Hidup sehat tentu menjadi impian semua orang. Hidup sehat dapat dimulai dari pola hidup yang dijalani sehari-hari, seperti makan dan olahraga. Tidak cukup sampai disitu, desain rumah yang sehat dengan elemen-elemen yang diperhatikan dengan baik akan semakin meningkatkan pola hidup yang sudah Moms terapkan sebelumnya. Lalu, bagaimana cara membuat rumah sehat? Simak penjelasannya berikut ini.

Syarat Rumah Sehat

Rumah yang baik, tidak harus besar dan mewah, namun harus memenuhi syarat kesehatan, sehingga para penghuninya dapat beraktivitas dengan nyaman. Sebelum beranjak ke cara membuat rumah sehat, berikut syarat yang perlu diperhatikan.

  • Ventilasi Udara
  • Pencahayaan
  • Lantai
  • Atap dan langit-langit
  • Pembuangan limbah
  • Air bersih
  • Polusi dan kontaminasi

Keuntungan Memiliki Rumah Sehat

Berikut beberapa keuntungan yang bisa Moms rasakan jika memiliki rumah sehat.

  1. Menghalangi penyebaran penyakit
  2. Mencegah tikus dan serangga
  3. Mengurangi risiko alergi
  4. Mengurangi stress

Cara Membuat Rumah Sehat

Material Rumah yang Ramah Lingkungan

Material yang ramah lingkungan salah satunya adalah dinding batu bata. Dinding batu bata setebal 10 cm bisa menahan panas selama 2 jam lebih, sehingga akan mengurangi penggunaan AC di rumah. Moms tentu tahu penggunaan AC yang berlebihan akan membuat kulit kering. Pemilihan material batu bata sering dijumpai pada rumah minimalis atau rumah tropis modern. Beberapa material lain yang sering digunakan di rumah minimalis yaitu beton ekspos, besi, dan kayu.

Sirkulasi Udara yang Baik

Mom perlu memperhatikan sirkulasi udara yang baik dalam cara membuat rumah sehat. Untuk unsur dekorasi pada rumah minimalis, arsitek sering menggunakan roster atau lubang angin, wire mesh, dan laser cut. Roster merupakan lubang angin yang terbuat dari semen dan pasir yang dicetak. Modelnya sangat bervariasi. 

Roster juga dapat menjadi solusi rumah hemat energi karena dapat menyalurkan udara segar ke dalam rumah, tidak hanya itu roster juga berestetika tinggi. Wire mesh merupakan besi berupa kawat yang dianyam menjadi lembaran atau gulungan. Laser cut merupakan teknik pemotongan pada material besi, kaca, kayu, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan komputerisasi, motif pemotongan dapat diatur sesuai selera.

Air Purifier agar Udara Bersih

Kesegaran dan kebersihan udara adalah hal penting dalam cara membuat rumah sehat. Tinggal di kota besar seperti Jakarta pasti tidak asing lagi dengan masalah polusi udara. Akan tetapi, polusi udara ternyata tidak sebatas masalah asap kendaraan maupun asap yang ditimbulkan oleh aktivitas industri. Udara yang tercemar bisa timbul walau tinggal di daerah yang dinilai sejuk dan bebas polusi. Debu rumah, tungau, dan sirkulasi yang buruk dalam ruangan dapat menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit, terutama infeksi saluran pernafasan atas atau ISPA. 

Kualitas udara yang bersih merupakan salah satu kunci terciptanya rumah sehat dan hidup berkualitas. 

Istirahat Cukup dengan Desain Kamar Tidur yang Comfy

Kamar tidur merupakan tempat pertama dan terakhir yang kita gunakan sehari-hari untuk beristirahat dan bersiap-siap mengawali kegiatan. Warna dipercayai dapat memancarkan energi yang bisa mempengaruhi mood dan aktivitas manusia. Biasanya, cat kamar tidur berwarna putih dan biru karena kedua warna ini mampu menampilkan suasana yang menenangkan sehingga tidur dapat terasa nyenyak.

Tidak hanya itu, lampu tidur penting untuk mata dan saraf anak agar dapat beristirahat dengan baik selama Moms tidur. 

Cat Dinding Tanpa Bahan Kimia 

Dinding merupakan elemen desain yang paling dekat dengan penghuni, karena mengelilingi semua ruangan. Memilih pelapis cat yang aman dan menjaga kebersihan dinding, terutama yang memiliki anak-anak merupakan hal yang penting. Untuk membuat rumah yang sehat, Moms bisa pilih cat dinding yang tidak mengandung bahan kimia sebagai salah satu cara nya. Hal ini karena bahaya apabila terhirup oleh anak-anak. Mereka biasanya menghabiskan waktu 10-15 jam sehari di rumah. Cat yang aman yaitu water based dan mudah dibersihkan.

Pencahayaan

Unsur pencahayaan seperti lampu atau sinar matahari yang baik merupakan salah satu cara dalam membuat rumah sehat. Cahaya matahari yang menyehatkan bisa membantu membunuh kuman-kuman dan bakteri dalam kamar. Fungsi jendela besar yang membentang tinggi bisa memberikan kualitas cahaya dan udara yang terbaik apabila berada di sisi timur – selatan. Matahari pagi yang baik dapat membawa suasana hangat ke dalam ruangan. Sedangkan cahaya matahari di tengah hari menjadi penerangan alami sementara sejuknya angin yang bertiup terasa di sore hari. 

Pasalnya pencahayaan lampu yang pas di dalam rumah juga sangat penting untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu, lampu memerlukan daya listrik. Lampu LED dan smart lighting merupakan solusi menghemat listrik yang bijak dan baik. 

Mengolah Makanan Sehat dengan Dapur yang Cantik

Hidup sehat dapat dimulai sejak pagi hari dengan sarapan yang bergizi. Selain diperuntukan bagi masyarakat yang sedang diet, makanan sehat dapat dinikmati oleh siapapun dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh. Dapur merupakan salah satu area yang utama. 

Area Olahraga di Rumah

Terdapat dua tipe area olahraga atau gym di rumah, yaitu ruangan khusus dengan peralatan berat dan sudut ruangan yang bisa multifungsi. Ini semua tergantung luasan area yang Moms punya. 

Bagi Moms yang tinggal di apartemen, biasanya properti menyediakan area gym, akan tetapi sebagian orang terkadang malas ganti baju dan turun ke area gym. Solusinya adalah Moms dapat menjadikan ruang tamu sebagai tempat yoga atau olahraga ringan. Tipe gym mini ini juga dapat diaplikasikan bagi yang memiliki rumah minimalis dan mungil. Taman juga dapat Moms jadikan tempat olahraga, karena oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan sangat baik untuk kesehatan.

Tanaman Hias 

Mempercantik dan membuat interior rumah sehat kini banyak dilakukan dengan cara memasukkan tanaman ke dalam ruangan. Pasalnya metode menyegarkan suasana ruangan seperti ini bukan hal yang baru. Namun, tidak semua tanaman yang cantik cocok ditempatkan di dalam ruangan.

Tanaman yang relatif toleran ditempatkan di dalam ruangan mempunyai beberapa kriteria fisik; diantaranya, struktur batang yang lunak, jumlah daun yang cukup banyak, dan ukuran yang relatif pendek, misalnya lidah mertua, sirih gading, aglaonema, monstera dan sebagainya.

Itulah beberapa cara membuat rumah sehat untuk keluarga yang bisa Moms terapkan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Outdoor Untuk Mempercantik Rumah


Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like