Patah hati merupakan hal yang tidak menyenangkan. Akan tetapi, hal ini adalah sesuatu yang harus dihadapi oleh semua orang pada satu titik. Tidak ada cara lain untuk meninggalkan patah hati selain dengan melaluinya. Lalu, bagaimana cara agar cepat move on? Simak penjelasan berikut ini.

Beberapa psikolog menawarkan solusi yang dapat diterapkan untuk menyembuhkan diri dari patah hati. Akan tetapi perlu diingat bahwa, cara-cara move on ini tidak akan menguapkan seluruh kesedihan dalam waktu sekejap.

At the end, move on merupakan sebuah proses dan cara yang ditawarkan para psikolog ini adalah cara untuk melewatinya dengan sehat. Dengan begitu kita tidak akan terjerumus di dalam serangkaian perilaku yang menyakiti diri sendiri.

Cara Cepat Move On

Seimbangkan Kenangan Mantan

Setelah putus, tentunya kita masih teringat mantan. Akan tetapi, Guy Winch, psikolog yang menulis buku How to Fix a Broken Heart mengingatkan agar setiap kenangan yang muncul dalam benak tidak berat sebelah.

“Kamu perlu memastikan setiap pikiran tentang mantan tetap realistis dan tidak berat sebelah,” jelas Guy Winch seperti dilansir Independent.

“Jika pikiranmu memunculkan momen-momen bahagia kebersamaan kalian saat weekend, kamu perlu menambahkan momen-momen weekend yang membuatmu marah dan benar-benar sedih.”

Stop Stalking Media Sosialnya

Cara agar cepat move on berikutnya yaitu dengan tidak mengecek dan stalking media sosialnya. Hal ini hanya akan memperkuat kehadirannya di dalam benakmu. Pada akhirnya semakin sulit bagimu untuk berhenti berfantasi tentang dirinya dan hubungan kalian yang telah kandas.

Berhenti Bertanya Kenapa Hubungan Kalian Berakhir

Tidak perlu terus menerus mempertanyakan kenapa hubungan kalian berakhir. Hal ini hanya akan membuatnya terus-terusan menjadi tokoh utama di dalam hidupmu. Cukup terima kenyataan apa adanya.

Berkaca pada Pengalaman

Buat list apa saja yang seharusnya tidak pernah kamu lakukan, namun pernah kamu lakukan demi dirinya. Hal tersebut akan membantumu untuk melihat hubungan kalian dengan pandangan yang lebih jernih.

Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Cobalah untuk melakukan kegiatan yang umumnya bisa membuatmu gembira, meskipun hal itu tidak terlihat menyenangkan saat ini. Hal ini dapat menjadi cara agar cepat move on. Terus ‘bergerak’ seperti ini sangat penting untuk membuatmu terbiasa dengan fakta bahwa hidup terus berjalan, walaupun dia sudah tak ada lagi di sisimu.

Buang Barang-Barang Kenangan

Jauhkan barang-barang yang mempunyai nilai kenangan dari pandangan mata, seperti boneka, foto, atau baju pemberiannya. JIka memungkinkan, sumbangkan atau berikan kepada teman atau saudara yang tidak tinggal serumah. Cara cepat move on yang satu ini dijamin ampuh.

Manfaatkan Support Sahabat

Cara cepat move on selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan dukungan dari orang terdekat. Hubungi mereka dan manfaatkan penghiburan serta dukungan emosional yang mereka berikan.

“Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah membicarakan apa yang kamu rasakan mengenai perpisahan itu dengan teman dekat dan orang-orang tersayang,” jelas Dr. Michael Zentman, seorang psikolog kepada Insider. “Mendengar diri Anda sendiri mengatakan dengan jelas apa yang Anda rasakan dengan disaksikan orang lain bisa sangat membantu.”

Jangan Ikuti Hasrat Sesaat

Boleh saja mengganti gaya rambut, mencari pasangan baru, atau melakukan hal-hal yang belum pernah dibayangkan sebelumnya. Namun lakukanlah ketika kondisi mental sudah stabil. Tidak mengikuti hasrat merupakan cara cepat agar move on.

“Kenali semua perasaan Anda, terutama yang impulsif, gelap, dan marah. Tetapi cobalah untuk tidak mewujudkannya menjadi tindakan,” jelas Dr. Karen Weinstein.

“Bahkan melakukan perubahan dramatis terhadap penampilan seperti potong pendek atau mewarnai rambut atau tato tidak disarankan. Nanti akan ada waktunya untuk penampilan baru ketika Anda sudah merasa lebih stabil.”

Nah, itulah beberapa cara agar move on dengan cepat. Namun perlu diingat bahwa, cara-cara diatas tidak dapat dilakukan dalam sekejap. Semua memerlukan proses. Good luck!

Baca Juga: Cara untuk Ikhlas Bagi Moms yang Sulit Merelakan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like