Dan saat ekspektasi tidak terpenuhi, Moms pun akan merasa kecewa. 

Jangan menahan seseorang untuk selalu ada di hidup Moms dan biarkan mereka yang memilih untuk tinggal dan pergi. Sebaiknya harga apa yang sedang Moms miliki dan nikmatilah hal tersebut. Jangan sampai orang yang ada di masa lalu mempengaruhi masa depan Moms. 

5. Tahu ketika kamu butuh istirahat 

Semua orang membutuhkan istirahat. Saat Moms merasa sudah terlalu lelah dan penat dengan apa yang dijalani, Moms berhak untuk beristirahat. Ini merupakan salah satu cara untuk berdamai dengan diri sendiri. Pergilah berlibur ke suatu tempat yang membuat Moms lebih dekat dengan alam sehingga diri akan merasa lebih tenang. Perlu Moms ingat bahwa mencintai diri sendiri merupakan kunci untuk membahagiakan diri sendiri!

Baca juga: Quarter Life Crisis, Apa Saja Tanda-tandanya?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like