Tidak hanya emas, perhiasan perak juga sering menjadi pilihan bagi para perempuan. Harga yang lebih murah membuat perak cenderung terjangkau dibandingkan dengan perhiasan dengan bahan emas. Akan tetapi, perhiasan perak lebih mudah pudar kilaunya, sehingga Moms harus rajin membersihkannya secara berkala. Nah, bagaimana cara membersihkan perhiasan perak agar selalu mengkilap? Simak penjelasan berikut ini.

Cara membersihkan perhiasan perak agar tetap awet dan selalu terlihat baru 

Agar perhiasan perak tetap berkilau, Moms perlu menggunakan perhiasan atau ornamen perak secara rutin. Jangan terlalu lama menyimpannya di lemari yang nantinya akan membuat perhiasan perak jadi tampak kusam. Moms juga bisa melapisi perak dengan minyak zaitun untuk mencegah warnanya cepat pudar. Untuk membersihkan perak, gunakan wadah ember plastik dan hindari wastafel logam yang memiliki risiko menggores permukaan perak. 

Gunakan pasta gigi

Tidak perlu keluar rumah dan repot membeli bahan-bahan, perhiasan perak dapat Moms bersihkan dengan cara yang mudah. Pertama, Moms dapat menggunakan pasta gigi untuk membersihkan perhiasan perak.

Keluarkan pasta gigi secukupnya pada ujung jari. Kemudian oleskan pada perhiasan perak sampai merata. Gosok secara perlahan sampai melapisi seluruh bagian perhiasan perak. Apabila telah selesai, bilas perhiasan perak sampai bersih dari pasta gigi.

Soda kue dan spons bersih

Selain untuk membuat kue, soda kue mempunyai kegunaan yang beragam. Bubuk putih satu ini dapat Moms gunakan untuk membersihkan perhiasan perak. Caranya sederhana, Moms hanya perlu menyiapkan soda kue, sedikit air dan spons bersih. 

Campurkan soda kue dan air pada piring kecil, kemudian gosokkan pada perhiasan perak dengan spons bersih. Bilas perhiasan Moms menggunakan air hangat, lalu keringkan dengan handuk yang lembut.

Rendam dengan deterjen pakaian

Tidak hanya untuk mencuci baju, Moms juga bisa menggunakan deterjen pakaian sebagai cara membersihkan perhiasan perak. Pertama larutkan deterjen pakaian dengan air hangat secukupnya. Kemudian rendam perhiasan yang ingin Moms bersihkan selama sekitar 30 menit. Bilas perhiasan dengan air bersih sampai tidak licin. Selanjutnya gunakan kain dengan tekstur yang lembut untuk mengeringkannya.

Larutan garam dan perasan lemon

Moms dapat memanfaatkan larutan garam dan perasan lemon. Mirip dengan cara membersihkan dengan deterjen, Moms tidak perlu menggosok perhiasan agar kembali berkilau.

Moms hanya perlu merendamnya selama 15 sampai 30 menit agar perhiasan perak kembali cemerlang. Cara membersihkan seperti ini cocok Moms terapkan untuk perhiasan dengan detail yang cukup kecil dan rumit.

Sabun cair untuk mencuci piring

Apabila malas mencampur garam dan perasan lemon, Moms dapat memanfaatkan sabun cair untuk mencuci piring. Siapkan air mendidih di dalam mangkuk. Selanjutnya masukan sabun cair untuk mencuci piring secukupnya dan larutkan.

Masukkan perhiasan perak ke dalam larutan tersebut dan diamkan 10 sampai 15 menit. Sikat perhiasan perak yang telah Moms rendam hingga terlihat mengkilap. Keringkan dengan lap apabila telah selesai.

Semir perak 

Salah satu cara ampuh membersihkan perhiasan perak yaitu dengan menggunakan semir khusus perak. Moms dapat membeli semir untuk membersihkan ornamen dan perhiasan perak di pasaran. Cara membersihkannya cukup sederhana, Moms tinggal semprot semir perak kemudian bersihkan dengan kain lap bersih. Selanjutnya bersihkan perak dengan air dingin. 

Dengan menggunakan semir perak, segala noda membandel serta kotoran yang menempel pada perak lambat laun akan menghilang. Namun yang perlu diingat, jangan terlalu sering menyemprotkan semir perak ini karena adanya kekhawatiran warna asli perak yang akan cepat memudar. 

Alumunium foil

Agar perhiasan perak yang kusam tampak baru, Moms dapat memanfaatkan alumunium foil untuk membersihkan ornamen perak. Caranya letakkan alumunium foil ke dalam wadah terbuka. Letakkan perhiasan perak di dalamnya. 

Lalu, berikan sejumput baking soda di atasnya lalu tuangkan air hangat ke dalam wadah. Lakukan hal ini selama beberapa kali agar perhiasan perak kembali bersinar dan jauh dari kesan kotor.

Nah, tidak sulit kan menerapkan cara membersihkan perhiasan perak Moms? Selamat mencoba ya!

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kuku Kaki Hitam!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like