Memilih buah naga yang manis dan segar tentunya perlu diketahui setiap orang. Terlebih, buah naga banyak digemari tidak hanya karena rasanya yang menyegarkan, akan tetapi juga karena memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Lalu, bagaimana cara memilih buah naga dengan benar? Simak penjelasan berikut.

Tak heran buah tropis yang memiliki kandungan banyak air ini, kini banyak dibudidayakan di Indonesia dan mudah didapat. Namun masih banyak orang yang salah dalam memilih buah naga, sehingga mendapatkan buah yang belum matang. Sama dengan beberapa buah lainnya, diperlukan beberapa cara untuk mengenal buah naga yang rasanya enak, manis dan segar.

Cara Memilih Buah Naga yang Manis dan Enak

Pilih Warna Merah Magenta dan Kulit Mengkilap

Cara memilih buah naga yang manis dan segar pertama yaitu dengan memperhatikan kulitnya. Moms harus mencari yang berwarna merah magenta dan kulitnya mengkilap. Moms dapat mencari buah naga berwarna merah magenta yang warnanya lebih terang atau menyala. Hal ini menunjukkan bahwa buah naga sudah matang.

Lalu, pilih yang kulitnya mulus mengkilap. Moms dapat menghindari buah naga yang kulitnya sudah berlubang atau telah tersayat pisau.

Pilih Sisik yang Agak Layu

Cara memilih buah naga yang manis dan segar selanjutnya dapat Moms lihat dari sisiknya atau daunnya. Salah satu keunikan buah naga yaitu daun yang berbentuk sisik yang menutupi hampir seluruh permukaan. Moms dapat memperhatikan tekstur dan bentuk sisik ini sebagai tanda buah naga manis dan segar.

Pilihlah buah naga yang mempunyai sisik sedikit layu dan tidak keras, akan tetapi masih berwarna cerah. Hindari buah naga dengan ujung sisik yang kecokelatan. Hal tersebut menunjukkan bahwa buah tidak tumbuh dengan baik atau terlalu lama disimpan.

Pilih Tekstur yang Empuk

Cara memilih buah naga berikutnya adalah dengan memeriksa teksturnya. Moms dapat menekan buah naga untuk melihat kekenyalan daging buahnya. Semakin matang buah naga, maka akan semakin kenyal dan empuk pula daging buahnya.

Moms dapat menahannya terlebih dahulu untuk melihat tingkat kematangan buah. Apabila masih terasa keras, berarti buah naga masih belum matang dan rasanya masih asam.

Pilih yang Aromanya Segar

Salah satu cara memilih buah naga yang manis dan segar yang cukup sering dilakukan pada buah lainnya adalah mencium aromanya. Moms dapat memilih buah naga yang mengeluarkan aroma segar, khas buah tropis.

Aroma ini menunjukan bahwa buah tersebut sudah matang dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Dengan begitu, Moms juga dapat mengonsumsi buah naga yang manis tersebut dengan lahap.

Perhatikan Kepadatan Batang Buah

Cara memilih buah naga yang manis dan segar berikutnya yaitu dengan memperhatikan kepadatan batang buahnya. Dengan memeriksa kepadatan batang buah naga, Moms dapat melihat tingkat kematangan buah tersebut.

Umumnya, buah naga yang telah matang mempunyai batang buah yang lunak. Kepadatan batang tersebut menunjukkan bahwa buah naga telah siap dipanen. Hal ini tentunya dapat Moms perhatikan jika Moms langsung ke kebunnya, sehingga bisa memilih dari batang buah naga secara langsung.

Nah, itulah beberapa cara memilih buah naga yang manis dan segar agar Moms dapat menikmati berbagai manfaatnya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Baca Juga: Cara Merawat Kaktus di Dalam Ruangan dengan Mudah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like